Home > Pekalongan > 30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

Cintapekalongan.com30 Tempat Wisata di Pekalongan yang keren dan kekinian bisa anda kunjungi diwaktu liburan bersama keluarga atau teman anda. Mulai dari Wisata Pantai, Wisata Batik, Wisata Sejarah hingga Wisata Alam Pekalongan yang eksostis menarik hati anda yang sayang jika dilewatkan.

Pekalongan merupakan wilayah administratif yang sangat strategis di pesisir utara pulau jawa terkenal dengan Batiknya yang sudah mendunia. Terletak di Jalur tersibuk di dunia yakni jalur pantura membuat Pekalongan mudah untuk dijangkau untuk menjelajah Wisata di Kota maupun Kabupaten Pekalongan.

Berbicara soal Pekalongan maka kita tak cukup membahas soal pembagian letak Kota atau Kabupatennya, melainkan itu hanya pembagian wilayah administratif saja, yang harus dicermati disini ialah bahwa semua masyarakatnya tidak bisa dipisahkan antara orang kota atau orang kabupaten sehingga muncullah istilah Pekalongan Raya yang mencangkup dari tepi pantai utara hingga pucuk gunung di selatan.

Pekalongan mempunyai beragam Kebudayaan yang khas, Sejarah yang penting di Indonesia, serta Kuliner Tradisional yang lezat-lezat. Khusus untuk Pariwisata Pekalongan, orang-orang yang dari luar Pekalongan hanya tahu Wisata Belanja Batik dan pantainya saja, namun perlu sobat Cintapekalongan ketahui bahwasanya ada banyak sekali Wisata di Pekalongan yang keren dan instagramable banget patut untuk dikunjungi bersama teman-teman atau keluargamu.

Terdapat beragam destinasi wisata mulai dari Wisata Religi, Wisata Budaya, Wisata Batik dan juga Wisata Alam di Pekalongan yang terkenal menyegarkan. Baiklah sobat bisa langsung menyimak ulasan tentang Wisata Pekalongan berikut ini yang coba kami urutkan dari tepi utara hingga puncak di Selatan Pekalongan.

Tempat Wisata Pekalongan

1. Wisata Bahari Pekalongan

Wisata Bahari Pekalongan
Klik Gambar | Obyek Wisata Bahari Pekalongan

Wisata ini berada di ujung utara kota Pekalongan, bersebelahan dengan Pantai Pasir Kencana dan pelabuhan perikanan Pekalongan. Disini sobat bisa melihat beragam jenis ikan dan alat nelayan, ada juga area bermain anak dan kolam renang anak, jadi yang sudah berkeluarga mempunyai anak bisa diajak kesini. Baca Selengkapnya mengenai Wisata Bahari Pekalongan.

2. Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Pantai Pasir Kencana Kota Pekalongan
Klik Gambar| Jembatan di Pantai Pasir Kencana

Pantai ini menjadi primadona bagi masyarakat Pekalongan, area yang cukup luas dan hamparan pasir yang bisa untuk bermain. Paling banyak pengunjung ialah pada sore hari, karena anda bisa melihat matahari terbenam dari pantai pasir kencana ini. Selengkapnya mengenai Pantai Pasir Kencana Pekalongan.

3. Wisata Pantai Krematorium Pekalongan

Pantai Krematorium Pekalongan
Klik Gambar | Ayunan di Pantai Krema – via sisca_dwita

Pantai yang satu ini jarang yang tahu karena bukan pantai yang dibuka untuk wisata resmi seperti pantai yang lain. Dasar pantai ini adalah area Krematorium yakni gedung untuk pengabuan mayat. Namun disekelilingnya cukup luas dan memiliki bibir pantai yang cukup menarik sehingga oleh anak-anak hits dijadikan tempat wisata.

4. Wisata Taman Mangrove Pekalongan

Taman Mangrove Pekalogan
Pengunjung Keliling Taman Mangrove Dengan Banana Boat

Tak hanya Semarang saja yang punya wisata Mangrove Park, Pekalongan pun mempunyai potensi yang lebih besar untuk Mangrove Parknya. Meski belum jadi 100%, lokasi Taman Mangrove Pekalongan setiap harinya banyak dikunjungi wisatawan yang ingin berwisata disini, kebanyakan mereka di sore hari karena akan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, tetapi tidak menutup kemungkinan jika berkunjung di siang hari, anda bisa mencoba berkeliling di Taman Mangrove Pekalongan dengan boat yang disediakan pengelola. Selengkapnya tentang Taman Mangrove Pekalongan.

5. Wisata Pantai Slamaran Pekalongan

Pantai Slamaran Pekalongan
Klik Gambar | Pantai Slamaran Pekalongan – via desytariyem

Pantai ini sangat menawan, hamparan pohon pinus membuat suasa yang adem, semilir angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang menentramkan. Namun sangat berbahaya jika anda berenang di pantai ini karena ombak yang cukup besar. Di Pantai Slamaran ini, merupakan gerbang menuju ke istana penguasa pantai utara yang dikenal sebagai Dewi Lanjar. Selengkapnya mengenai Legenda Dewi Lanjar Pekalongan.

6. Wisata Pantai Wonokerto Pekalongan

Pantai Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Klik Gambar | Pantai Wonokerto – via yulyan_parwati

Pantai disini cukup menyuguhkan hamparan pasir yang luas, pengunjung bisa bermain pasir maupun bernaung di pohon-pohon yang tumbuh meneduhkan dipantai ini.

Baca : Inilah 6 Nama Lain Kota Pekalongan yang Wajib Kamu Ketahui

7. Belajar di Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan
Klik Gambar | Museum Batik Pekalongan Jawa Tengah

Bagi Pecinta Batik kudu wajib mengunjungi Museum Batik Pekalongan. Disini terdapat koleksi beraneka ragam motif batik dari seluruh nusantara. Anda juga bisa belajar membatik pada ruang workshop membatik dan hasilnya bisa anda bawa pulang sebagai cinderamata. Selengkapnya mengenai Museum Batik Pekalongan.

8. Wisata Batik Kampung Batik Pesindon

Kampung Batik Pesindon Pekalongan
Klik Gambar | Gapura di Kampung Batik Pesindon Pekalongan

Jika belum puas mengunjungi Museum Batik, anda bisa langsung melihat berbagai proses membuat batik langsung dari para pengrajinnya di Kampung Batik Pesindon.

9. Wisata Batik Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman Pekalongan
Klik Gambar | Gapura di Kampung Batik Kauman Pekalongan

Sama seperti Kampung Batik Pesindon yang merupakan sentra pembuat batik di Pekalongan, Kampung Batik Kauman juga bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata anda di Pekalongan. Selengkapnya mengenai Kampung Batik Kauman Pekalongan.

10. Wisata Kampung Canting Landungsari Pekalongan

Kampung Canting Landung Sari
Tugu Canting di Landung Sari

Mengunjungi Kampung pembuat Batiknya sudah, kini anda bisa lanjut mengunjungi ketempat pembuatan Canting (alat untuk membatik) di kelurahan Landungsari. Selengkapnya mengenai Kampung Landungsari.

11. Wisata Budaya Heritage Pekalongan

Daftar Bangunan Bersejarah di Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan
Daftar Bangunan Bersejarah di Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan

Nah, kali ini bagi pecinta Heritage atau Cagar Budaya nih di Pekalongan juga banyak bangunan-bangunan kuno penginggalan masa kolonial yang memiliki sejarah yang panjang. Ada juga Benteng Pekalongan yang lebih tua dari Benteng jogja dan Solo atau bisa mengunjungi Real Estate kampung Arab yang hingga kini masih bisa anda jumpai. Belom lagi mengenai kampung Pecinanan yang tak bisa dipisahkan dari peradaban kota Pekalongan. Selengkapnya mengenai Wisata Sejarah di Pekalongan.

12. Wisata Religi Ziarah Makam Habib Ahmad Sapuro Pekalongan

Makam Sapuro
Klik Gambar | Bangunan Makam Habib Ahmad di Sapuro – Pekalongan

Setiap tahunnya banyak sekali pengunjung yang datang kesini untuk berziarah ke salah satu makam wali yang ada di Pekalongan. Terutama ketika Khoul pada bulan Rajab, pengunjung dari dalam dan luar negeri akan datang ke Makam Habib Ahmad Sapuro. Selengkapnya tentang Wisata Religi Habib Ahmad Sapuro Pekalongan.

13. Wisata Religi Ziarah Makam Ki Ageng Rogoselo Pekalongan

Wisata Religi Ziarah Makam Ki Ageng Rogoselo Pekalongan
Wisata Religi Ziarah Makam Ki Ageng Rogoselo Pekalongan – via thearoengbinangproject

Jika di sebelah utara ada Makam Habib Ahmad, maka di sebelah selatan Pekalongan ada makam Syekh Agung Rogoselo Pekalongan atau yang biasa dikenal dengan nama Ki Ageng Rogoselo yang bisa dijadikan tujuan wisata religi anda. Lokasi ini di daerah Doro yang masih satu jalur dengan Wisata di Petungkriyono dan beberapa wisata di Doro dan Talun. Di area dekat Makam, terdapat sebuah situs purbakala yang melegenda yakni patung Baron Sekeber. Selengkapnya mengenai Cerita Legenda Baron Sekeber Rogoselo.

14. Wisata Belanja International Batik Center Wiradesa Pekalongan

IBC Pekalongan
International Batik Center & Craft (IBC) Pekalongan

Dengan konsep modern, IBC atau International Batik Center di Wiradesa bisa menjadi bahan pilihan anda dalam berbelanja Batik Pekalongan selain di Setono. Tempat yang bersih, parkir yang luas dan tertata rapih akan sangat menyenangkan dalam memilih Batik yang cocok. Selengkapnya mengenai Wisata Batik IBC Wiradesa Pekalongan.

15. Wisata ALam Curug Bidadari Talun Pekalongan

Curug Bidadari Pekalongan
Kolam air jernih di Curug Bidadari | foto via ahmadpajalibinzah.blogspot

Curug Bidadari, disini terdapat kolam yang bisa untuk arena bermain air atau berenang untuk anda. dan juga jika anda punya nyali untuk masuk ke lorong diantara dua tebing batu, anda akan menemukan curug alias air terjunnya. Nama Bidadari untuk curug ini karena ada 3 lokasi yang setiap malam tertentu akan ada seorang Putri yang mandi disini. Selengkapnya tentang Wisata Curug Bidadari Pekalongan.

16. Wisata Alam Curug Madu Doro Pekalongan

Curug Madu Doro Pekalongan
Klik Gambar | Curug Madu Doro Pekalongan – via uwink_albab

Wisata Alam yang satu ini masih tergolong mudah dijangkau karena tidak jauh dari Kota Pekalongan. Curug dengan air yang tidak terlalu deras sehingga aman untuk mandi. Tempatnya cukup menarik dan yang jelas suasana masih asri cocok untuk pelepas penat di Kota. Selengkapnya bisa anda baca disini ==> Wisata Alam Curug Madu Doro Kabupaten Pekalongan

17. Wisata Alam Watu Bahan Lemah Abang Doro Pekalongan

Wisata Watu Bahan Lemah Abang Doro Pekalongan
Klik Gambar | Curug Watu Bahan dengan Debit Air Kecil

Sebenarnya Wisata Watu Bahan Doro ini merupakan misteri yang belum terpecahkan, karena disini anda akan melihat bertumpuk-tumpuk Batu dengan potongan rapih yang tersusun sejajar menjulang tinggi. Batu-batu berpola disini rupanya mirip seperti batu yang ada di situs Gunung Padang Jawa Barat. Entah ini masih ada kaitannya atau bukan semuanya masih penuh teka-teki. Selengkapnya mengenai Wisata Watu Bahan Lemah Abang Doro.

18. Wisata Alam Lolong Pekalongan

Arung Jeram Lolong Pekalongan
Arung Jeram Lolong Pekalongan – via lolongadventure

Lolong merupakan daerah penghasil Durian terbaik di Jawa Tengah. Setiap tahunnya selalu diadakan festival Durian yang menyedot banyak sekali wisatawan dari luar kota.Dan juga Lolong merupakan surganya wisata air seperti Tubing dan Rafting yang sangat seru. Tak hanya itu di Wisata Lolong juga ada beberapa wahana menarik lainnya seperti sepeda gantung dan rapling. Ada juga Camping Ground yang cukup luas. Selengkapnya mengenai Wisata Alam Lolong Pekalongan.

19. Wisata Alam Linggo Asri Pekalongan

Wisata Linggo Asri Pekalongan
Klik Gambar | Wisata Linggo Asri Pekalongan – fifi_nuraidah

Linggo Asri merupakan objek wisata yang cukup tersohor di Kecamatan Kajen, Pekalongan yang menyuguhkan keindahan alam pegunungan. Setiap tahunnya pada tujuh hari setelah Idul Fitri selalu diadakan acara Syawalan dengan mengarak Gunungan Megono yakni Makanan khas dari daerah Pekalongan.
Linggo Asri menjadi sebuah tempat wisata sekaligus olahraga, pendidikan, dan juga hiburan yang banyak dituju orang. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru dan memacu adrenaline seperti arung jeram, flying fox, dan juga trekking.

20. Wisata Watu Ireng Kandangserang Pekalongan

Wisata Watu Ireng Pekalongan
Bermain Panjat Tebing Watu Ireng | Foto By Ari Zakaria dkk

Kalau Kabupaten Sintang sana ada Gunung Kelam yang merupakan gunung batu monolit yang paling besar di dunia, maka di Pekalongan juga ada lho Bukit Watu berwarna Hitam atau bahasa kerennya Black Stone yang mempunyai karakteristik hampir sama dengan Gunung Kelam. Bukit Watu Ireng ini terletak di lereng Gunung Rogojembangan yang termasuk dalam wilayah Desa Lambur, Kecamatan Kandang Serang, Kabupaten Pekalongan Selengkapnya tentang Wisata Watu Ireng Kandangserang.

21. Wisata Bukit Pawuluhan Kandangserang Pekalongan

Bukit Pawuluhan Kandangserang
Klik Gambar | Bukit Pawuluhan Kandangserang – via ningratz_

Bukit Pawuluhan adalah Spot wisata yang masih nge-hitz di Pekalongan belakangan ini. Disini kalian bisa berkemah alias nge-camp untuk merasakan dan melihat Golden Sunrise serta pemandangan menajubkan lainnya yang disuguhkan oleh alam Pawuluhan. Untuk bisa Mencapai ke puncak Pawuluhan, kita membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Pekalongan kota atau sekitar 2 jam dari Alun-alun Kajen Kabupaten Pekalongan dengan mengganggunakan motor, maklum sarana transportasi untuk menuju kesana hanya bisa dilalui kendaraan roda 2 saja. Selengkapnya mengenai Wisata Bukit Pawuluhan Kandangserang Pekalongan.

22. Wisata Alam Curug Jlarang Lebakbarang Pekalongan

Curug Jlarang Lebakbarang Pekalongan
Curug Jlarang Lebakbarang  – via nisfi_amalia

Lokasi Curug Jlarang masuk di kecamatan Lebak Barang. Untuk sampai dilokasi Curug Jlarang tersebut, anda harus mnempuh jalan Raya karanganyar menuju daerah Lolong dan terus naik keatas mengikuti jalan, kurang lebih lamanya sekitar 1,5 hingga 2 jam dari pusat kota Pekalongan. Dan untuk sampai dilokasi Curug Jlarang sendiri, kita bisa menempuhnya kurang lebih 15 sampai 20 menit dari Monumen perjuangan Lebak Barang.

Baca : Sarung Batik, Budaya Jati Diri Orang Pekalongan

23. Wisata ALam Curug Sibedug Petungkriyono Pekalongan

Curug Sibedug Petungkriyono Pekalongan
Curug Sibedug Petungkriyono Pekalongan – via rischianto

Curug Sibedug merupakan curug pertama ketika kita memasuki wilayah hutan Petungkriyono. Berlokasi di pinggir jalan raya Doro – Petungkriyono, anda bisa leluasa bersantai disini.

24. Wisata Alam Welo River Petungkriyono Pekalongan

Welo River Petungkriyono
Klik Gambar | Kedung Gede Welo River Petungkriyono

Di wisata Welo River anda bisa bermain tubing dengan air kebiruan atau kehijaun yang super jernih bak bensin Pertamax atau Pertalite. Ada juga Kedung Sepingit yang menjadi Black Canyon asal Pekalongan ini sangat keren untuk bermain air. Silahkan baca mengenai Kedung Sepingit Petungkriyono.

25. Wisata Alam Curug Lawe Petungkriyono Pekalongan

Pohon Selfie Curug Lawe
Klik Gambar | Wisata Pohon Selfie di Curug Lawe Petungkriyono

Berwisata di Petungkriyono kurang lengkap jika belum mangunjungi kawasan Wisata Curug Lawe, kalian harus mengunjunginya!! sebab apa ? sebab disini menyajikan spot-spot wisata yang keren dan instagramable yang sayang jika di lewatkan,ditambah pengelola yang ramah serta fasilitas Toilet yang memadai juga Jaminan keamanan parkir dan warung-warung tempat jajan yang sekaligus bisa menjadi tempat istirahat anda di Curug Lawe. Ada Pohon Selfie, Taman hammock Pinus dll yang keren-keren. Baca selengkapnya tentang Wisata Pohon Selfie Petungkriyono.

26. Wisata Puncak Hanoman Kendalisodo Pekalongan

Puncak Hanoman Kendalisodo Petungkriyono
Puncak Hanoman Kendalisodo Petungkriyono – via maulninho

Gunung Kendalisodo memiliki ketinggian 1697 mdpl, pada ketinggian tersebut sudah cocok bagi anda yang ingin mencoba menjadi pendaki gunung. Track yang tidak sulit dan akses jalan yang cukup mudah, Puncak Hanoman bisa menjadi pilihan anda.
Lokasi puncak hanoman gunung kendalisodo berada di Kec Petungkriyo pekalangan. Para pendaki yang datang kemari sering mengadakan pesta api unggun karena tempatnya sangat mendukung.

27. Wisata Puncak Tugu Petungkriyono Pekalongan

View di Puncak Tugu
Klik Gambar | View di Puncak Tugu Petungkriyono

Puncak Tugu menyuguhkan pemandangan desa-desa Petungkriyono yang indah terutama ketika cuaca sedang cerah. Jarak bukit yang tidak terlalu jauh dan medan yang mudah. Puncak Tugu bisa menjadi alternatif pilihan anda khususnya bagi pendaki pemula yang ingin melatih dirinya naik gunung. Selengkapnya mengenai Puncak Tugu Petungkriyono.

28. Wisata Rogojembangan Petungkriyono Pekalongan

Puncak Rogojembangan Petungkriyono
View Puncak Rogojembangan Petungkriyono – via ibnu_sibent

Nah kalau yang ini bisa menjadi tujuan pendakian anda selanjutnya. Setelah anda mencoba Puncak Hanoman atau Puncak Tugu bisa dilanjutkan dengan naik ke gunung Rogojembangan dengan ketinggian 2.117 mdpl. Puncak Raja di Rogojembangan merupakan titik tertinggi yang ada di Pekalongan.

29. Wisata Alam Curug Bajing Petungkriyono Pekalongan

Wisata Curug Bajing Pekalongan
Klik Gambar | Spot foto Wisata Curug Bajing Pekalongan

Curug Bajing ini merupakan curug terindah se-jawa tengah dan masih satu jalur dengan Curug Muncar , hanya saja Curug Bajing ini lebih dekat 1,5 Kilometer dari desa Tlogopakis. Lokasi Curug Bajing ini terletak di Desa Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Untuk lokasi wisata curug ini sudah tertata rapih dan sangat nyaman,mulai dari kemudahan akses menuju lokasi,tempat parkir luas,serta ada kantin yang siap mengisi perut anda. Juga ada Information Center yang siap membantu anda bila membutuhkan informasi. Selengkapnya mengenai Curug Bajing Petungkriyono Pekalongan.

30. Wisata Alam Curug Muncar Petungkriyono Pekalongan

Wisata Curug Muncar
Salah satu Curug di Muncar Petungkriyono

Yang terakhir adalah Curug Muncar yang berada di dekat dengan Curug Bajing, anda bisa melihat curug muncar dari kejauhan di lokasi sekitar curug bajing. Air yang jernih dan pesona air terjun yang menawan menjadi daya tarik yang menarik untuk anda kunjungi setiap tahunnya. Selengkapnya mengenai Curug Curug Muncar Petungkriyono Pekalongan.

Nah Bagaimana apakah tertarik untuk berwisata di Pekalongan ? 30 Obyek Wisata di Pekalongan tersebut memang cukup banyak dan tidak bisa diterjang dalam sehari saja perlu beberapa harus jika mau menjelajah semuanya itu pun belum ditambah dengan wisata-wisata kecil yang lainnya. Belum lagi tempat-tempat wisata di daerah sekitar Pekalongan seperti Argo Wisata Pagilaran – Batang, Rumah Pohon Bandar dan lain sebagainya.

Baca juga : Inilah Oleh-oleh Khas Dari Pekalongan Selain Batik

Semua Wisata yang ada di Pekalongan masih tergolong murah-meriah bisa dijangkau oleh semua orang. Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan seperti transportasi menuju ke tempat wisata. Transportasi umum belum menjangkau keseluruh tempat wisata khususnya yang Wisata Alam di Kabupaten Pekalongan, namun sudah ada beberapa jasa Tour Guide yang bisa mengantar anda menuju kesemua wisata-wisata diatas.

Silahkan ajak seluruh teman, kerabat dan saudara anda semua untuk berkunjung dan berwisata di Pekalongan. Banyaknya tempat wisata di Pekalongan tak cukup untuk di jelajahi dalam satu hari. Mau wisata edukasi , wisata pantai, wisata alam semua bisa dilakukan di Pekalongan.

Monggo berikan tanggapan anda terkait dengan pengalaman menarik ketika Berwisata di Pekalongan lewat kolom komentar dibawah ini. Terima Kasih

Salam Cinta Pekalongan

 

Ingin Berwisata di Pekalongan ? kami siap antar atau jadi pemandu anda, more info Klik Disini

Content Protection by DMCA.com Seluruh Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Klik Donasi

MOHON DONASI ANDA

Bantu berikan donasi untuk perawatan website ini karena informasi www.cintapekalongan.com punya manfaat besar untuk Masyarakat Pekalongan.
Terima kasih

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor kami dengan mengirimkan tulisan ke contact@cintapekalongan.com

Check Also

Tempat Favorit Buka Bersama di Kota Pekalongan

10 Tempat Favorit Buka Bersama di Kota Pekalongan

Cintapekalongan.com – Hal yang pasti ditunggu-tunggu ketika bulan Ramadhan ialah acara Berbuka Bersama. Terlebih lagi ...

Oleh-oleh Khas Pekalongan

Inilah Oleh-oleh Khas Dari Pekalongan Selain Batik

Cintapekalongan.com – Kota Pekalongan bukanlah kota tujuan wisata yang tersohor seperti kota besar lainnya di ...