Home > Pekalongan > 7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Populer

7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Populer

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

Jual Snack Capret Pekalongan :-*

Snack Capret - kriuke pok! teman terbaik ngemilmu bisa untuk oleh-oleh Khas Pekalongan atau cemilan santai bersama keluarga. Tersedia 6 varian rasa yang semuanya renyah selalu bikin nagih, Selengkapnya pilihan rasa Klik disini & untuk order via WA bisa langsung Klik DISINI

Cintapekalongan.com – Tidak Sah datang ke Pekalongan kalau belum nyobain 1 dari 7 Kuliner Khas Pekalongan dibawah ini. Bagi kamu yang sedang melakukan perjalanan dan kebetulan mampir untuk singgah di Pekalongan atau yang sedang berwisata ke Pekalongan, wajib nih menikmati makanan khas Pekalongan yang terkenal lezatnya.
Kuliner khas Pekalongan ini memang memiliki cita rasa yang unik dan tidak ada duanya, sehingga jangan heran jika 7 makanan khas dari Pekalongan ini menjadi kuliner yang sangat digemari dan dijadikan menu andalan oleh masyarakat lokal maupun wisatawan luar daerah yang sedang berkunjung ke Pekalongan.

Mungkin ada sobat luar kota belum mengetahui apa saja menu Kuliner Pekalongan yang paling enak dan populer yang sangat khas. Maka dari itu Cintapekalongan.com akan memberikan postingan mengenai beberapa daftar menu makanan khas dari Pekalongan sebagai bahan referensi kuliner di Pekalongan. Inilah beberapa menu kuliner Pekalongan yang paling enak dan populer yang wajib kamu coba.

1. Nasi megono

Sego Megono Makanan Khas Pekalongan

Yakni racikan makanan khas pekalongan dengan menu irisan nangka muda yang dipadukan dengan bumbu sambal kelapa. Rasanya yang gurih, pedas dan khas menjadikan Nasi megono termasuk dalam wisata kuliner pekalongan yang tidak boleh ketinggalan. Nasi megono ini lebih nikmat jika dihidangkan dalam keadaan masih panas dan ditambah dengan lalapan pete serta ikan goreng.

2. Tauto pekalongan

Resep Tauto Pekalongan

Merupakan salah satu wisata kuliner pekalongan yang mempunyai rasa khas dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Makanan ini lebih mirip dengan jenis sop daging kuah kental khas pekalongan yang diracik dengan bumbu khas taoco. Tauco merupakan penyedap makanan seperti saus yang  terbuat dari kedelai kedelai yang dibusukkan sampai mengental sehingga memberikan aroma yang khas. Tauto pekalongan sendiri biasanya disajikan dengan daging, jeroan serta mie so’on sebagai pendamping nasi. Paling lezat dinikmati di siang hari bersama dengan es

3. Pindang tetel

Pindang Tetel Pekalongan

Merupakan salah satu makanan khas dari kota pekalongan yang sudah sangat terkenal sebagai salah satu wisata kuliner pekalongan yang lezat. Pindang tetel ini sendiri merupakan makanan sejenis soto, akan tetapi mengggunakan bumbu kuah yang dimasak dengan menggunakan buah pucung yang sudah matang sehingga membuat rasanya berbeda dari kebanyakan soto lainnya. Isi dari pindang tetel ini sendiri terbuat dari tetelan daging sapi dengan bumbu kluwak dan bumbu lainnya seperti ketumbar, merica, garam, terasi, kecap, cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Anda dapat menikmati makanan khas pekalongan ini di setiap pelosok kota pekalongan karena sudah banyak lapak yang menjual makanan ini. Makanan khas ini juga dibandrol dengan harga yang sangat murah yakni sekitar Rp. 6000 saja anda sudah dapat menikmatinya.

Baca : 30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

4. Garang Asem

Garang Asem Pekalongan

Sajian makanan berwujud sup dengan bumbu rempah dan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Sekilas Garang Asem Pekalongan ini mirip dengan rawon solo karena didalam bumbunya terdapat kluwek yang khas. Selain itu, Garang Asem khas Pekalongan ini berbeda dengan makanan “garang asem” lainnya yang ada di Jawa Tengah maupun di jogja. Biasanya “garang asem” jogja maupun yang lain berbentuk pepes dengan bumbu santan, sedangkan garang asem di Pekalongan berbentuk kuah gurih yang nikmat. Masyarakat Pekalongan biasanya menyantab garang asem ini dengan Megono

5. Mie So

Mie So Pekalongan
Mie So Pekalongan by Jejakbocahilang.wordpress

Sajian dari Paduan mi kuning, kulit mlinjo, kerupuk pasir (usek), keripik tempe yang diremuk, daun bawang, bakso, kuah segar atau ditambah dengkil sapi yang mampu menggugah selera. Kuliner Mie So nampak mirip seperti bakso kuah seperti biasa, namun jika sudah masuk mulut akan berbeda cerita. Mie So bisa sobat temukan di daerah Krapyak khususnya Krapyak gang 9 Kota Pekalongan. Mie So sangat dikenal oleh masyarakat Krapyak sehingga jika sobat kebingungan mencari dimana kuliner ini berada bisa tanya ke warga sekitar. Lain kali akan Cintapekalongan.com bahas lebih lanjut mengenai Mie So Khas Pekalongan pada postingan tersendiri.

6. Kluban Bothok

Kluban Bothok Pekalongan

Selanjutnya makanan khas Pekalongan yang juga sangat enak ini adalah kluban. Biasanya disajikan dengan Bothok Bongkrek, Makanan ini agak mirip di Purwokerto dengan urap kelapa parut sebagai bumbunya. Makanan ini berisi kacang panjang, kol, tauge, sayur bayam, dan kangkung. Bisa juga lho disandingkan atau dicampur dengan Pindang Tetel, rasanya sangat khas. Sobat bisa mencari Kluban di warung-warung pinggiran yang menyajikan Pindang Tetel. Dan biasanya ketika bulan Ramadhan Klubanan khas Pekalongan biasanya dijual seteah Maghrib dan biasanya banyak tersedia pada saat hari lebaran.

7. Kopi Tahlil

Minuman Kopi Tahlil Pekalongan

Namanya cukup unik ditelinga,Ini sebenarnya adalah kopi yang dibuat dengan seduhan rempah, seperti jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pandan, serai, dan pala. Rasanya yang mampu menghangatkan tubuh ini biasanya diminum dengan ditemani ketan. Salah satu tempat menjual kopi ini yang paling ramai didatangi, bukanlah di kafe-kafe elit, melainkan warung lesehan di atas tikar, di tepi jalan Dr. Sutomo. Suasana emeran ditrotoar dengan penerangan jalan yang redup mampu memberikan kesan yang asyik berkumpul bersama teman-teman, sembari ngobrol bisa seduh Kopi Tahlil yang masih hangat jadi makin Gayeng.

Sebenarnya masih ada banyak lagi menu kuliner Pekalongan yang belum bisa saya sebutkan disini, belum lagi ada banyak Jajanan atau Makanan Tradisional yang otentik dari Pekalongan seperti pada postngan di 13 Jajanan Jadoel Khas Pekalongan yang Masih Eksis di Jaman Now. Tetapi beberapa nama Kuliner khas Pekalongan diatas layak menyandang kategori sebagai Kuliner Pekalongan yang Lezat dan Populer yang wajib dicoba ketika main ke Pekalongan.

Jadi kalau kamu sedang berkunjung ke Pekalongan kamu wajib ya untuk icip-icip kuliner Pekalongan tersebut. Mudah-mudahan informasi yang Cintapekalongan.com sampaikan bisa bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba.

Nah diatas adalah Kuliner yang Khas dari Pekalongan, untuk oleh-oleh Khas Pekalongan bisa sobat baca di postingan Oleh-oleh Khas Pekalongan Selain Batik.

 

Salam Cinta Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

Jual Snack Capret Pekalongan :-*

Snack Capret - kriuke pok! teman terbaik ngemilmu bisa untuk oleh-oleh Khas Pekalongan atau cemilan santai bersama keluarga. Tersedia 6 varian rasa yang semuanya renyah selalu bikin nagih, Selengkapnya pilihan rasa Klik disini & untuk order via WA bisa langsung Klik DISINI

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, saya ingin memperkenalkan kota tercintanya kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya. Jangan lupa share artikel ini, klik tombol sosmed di atas (twitter, facebook atau yang lain). Semoga bermanfaat untuk Anda dan orang lain. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

gedung-PIM-Pekalongan

Profil dan Info Lengkap Pusat Informasi Mangrove Kota Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA Jual Snack Capret Pekalongan ...

Resep Tauto Pekalongan

7 Kuliner Khas Pekalongan Yang Dikangenin Anak Rantau

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA Jual Snack Capret Pekalongan ...