Home > INFO PEKALONGAN > Pekalongan > 5 Fakta Menarik Sego Megono Pekalongan

5 Fakta Menarik Sego Megono Pekalongan

Cintapekalongan.com – Semerbak bau harum bumbunya bikin perut tambah keroncongan, air liur menetes dan lidah ingin dimajakan oleh kelezatanmu, Oh Megono Pekalongan.

Pekalongan sebagai salah satu sentra batik terbaik di Indonesia dan menjadi kota batik dunia mempunyai segudang pesona yang tak mungkin terlewatkan bagi para traveler maupun tamu yang datang. Antara lain apalagi kalau bukan kuliner-kulinernya yang sangat memikat hati.

Dari sekian banyak kuliner khas Pekalongan yang bisa sedulur cicipi, akan terasa kurang afdol kalau belum mencicipi Sego Megono, terutama makan di Lesehan Sego Megono yang super murah meriah. Makanan ini semua kalangan bisa menikmatinya, mulai dari emperan pinggir jalan hingga hotel berbintang semua menyajikan Kuliner Megono.

Konon menurut sejarah seperti yang saya kutip dari situs “Yuktraveling”, Asal-usul kuliner ini bermula dari sesaji untuk Dewi Sri. Adapula yang menyebutnya dari sesembahan pada setiap upacara di suatu perayaan di Jawa. Mungkin sedulur bisa membacanya mengenai Megono ini di tulisan Sejarah Megono Pekalogan atau Fakta Megono Pekalongan.

Baca juga : Resep & Cara Membuat Megono Khas Pekalongan

Terlepas dari bagaimana asal-usul mengenai kuliner paling fenomenal di Pekalongan ini. Lalu, apalagi yang menarik dari kuliner paling merakyat ini? Yuk, Simak 5 Fakta Menarik Sego Megono Pekalongan.

1.Akarnya dari Budaya Keraton Yogjakarta

Jika ditarik historisnya, Sego Megono Pekalongan merupakan bagian dari budaya Kraton Yogyakarta yakni pada Mataram Kuno. Pada zaman tersebut, ada sebuah ritual Upacara Bekakak.

Yaitu pemberian sesembahan atau sesaji yang dilakukan oleh wilayah bawhan kekuasaan Mataram Kuno, termasuk Pekalongan dan beberapa daerah lain di sekitarnya. Bersama sesaji yang lain itu, kuliner ini ikut disuguhkan dalam wujud nasi tumpeng.

2. Berawal Sebagai Hidangan Sesaji

Menjadi bagian sesembahan dari ritual Upacara Bekakak, Sego Megono tidak luput sebagai hidangan sesajen tersebut. Pada masa lampau, Megono disajikan seperti nasi tumpeng, di pinggirnya terdapat gudangan, gori (nangka muda) dan urapan cecek (urapan nangka muda yang dicacah dan dibumbui parutan kelapa beserta rempah ini yang akan disebut Megono).

Nah sedangkan di daerah Pantura, sesaji ini dipersembahan kepada Dewi Sri agar hasil panen melimpah di tahun mendatang sehingga membawa kemakmuran bagi rakyat.

Baca juga : Kuliner : Kopi Tahlil Minuman Kopi Khas Pekalongan

Saat Agama Islam masuk dan berkembang di kawasan ini, fungsi dari sesajian sego khas Pekalongan ini beralih, Sego Megono pun menjadi suguhan pada setiap acara-acara tahmid dan tahlil yang diselenggarakan di masjid-masjid setempat.

n berkembang di kawasan ini, fungsi dari sesajian sego khas Pekalongan ini beralih, Sego Megono pun menjadi suguhan pada setiap acara-acara tahmid dan tahlil yang diselenggarakan di masjid-masjid setempat.

3. Kuliner Pekalongan yang Melegenda

Resep-Membuat-Megono-Pekalo

Tidak ada yang meragukan lagi jika Sego Megono sebagai kuliner Pekalongan menjadi legendaris dan mengakar kuat sebagai identitas Pekalongan. Keberadaannya menjadi simbol dan tradisi kebiasaan masyarakat Pekalongan di setiap acara, mulai dari kawinan, sunatan hingga selamatan-selamatan yang lain. Sesuatu yang patut kita banggakan dan lestarikan, ya sedulur Cintapekalongan.

4. Penyajian Sego Megono

Nasi-Megono-Khas-Pekalongan

Penyajian Sego Megono Pekalongan itu cukup simpel, dan mudah sedulur temukan saat jalan-jalan disini. Masakan ini selalu khas dan beraroma menggoda lidah, dengan cacahan nangka muda yang diurap dan dikukus dengan parutan kelapa yang sudah dicampuri bumbu rempah akan terlihat biasa saja namun akan terasa nikmat ketika di makan selagi nasi masih hangat.

Penyajiannya pun biasanya dibungkus dengan daun pisang dan disandingkan dengan tempe mendoan atau lauk yang lain seperti sambal tomat pete dan lainnya. Dan pada acara tertentu, menu Nasi Megono dengan lauk lengkap seperti kluban, ikan asin, sambal dan kawan-kawan disajikan dengan cara mandaran yakni satu tumpeng nasi dimakan secara bersama-sama 4-5 orang sekaligus. Jadi semakin gayeng dan akrab ya sedulur.

5. Dari Lesehan sampai Hotel Berbintang

Sego Megono Makanan Khas Pekalongan
Sapitan Sebagai Lauk Nasi Megono Sambal

Sego Megono ini adalah kuliner sejuta umat, kuliner rakyat yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Mulai dari rakyat biasa hingga pejabat kelas Gubernur maupun setingkat yang pernah ke Pekalongan akan disajikan dengan Nasi Megono. Dan semuanya doyan. Jan Sakpore tenan Megono ini.

Untuk itu tak heran jika Sego Megono di Pekalongan bisa ditemukan dimana saja, disudut kota, dipinggiran , dan biasanya Nasi dengan Lauk Megono menjadi menu sarapan yang wajib ada yang disajikan Hotel berbintang di kota ini. Hmmm…. itu baru Megono ya lur, belum lagi Tauto yang sudah sampai ke Korea Selatan. Wah Kuliner Pekalongan Sakpore.

Soal harga, sedulur tidak perlu khawatir, karena Sego Megono sangat terjangkau pake banget, 1 bungkus Nasi Megono itu dijual mulai dari harga Rp 2.000,- saja. Jadi uang 10ribu di Pekalongan bisa kenyang deh pokoknya, murah kan ?

Perut kenyang, dompet aman, dan hati pun senang , hehe

Sego Megono Pekalongan ini termasuk warisan budaya Indonesia di bidang kuliner. Jadi berbanggalah pada Megono ya sedulur. Untuk resepnya nih, sedulur bisa membacanya di tulisan kita di Resep dan Cara Memasak Nasi Megono Pekalongan.

Baca juga : Sejarah Tauto Pekalongan

Jangan lupa juga untuk mencicipi Sego Otot, Pindang Tetel, Tauto dan makanan khas Pekalongan yang lainnya.

Salam Cinta Pekalongan

Sumber : travelingyuk.com

▼ Silahkan DiBagikan ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

5-Hal-unik-di-Pekalongan

5 Hal Unik Yang Cuma Ada Di Pekalongan

Cintapekalongan.com – Siapa yang tak kenal Pekalongan, kota di pesisir utara Pulau Jawa berjuluk Kota ...

Asal-Usul Nama Kelurahan di Kota Pekalongan

Tinjauan Sejarah Asal-Usul Nama Kelurahan di Kota Pekalongan

Cintapekalongan.com – Sampai dengan saat ini, masih muncul banyak pertanyaan, kapan sebenarnya asal-usul dari wilayah ...