Home > PEKALONGAN > Kuliner > 5 Menu Kuliner Olahan Daging Ala Pekalongan

5 Menu Kuliner Olahan Daging Ala Pekalongan

Cintapekalongan.com – Punya banyak stok daging namun bingung mau memasak apa ? Yuk, kepoin referensi 5 Menu Kuliner Olahan Daging Ala Pekalongan mungkin bisa menjadi alternatif memasak anda dan keluarga dirumah.

Terlebih ketika lebaran kurban seperti saat ini, pastilah semua orang punya banyak stok daging mentah baik itu Daging Sapi atau Daging Kerbau atau Daging Kambing tetapi mereka bingung mau diolah menjadi menu apa.

Kalau kebanyakan orang pada umumnya akan langsung diolah menjadi sate, gulai, rendang, tongseng atau bakso. Namun itu akan membosankan tiap tahun itu-itu mulu menunya. Nah, kalau bingung anda bisa mencoba mengolah daging tersebut menjadi menu yang lezat nan nikmat dengan Menu Kuliner Khas Pekalongan berikut ini yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.

Dalam artikel ini, akan menjelaskan tentang beberapa Resep Masakan Pekalongan dnegan olahan daging sapi, daging kerbau dan daging kambing yang populer. Resep-resepnya mudah untuk diikuti dan dipraktekan dirumah, karena Resep Kuliner Pekalongan ini tidak membutuhkan banyak bahan maupun cara yang “njlimet”.

Untuk dapat mengolah daging sangat perlu untuk memperhatikan adalah cara memasak dan resep-resepnya agar hasil masakan bisa enak dan daging yang dimasak juga tidak alot.

Berikut ini 5 Menu Kuliner Olahan Daging Ala Wong Pekalongan

1. Sapitan

resep kuliner Sapitan pekalongan

Menu ini berbahan dasar daging sapi, dimasak dengan cara ditumbuk halus dan dicampur dengan aneka ramuan rempah dan santan kelapa kemudian dibentuk sedemikian rupa (dicapit menggunakan bambu) dan dibakar seperti satai agar aromanya keluar. Untuk detailnya resep dan cara membuatnya, bisa klik tautan ini Resep dan Cara Membuat Menu Sapitan Pekalongan.

2. Tauto

Resep Soto Tauto Pekalongan

Sedangkan untuk Soto Tauto bisa dibuat menggunakan bahan dasar daging sapi maupun kerbau. Dimasak seperti memasak Soto pada umumnya, yang kemudian dicampurkan dengan Tauco yang terlebih dahulu dimatangkan (ditumis). Sensasi segar nan nikmat akan tersaji dalam semangkuk Soto Tauto.

Untuk detailnya resep dan cara membuatnya, bisa klik tautan ini Resep dan Cara Membuat Soto Tauto Pekalongan.

3. Pindang Tetel

Resep dan Cara Membuat Pindang Tetel Pekalongan

Kalau untuk Pindang Tetel, lebih utamanya dari daging bagian kikil, namun bisa juga menggunakan tetelan daging sapi biasa. Yang harus ada di Pindang Tetel ialah bumbu kluwek yang akan menjadi ciri khas nya.

Untuk detailnya resep dan cara membuatnya, bisa klik tautan ini Resep dan Cara Membuat Pindang Tetel Pekalongan.

4. Garang Asem

Resep dan Cara Membuat Garang Asem Pekalongan

Dan untuk Garang Asem terbuat dari daging sapi yang diberi kuah bumbu kluwek, bisa juga tambahan dengan telor rebus. Sajian daging sapi yang empuk dengan cabe hijau utuh, telor pindang bulat, dan kuah bumbu kluwek yang mengendap akan memberikan rasa lezat nan menyegarkan disetiap seduhannya.

Untuk detailnya resep dan cara membuatnya, bisa klik tautan ini Resep dan Cara Membuat Garang Asem Pekalongan.

5. Gulai Kacang Ijo

Resep Kuliner Gulai Kacang Hijau Pekalongan

Dan bagi yang mempunyai stok daging kambing, bisa juga nih untuk dibuat menjadi Gulai Kambing Kacang Ijo Khas Pekalongan. Jadi kuliner ini merupakan pencampuran antara daging kambing dan kacang hijau dengan bumbu repah unik lainnya. Soal rasa akan benar-benar bikin “kesengsem” (jatuh hati) kepada setiap penikmatnya.

Untuk detailnya resep dan cara membuatnya, bisa klik tautan ini Resep dan Cara Membuat Gulai Kacang Ijo Khas Pekalongan.

Gimana apakah anda sudah memilih untuk memasak menu apa hari ini ? Bagi OPEK (Orang Pekalongan) yang tinggal di perantauan maka 4 Menu diatas akan terasa sangat “gemecer” (nggak nguatin) dan yang pasti mereka kangen dengan menu-menu tersebut yang biasa mereka santap ketika di kampung halaman.

▼ Bagikan ini ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR