Home > Sponsor > 7 Kebiasaan Orang Saat Merayakan Tahun Baru

7 Kebiasaan Orang Saat Merayakan Tahun Baru

Cintapekalongan.com – Tahun baru kemungkinan besar selalu ditunggu banyak orang. Tidak heran, karena ketika tahun baru datang, ada beragam perayaan yang bisa dilakukan. Selain itu, biasanya tahun baru sendiri dijadikan momen titik balik untuk menjalankan hidup yang lebih baik.

Tahun baru dirayakan beberapa kali berdasarkan kalender yang digunakan. Di Indonesia contohnya, tahun baru Imlek, tahun baru Masehi, tahun baru Saka, dan tahun baru Islam diperingati banyak orang. Semua ini dirayakan oleh masyarakat dengan beragam tradisi yang unik.

Ada banyak tradisi yang dilakukan selain bertukar ucapan selamat tahun baru. Tahun baru Imlek misalnya, saat dirayakan akan ada tradisi pertunjukkan dan festival Tionghoa, seperti atraksi barongsai dan beragam makanan khasnya. Sementara itu, di tahun baru Islam biasanya ada tradisi memperingati tahun baru dengan menjalankan pawai obor.

Baca juga : 5 Hal Unik Yang Cuma Ada Di Pekalongan

Tapi paling tidak, ada beberapa hal umum yang biasanya dilakukan oleh banyak orang saat tahun baru tiba. Berikut adalah tradisi tahun baru yang paling sering dirayakan masyarakat di Indonesia.

Tradisi Merayakan Tahun Baru

1. Membunyikan Terompet

Terompet identik dengan tahun baru. Biasanya akan ada banyak penjual terompet yang muncul saat mendekati tahun baru. Model terompet pun beragam, tentu dibuat begitu supaya menarik perhatian anak kecil hingga orang dewasa.

Seru juga melihat masyarakat berbondong-bondong ke pusat kota, kemudian membunyikan terompet tepat pada saat pergantian tahun. Tahun baru jadi terasa semakin meriah dengan suara terompet.

2. Pesta Kembang Api

Selain membunyikan terompet, biasanya disuatu tempat akan diadakan beragam pesta kembang api. Akan ada banyak orang yang membunyikan kembang api saat tahun baru.

Baca juga : 6 Wisata Cantik Alam Petungkriyono Pekalongan

Biasanya, orang-orang akan menyalakan kembang apinya sendiri. Tapi, ada beberapa tempat atau acara yang akan menyajikan pertunjukkan kembang api berskala besar, jadi makin cantik untuk ditonton.

3. Menonton Acara Tahun Baru di TV

Karena banyaknya festival dan acara yang dilakukan, tidak heran jika jalanan kota akan macet saat tahun baru. Maka dari itu, sebagian orang lainnya akan memilih untuk menghabiskan waktunya di rumah. Tentu saja, sambil menonton beragam acara tahun baru di TV.

4. Makan Malam Bersama Keluarga

Melewati pergantian tahun dengan keluarga tentu adalah momen yang tidak boleh dilewatkan. Maka dari itu, memasak dan makan malam bersama keluarga sambil bercengkrama akan menambah momen spesial dalam hidup Anda.

Biasanya akan dilakukan acara masak bersama sebelum makan malam. Dan tahun baru sendiri identik dengan barbeque atau memakan makanan yang dibakar atau dipanggang. Mengakhiri tahun dan mengawali tahun baru dengan orang terdekat tentunya akan sangat berkesan.

Baca juga : 7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Populer

5. Membuat Resolusi

Sambil menunggu momen pergantian tahun, ada banyak orang yang juga membuat resolusi. Resolusi yang dibuat tentunya adalah harapan yang ingin dicapai di tahun depan. Biasanya resolusi merupakan suatu hal baik yang harus dicapai, seperti menghentikan kebiasaan buruk di tahun lalu, atau bekerja keras di tahun depan.

6. Beribadah

Tidak bisa dipungkiri perayaan tahun baru sendiri merupakan momen yang tepat untuk berefleksi terhadap apa yang telah kita perbuat di tahun sebelumnya. Karenanya, tidak sedikit orang yang beribadah di malam tahun baru. Mulai dari berharap ampun atas segala kekhilafan di tahun sebelumnya, atau berharap rezeki di tahun depan.

7. Tidur

Nah, ada lagi alternatif kegiatan yang tidak kalah seru saat malam pergantian tahun baru. Salah satu hal yang banyak orang lakukan saat tahun baru adalah tidur dan melewatkan perayaan tahun baru seperti kebanyakan orang.

Baca juga : 30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

Memang, hal ini tidak mengherankan. Karena menunggu tengah malam bisa jadi sangat melelahkan untuk mereka yang terbiasa tidur lebih cepat. Maka dari itu, tidur adalah pilhan mereka untuk melewati pergantian tahun baru.

Gimana sobat, biasanya kamu yang mana ? Kalau saya sih yang point nomor terakhir, yups.. tidur ajalah. hehe

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA
▼ Bagikan ini ▼

About Lestari Nurhadi

Dari saya untuk daerah tercinta