Home > Wisata Jawa Tengah > 10 Wisata Alam Dieng Yang Kekinian Instagramable Abis

10 Wisata Alam Dieng Yang Kekinian Instagramable Abis

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA
Klik Donasi

Support US 🙂

Bantu berikan dukungan untuk perawatan website cintapekalongan.com dengan klik iklan yang muncul agar tetap dapat memberikan informasi yang bermanfaat & memperkenalkan Pekalongan Raya kepada dunia. Terima kasih

Cintapekalongan.com – Berbagai Tempat Wisata Alam Dieng yang bisa anda jumpai sungguh menarik untuk dikunjungi. Menyuguhkan keindahan alam Dieng dengan obyek-obyek Wisata yang menarik dapat jumpai di Negeri Para Dewa ini. Wisata alamnya masih sangat asri cocok untuk anda yang merindukan akan suasana pegunungan yang menyejukkan hati sebagai alternatif obat penghilang stress ketika jenuh dengan rutinitas pekerjaan.

Beberapa peninggalan sejarah dan budaya menjadi pelengkap yang menjadikan Dieng sebagai objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Banyak agenda kebudayaan yang digelar setiap tahunnya seperti Pemotongan Rambut Gimbal dan lain sebagainya setiap awal bulan agustus.

Suhu udara Dieng yang relatif Dingin ( antara 8 derajat celcius sampai 15 Derajat celcius, dan bisa mencapai 0 derajat pada malam hari di musim tertentu ). Meski begitu dingin, ternyata hal ini tidak menghalangi antusias Wisatawan yang datang dan menjadikan sensasi pengalaman tersendiri ketika berwisata ke Dieng.

Selain terkenal dengan pemandangannya yang indah, Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng terkenal dengan hasil pertaniannya yang melimpah. Dataran tinggi Dieng terkenal dengan penghasil sayuran kentang di jawa Tengah. Selain kentang, Dieng juga terkenal sebagai penghasil Purwaceng dan Carica yang sudah terkenal di mana saja.

Baca : Tempat Wisata Keluarga Agrowisata Kebun Teh Pagilaran Batang

Purwaceng sendiri merupakan tumbuhan semak yang dapat dijadikan sebagai ramuan obat herbal yang mempunyai khasiat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Sedangkan untuk Carica adalah tanaman endemis asli Dieng yang buahnya menyerupai pepaya kecil, namun memiliki tekstur kenyal, dan sering dijadikan sebagai manisan dan bahan campuran minuman seperti sirup, keduanya merupakan oleh-oleh khas Dieng.

Untuk pariwisata banyak sekali obyek dan tempat wisat Dieng yang bisa anda kunjungi. Akses yang mudah serta suasanya yang begitu nyaman sangat membuat betah. Langsung saja kita sampaikan tentang Tempat Wisata Kekinian Dieng yang populer.

Berikut ini Daftar 10 Tempat Wisata Alam Dieng yang Keren Untuk dikunjungi :

1. Kawah Sikidang Dieng

Wisata Kawah Sikidang Dieng by _rahmael

Kawasan Wisata Dieng merupakan bekas gunung api purba yang didalamny masih terdapat aktivitas vulkanik. Salah satu tanda dari aktivitas vulkanik tersebut adalah terdapatnya kawah-kawah yang terdapat di kawasan Dieng dan pabrik geotermal dengan pipa disepanjang jalanan. Dan salah satu kawah tersebut dan yang terkenal adalah Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang memiliki luas kurang lebih sekitar 200 m2, pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan asap yang keluar dari kawah ini. Namun pengunjung mesti hati-hati, karena pada Kawah Sikidang ini mengandung kadar belerang yang cukup tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan para pengunjung, pengelola setempat membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah, meskipun hanya menggunakan kayu seadanya.

2. Bukit Sikunir Dieng

Golden Sunrie Wisata Bukit Sikunir Dieng by ezzabayu

Tempat Wisata Sikunir Dieng ini terletak di Desa Sembungan. Sikunir merupakan sebuah bukit dengan panorama indah berupa sunrise yang memukau. Sunrise Bukit Sikunir inilah yang menjadi salah satu andalan Wisata Dieng. Akses yang mudah, parkir luas, jalur pendakian yang sudah tersusun rapi berupa anak tangga yang rapih membuat banyak wisatawan yang berbondong merasakan dan melihat sensari matahari terbit dari sini.

Waktu terbaik menikmati sunrise adalah pada musim kemarau anatra Bulan Juli-agustus sehingga langit dieng tampak lebih cerah dan tidak ada hujan hanya kabut tipis saja. Untuk mendapatkan sunrise di Bukit Sikunir, wisatawan diharuskan datang sebelum waktu fajar atau sekitar jam 4-5 mulai pendakian keatas.

3. Candi Arjuna Dieng

Wisata Candi Arjuna Dieng by Angga

Seperti dijelaskan pada pembukaan tulisan ini, Dieng yang selain dikenal dengan keindahan wisata alamnya, juga terdapat wisata sejarah dan budaya yakni berupa sebauh candi. Candi tersebut adalah Candi Arjuna. Sebenarnya tidak hanya terdapat Candi arjuna saja, namun juga ada candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, namun lebih dikenal dengan Kawasan Candi Arjuna.

Berdasarkan prasasti yang ditemukan di kompleks Candi arjuna ini, Kemungkinan besar Candi Arjuna dibangun pada awal abad 9 Masehi. Tempat wisata Dieng Candi Arjuna ini sangat eksotis dan keren, jadi belum lengkap rasanya jika berwisata ke Dieng kalau belum menyambangi Candi Arjuna.

Baca : Pesona Petungkriyono, Surga Alam Kabupaten Pekalongan

4. Telaga Pengilon Dieng

Wisata Telaga Pengilon Dieng by arko_eldawam

Telaga Pengilon merupakan telaga yang letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna yang terkenal itu. Yang unik adalah meskipun terletak yang cukup berdekatan Telaga Pangilon Dieng ini memiliki karakteristik berbeda dengan Telaga Warna.

Jika Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan bening, sedangkan Telaga Warna tidak memiliki warna air yang bening. Nah, bagi pemburu foto kekinian jangan sampai lewatkan pemandangan indah di sekitar Telaga Pengilon ini.

5. Telaga Warna Dieng

Wisata Telaga Warna Dieng by indrasusilawati07

Telaga Warna Dieng terletak pada ketinggian 2000 mdpl, dimana pemandangan indah di tempat ini adalah warna airnya yang cantik. Keunikan dari Telaga Warna Dieng adalah terletak pada warna air yang sering berubah-ubah, terkadang merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Fenomena alam yang unik seperti ini bsia ditemui di Telaga Warna Dieng, warna tersebut bisa muncul dikarenakan air yang mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini jika terpapar cahaya matahari akan menimbulkan warna yang berbeda.

6. Telaga Merdada Dieng

Wisata Telaga Merdada Dieng by aryadidarwanto

Keindahan Alam Kawasan Dieng memang tak tertandingi dimanapun. Hal ini dibuktikan dengan adanya banyak tempat wisata alam keren di Dieng yang siap memberikan energi positif oleh pengunjung dari berbagai daerah bahkan mancanegara. Terdapat banyak Telaga yang eksotis, salah satunya adalah berupa Telaga Merdada. Telaga ini merupakan telaga terluas yang ada di Kawasan Dieng.

Destinasi wisata Telaga Merdada Dieng ini berupa Telaga yang jika dilihat dari bentuknya menyerupai kaldera bekas letusan Gunung Berapi purba yang besar, yang kemudian digenangi air. Kontur ini bisa terlihat jelas apabila dilihat dari ketinggian menggunakan drone. Selain itu banyak wahana menarik yang terdapat di Telaga Merdada seperti anjungan dan wahana bermain kayak berdua ataupun sendiri.

7. Batu Ratapan Angin Dieng

Wisata Batu Ratapan Dieng by mirfansrgr

Wisata Batu Ratapan Angin Dieng merupakan sebuah tebing di ketinggian yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna kawasan Dieng Plateau. Tempat ini menjadi salah satu favorite pengunjung wisata Dieng karena dari tempat ini anda dapat melihat Telaga warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Bisa terbayang kan melihat dua buah telaga dari ketinggian, pasti bagus sekali keindahan alam disini.

Namun karena letaknya agak tinggi, butuh tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini. Namun setelah sampai di atas, akan terbayar dengan keindahan yang tersaji di Batu Ratapan angin ini. Batu Ratapan angin ini juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

Baca : 10 Daftar Tempat Makan Kuliner Malam di Pekalongan

8. Telaga Cebong Dieng

Wisata Telaga Cebong Dieng by mavicgrapher

Telaga ini terletak di Desa Sembungan, yang merupakan desa tertinggi di jawa Tengah. Jadi biasanya para wisatawan setelah menikmati sunrise di puncak Sikunir, pulangnya mampir ke Telaga Cebong ini, karena letaknya tidak jauh dari Sikunir. Disini anda dapat menikmati keindahan alam berupa telaga alam yang disekitarnya terdapat lahan-lahan pertanian miliki penduduk sehingga menambah keindahan Telaga Cebong ini. Dengan letaknya yang diatas 2300 m dpl, maka banyak yang mengatakan bahwa Telaga Cebong ini merupakan telaga diatas awan.

9. Bukit Skoter Dieng

Wisata Bukit Skoter Dieng by imawan_

Obyek Wisata Bukit Skoter ( Scooter ) Dieng terletak disebelah utara dari Kompleks Candi Arjuna, Bukit ini berada di ketinggian kurang lebih 2200 mdpl, Bukit Skoter beralamatkan di Desa Wisata Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.

Tidak hanya di bukit Sikunir, Gunung Prau, atau Gardu Pandang Tieng, di Bukit Skoter juga wisatawan dapat melihat sensari Golden Sunrise yang tak kalah cantik dari spot – spot sunrise yang ada di Dieng tersebut. Selain itu yang tak kalah menarik ialah di Bukit Skoter juga menawarkan keindahan landskape Dataran Tinggi Dieng dengan view Gunung Sindoro, Gunung Pangonan, Gunung Pakuwaja, Gunung Prau, Gunung Sipandu, Gunung Bisma, view laut utara di Kabupaten Pekalongan, Sunset dengan baground Gunung Slamet, dan Panorama Negeri diatas Awan dengan baground percandian Hindu Dieng, yaitu Kompleks Candi Arjuna, Kompleks Candi Gatotkaca, dan Candi Bima.

10. Gunung Prau Dieng

Wisata Gunung Prau Dieng by adi_brata93

Di kawasan Dieng juga terdapat puncak pendakian yang cukup terkenal yakni Gunung Prau. Wisata Pendakian Gunung Prau Dieng ini merupakan wisata yang diperuntukan bagi yang hobi mendaki gunung atau yang sedang belajar mendaki karena jalur dan medan yang cukup mudah untuk latihan pemula. Namun tetap saja diperlukan persiapan-persiapan yang tidak asal-asal terutama kesiapan fisik dan mental karena suhu diatas puncak yang sangat dingin.

Pendakian Gunung Prau ini memiliki keistimewaan tersendiri yakni memiliki pemandangan yang tak kalah indah dan menarik yakni pemandangan Gunung Sindoro – Sumbing, kemudian merbabu, Merapi dan jika beruntung bisa melihat gunung slamet juga.

Ketinggian dari puncak Gunung Prau adalah 2.565 mdpl, tergolong pendek dibanding dengan gunung lainnya maka dari itu cocok untuk pemula. Dan salah satu spot menarik dan populer di Gunung Prau adalah bukit teletubbiesnya, dimana di bukit ini adalah hamparan padang rumput yang hijau menyerupai setting latar serial anak anak teletubbies di televisi.

Sampai disini dahulu informasi tentang Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer. Selain dari wisata alamnya yang terkenal, wisata sejarah dan budayanya yang juga menarik perhatian. Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng merupakan Wisata Unggulan Jawa Tengah yang sudah Go Internasional, terbukti dengan setiap kali diadakan upacara pemotongan rambut gimbal selalu didatangi turis mancanegara.

Baca juga : 30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren 

 

Salam Pesona Indonesia

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA
Klik Donasi

Support US 🙂

Bantu berikan dukungan untuk perawatan website cintapekalongan.com dengan klik iklan yang muncul agar tetap dapat memberikan informasi yang bermanfaat & memperkenalkan Pekalongan Raya kepada dunia. Terima kasih

About Duwi Asri

asriduwi@gmail.com'