7 Makanan Khas Batang Yang Terkenal Enak dan Menggoda Selera – Cintapekalongan.com - Media No.1 Referensi Pekalongan
Home INFO BATANG 7 Makanan Khas Batang Yang Terkenal Enak dan Menggoda Selera
Makanan Khas Batang Yang Terkenal Enak dan Menggoda Selera - Serabi Kali Beluk Batang

7 Makanan Khas Batang Yang Terkenal Enak dan Menggoda Selera

Batang – Makanan khas Batang ternyata sangat banyak aneka macamnya. Bahkan kita akan baru pertama kali mendengarnya. Seperti Lontong Lemprak, Serabi Kalibeluk, dan Gethuk Iris.

Kali ini, kita akan bahas tentang makanan khas dari Batang Jawa Tengah yang sangat menggugah selera dengan kelezatannya. Karena Batang adalah salah satu kota strategis yang mudah dijangkau karena berada di Jalur Pantura, pastilah sangat ramai dilewati orang-orang dari luar kota terutama ketika musim mudik lebaran tiba, maka tentu saja ada banyak makanan khas yang akan memanjakan lidah para pengunjungnya yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Kuliner dari Batang ini memang terbilang unik-unik sehingga membuat kita semakin penasaran tatkala melintasi Kabupaten Batang. Untuk itu jika kamu sedang berada atau memiliki kesempatan untuk mengunjungi ke Kabupaten Batang, pastikan kamu jangan melewatkan kuliner yang khas dari Batang yang wajib untuk kamu cicipi.

Nah Yuk langsung saja intip sajian Makanan dan Jajanan lezat khas dari Batang berikut ini.

Jajanan Khas Batang

1. Serabi Kali Beluk Batang

Serabi Kali Beluk

Serabi khas Batang hampir identik dengan Kabupaten Batang sendiri. Kemasyurannya sangat dikenal hingga daerah sekitar (Pekalongan dan Kendal). Dinamai dengan serabi (surabi) kali beluk lantaran makanan khas batang ini berasal dari Desa Kali Beluk.

Ada dua pilihan rasa yang bisa kamu cobain. Yakni dengan varian kelapa ataupun dengan gula jawa. Keduanya dimasak secara khusus dengan memanfaatkan arang panas sehingga menghasilkan aroma khas dan harum semerbak.

Yang unik dari Surabi Kali Beluk ini adalah ukurannya yang tidak biasa, bisa dibilang ukuran jumbo. Bahkan Serabi Kali Beluk ada yang berdiameter mencapai 30 centimeter. Kemudian dari ukuran tersebut akan dibagi menjadi beberapa potongan yang lebih kecil.

Baca juga : 11 Daftar Tempat Wisata Kuliner Di Pekalongan

Teksturnya empuk dan aromanya bergitu menggoda. Jika kamu mendapatinya saat masih hangat, maka kamu sangat beruntung karena rasa tiap gigitannya akan membuat ketagihan.

2. Corobikang Khas Batang

Corobikang Batang

Bila tadi ada Serabi Kali Beluk, sekarang ada Corobikang yang jika di beberapa daerah menyebutnya dengan bika walik. Corobikang adalah kue tradisional khas dari Batang yang terbuat dari tepung beras. Corobikang diolah dalam cetakan khusus berbentuk bundar seperti cetakan kue apem. Jika apem dibolak-balik ditumpuk, maka corobikang dimekarkan dan diberi warna.

Rasanya gurih, sedikti manis dan tentu harum. Tiap gigitan akan selalu memanjaan lidah kamu, jadi jika kamu ke Batang jangan lupa untuk mencicipi Corobikang ini ya.

3. Gethuk Iris dan Gethuk Mawur

Gethuk Iris Batang

Bahan singkong yang melimpah di daerah Batang ternyata bisa disulap menjadi makanan yang enak dan menarik. Olahan dari bahan singkong yang bernama gethuk iris.

Gethuk seperti pada umumnya, terbuat dari bahan baku singkong ini ditumbuk sampai halus dan kenyal. kemudian Penjual akan mengiris gethuk tersebut ketika akan disajikan dengan menempatkan pada daun pisang serta menambahkan parutan dari kelapa yang sudah dibakar diatasnya. Hmmm rasanya lezat dan bikin nagih pastinya.

Baca juga : 7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Populer

Mirip-mirip dengan Gethuk Iris, gethuk mawur ini tampilannya sangat berbeda, dimana gethuk mawur ini menggunakan singkong yang ditumbuk sampai berbentuk butiran kecil-kecil kemudian diurap dengan kelapa biasa serta kelapa bakar yang sudah diparut. Soal rasa ? tentu sangat enaakk.

Kuliner Khas Batang

4. Lontong Lemprak Batang

Lontong Lemprak

Lontong yang satu ini sangat legendaris di Batang. Lontong lemprak merupakan salah satu kuliner yang khas yang indentik dari Batang. Keberadaannya yang sudah turun temurun, Kuliner Batang ini paling banyak diburu oleh pelancong.

Dalam satu porsi lontong lemprak, terdiri dari opor ayam kampung yang gurih, kemudian disajikan dengan irisan lontong, tahu rebus, dan kuah yang banyak. Untuk kuahnya sendiri memiliki warna kuning keputihan. Dan untuk citarasanya sangat nampol, gurih santan yang berpadu dengan sambal enak habis pokoknya. Gurih-gurih pedas begini bikin nafsu makan jadi makin gass poll.

5. Lodeh Cecek Batang

Lodeh Cecek

lodeh atau Sayur Lodeh di Batang ini sangat Khas, Berbahan dasar dari Cecek alias Nangka Muda. Untuk pengolahan dari lodeh cecek sendiri juga tidak jauh berbeda dengan sayur lodeh pada umumnya. Bedanya ada pada isinya yaitu nangka muda. Ya, mirip-mirip lah, dengan gudheg Yogya namun rasanya tidak begitu manis.

Baca juga : 10 Daftar Tempat Kuliner dan Cafe Hits Pemalang yang Instagramable

Umumnya, lodeh cecek disajikan bersama dengan nasi megono atau bisa yang difungsikan sebagai sajian pelengkap dari nasi putih itu sendiri. Udah, ndakusah tanya rasa. Dijamin akan membuat lidahmu ketagihan!

6. Sotong Ireng Khas Batang

Sotong Ireng

Berani coba masakan Sotong Ireng (Hitam) ? Meski berpenampilan aneh, tetapi rasa dari Sotong ini sangat menggugah selera lhoo, terutama ketika disantap saat nasi masih hangat.

Sotong ireng diolah dengan cara dioseng-oseng dengan bumbu lain lalu disiram dengan santan yang akan menghasilkan sensasi gurih tersendiri.

Bahan utama masakan ini adalah Sotong (sejenis cumi) yang banyak terdapat di laut Batang. Hal ini dikarenakan Batang merupakan daerah yang juga berada di pesisir pantai. Tentunya olahannya juga tidak jauh dengan olahan yang bahannya berasal dari laut. Nah, kata ireng dari sotong ireng dalam Bahasa Jawa artinya hitam.

Pengolahan makanan satu ini berbeda dengan memasak Cumi. Jika biasanya cumi-cumi diolah dengan menghilangkan tinta hitamnya, maka untuk makanan sotong ireng, tinta hitamnya diikutin gitu, gaes. Makanya dinamakan sotong ireng.

7. Soto Kebo Khas Batang

Soto Kebo Batang

Selama ini kebanyakan soto berbahan dasar daging sapi, maupun juga ayam. Tetapi di Kabupaten Batang ada sajian soto yang unik yang tidak berbahan dasar Ayam atau Sapi melainkan Daging Kebo (Kerbau) yang sangat khas. Jadi daging yang digunakan Soto disini seratus persen adalah daging kerbau. Untuk bahan pelengkapnya memang tidak jauh beda dengan soto yang lainnya terutama Tauto Pekalongan.

Baca juga : Inilah 10 Tempat Kuliner di Batang Paling Direkomendasikan untuk Wisatawan

Tekstur daging kerbau yang lebih rendah kolesterol ini bakalah menjadi sensasi tersendiri ketika menikmati semangkuk Soto khas dari Batang ini. Tiap irisan daging kerbau dalam balutan Soto akan membuat lidahmu akan dimanjakan dengan rasa unik yang tiada banding.

Bagaimana apakah kamu sudah ingin mencicipi kesemuanya Makanan khas Batang ini ?  Pokoknya jangan sampai kelewat ya jika singgah di Batang, kamu bisa berwisata Kuliner Batang yang menggugah selera ini tentunya makin seru menambah pengalaman icip-icip Kuliner Nusantara.

Bagikan ini :

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan Platform media referensi tentang Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan menarikmu. Ayo kirim esai tulisanmu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap tulisanmu yang ditayangkan.

donasi cintapekalongan.com
BANTU BERI DONASI
Untuk mengembangkan media ini agar tetap bermanfaat. Terima Kasih

About Angga Panji W

Avatar
Sebagai anak Pekalongan ingin memperkenalkan potensi kota tercinta ini kepada dunia lewat konten digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang