Home > Sisi lain > 3 Cagar Budaya Pekalongan Diambang Kehancuran

3 Cagar Budaya Pekalongan Diambang Kehancuran

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

PEKALONGAN – Tahukah sobat cintapekalongan bahwa kota ini memiliki banyak sekali bangunan cagar budaya yang harus kita jaga dan lindungi bersama ? Bangunan -bangunan tersebut memiliki nilai sejarah tinggi dan menjadi saksi atas masa kolonialisme bangsa yang datang dari sebrang benua sana untuk menghimpun emas disini di bumi Pekalongan.

Sebagai salah satu pemuda aseli Kota Pekalongan yang mengagumi dan takjub jika melihat bangunan-bangunan bersejarah tersebut masih berdiri. Selalu dalam benak saya, saya berimajinasi tentang kejayaan dan kedasyatan kota kecil ini yang dahulu menjadi salah satu pusat pemerintahan penjajahan, penyebaran agama dan budaya leluhur kita. Selain memberikan sensasi tersendiri, saya juga berkhayal agar bangunan-banguna tersebut bisa tetap eksis hingga generasi mendatang.

Perbaikan Jembatan Loji
Jembatan Loji yang dibongkar

Jangan sampai Bangunan Bersejarah Pekalongan kian lama hancur atas nama pembangunan kota. Biar bagaimana pun sejarah sendiri tidak boleh dihilangkan apalagi dihancurkan. Setidaknya ada 3 Bangunan Bersejarah Pekalongan yang kini terancam hancur dan butuh untuk kita jaga dari segi historis maupun arsitekturalnya.

Yang Pertama adalah yang sudah terjadi yakni Gedung Pegadaian yang berada di utara alun-alun Kota Pekalongan kini sudah hilang dan menjadi perhotelan modern. Asal sobat cintapekalongan tahu, Gedung Pegadaian tersebut dahulu digunakan Tangsi Komando Belanda.

Yang Kedua adalah Kantor Residen Pekalongan ( yang belum tahu, silahkan baca Sejarah Gedung Kantor Residen Pekalongan ) yang kini menjadi Cafe anak gaul. Yang sudah adalah itu gedung hak kelolanya milik Pemprov Jateng. Okelah jika ditempati Gedung tersebut sementara akan terawat, Nah bagaimana jika kontrak pakai gedung itu sudah habis ? adakah jaminan Gedung Residen itu tetap kembali kesemula ? atau justru sudah diubah-ubah dan tidak bisa dikembalikan ke betuk sediakala ?

Yang Ketiga adalah Brug Loji yang kini sedang rombak atas nama perbaikan ( Silahkan Baca Sejarah Brug Loji ). Perbaikan atau perawatan itu sah-sah saja dan wajib, namun musti menilik akan nilai sejarah dan tanpa merubah bentuk awal. Semoga saja yang dikhawatirkan tidak terjadi pada Brug Loji brug yang sangat bersejarah di Kota Pekalongan.

Ini menjadi tamparan keras bagi kita generasi muda, agar lebih giat dalam mengkampanyekan bangunan bersejarah yang lain agar cagar budaya yang dilindungi oleh hukum negara.

Untuk Pemerintah, Saya dan teman-teman cintapekalongan sangat berterima kasih sudah mengeluarkan Perda tentang Cagar Budaya walaupun berjalan alot. Mohon segeralah bentuk Tim Ahli Cagar Budaya agar dapat menilai dan memberikan rekomendasi Bangunan mana saja yang layak menjadi Cagar Budaya dan dilindungi hukum negara.

Bagi seluruh teman-teman sobat cintapekalongan,Ayo satukan tekad dan silahkan share tulisan ini agar banyak dipahami juga di dengar oleh Pemerintah khususnya Pemkot Pekalongan dan jajarannya.

Jika ada sobat yang ingin menambahi silahkan, kita diskusikan di kolom Komentar. Salam Cinta Pekalongan

 

Sumber :

  • Informasi Sejarah : Dirhamsyah

Penulis :

  • Angga
▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Sejarah Asal-usul Nama Kelurahan Panjang Kota Pekalongan

Sejarah Asal-usul Kelurahan Panjang Kota Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Sejarah Pendapa Pekalongan

Cagar Budaya : Sejarah Gedung Pendopo Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...