Home > Berita > AirNav dan Sedulur Balon Pekalongan Gelar Sosialisasi Festival Balon 2019

AirNav dan Sedulur Balon Pekalongan Gelar Sosialisasi Festival Balon 2019

Pekalongan – Sosialisasi Festival Balon Pekalongan 2019, (Kamis 16 Mei 2019) dilaksanakan oleh AirNav Indonesia dan Komunitas Sedulur Balon Pekalongan. Bahwasanya Tradisi balon sudah dari dulu ada dan hal ini telah menjadi jiwa orang Pekalongan.

Orang-orang dulu kalau membuat balonnya dengan ukuran relatif kecil tidak besar sehingga jangkauan terbangnya tidak mencapai jalur perlintasan pesawat. Kemudian dalam perkembangannya dimensi ukuran balon dibuat lebih besar dan megah seperti sekarang kebanyakan dibuat oleh masyarakat setiap syawalan dan dari situ belum cukup, kurang ramai kemudian diberi mercon agar lebih ramai.

Sosialisasi Festival Balon Pekalongan

Dengan ukuran balon yang seperti zaman sekarang ini, jelas daya terbangnya bisa melewati perlintasan pesawat di udara. Beberapa sudah ada laporan dan bukti bahwa pilot melihat balon.

Dari tahun 2017 laporan pilot ketemu balon meningkat. Kalau di darat ada jalur pantura yang sangat padat, begitu pula di jalur udara diatar pantura Pekalongan ini merupakan jalur udara tersibuk didunia. Banyak pesawat antar negara yang lewat berlalu lalang melintasi jalur udara Pekalongan dan sekitarnya.

Baca juga : Sejarah Tradisi Balon Udara Di Pekalongan

Hal ini kalau tidak diatur akan membahayakan penerbangan pesawat dan penumpangnya karena pesawat bisa mengenai balon yang berakibat fatal, memang belum ada kejadian tapi kalau tidak diatur akan bahaya dan terjadi kejadian yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Sosialisasi Festival Balon Pekalongan 2019
Sosialisasi Festival Balon Pekalongan 2019

Belum lagi persoalan mercon yang di tempelkan di balon tersebut, jelas ini membahayakan karena mercon akan jatuh dan meledak, yang paling ringan adalah genteng warga bisa pecah dan yang paling fatal adalah meledak dibawah dan melukai orang yang ada.

Dan tujuan diadakannya Festival Balon Pekalongan ini dimaksudkan agar semua elemen dan para pemuda-pemuda serta komunitas ikut berpartisipasi dan menggeser tradisi yang membahayakan menjadi Tradisi yang menguntungkan.

Manfaat Adanya Festival Balon Pekalongan :

1. Mencegah pesawat jatuh yang berakibat pada reputasi penerbangan bangsa indonesia di kancah Internasional.

2. Ikon wisata di Pekalongan yang bisa menyedot banyak pengunjung yang datang setiap tahunnya. Lokasi Kota Pekalongan yang sangat strategis dan mudah dijangkau (adanya jalan Tol dan Kereta Api). Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku umkm dan para pedagang jajanan yang bisa menjajakan dagangannya di lokasi festival namun dengan memperhatikan ketertiban dan kebersihan lokasi agar tidak mengganggu pengunjung yang datang.

Dari teman-teman komunitas yang sudah berpartisipasi diharapkan tradisi ini bisa terjaga namun tidak membahayakan dan kreasi balonnya menjadi sesuatu yang ditunggu setiap tahunnya.

Dalam kesempatan ini diundang pula tokoh masyrakat dan takmir masjid-mushola, harapannya lewat mereka bisa ikut menyampaikan pesan-pesan tentang balon ini ke masyarakat sekitar karena beliau-beliau ini yang akan didengar oleh masyarakat setempat.

Baca juga : Tradisi Syawalan Balon Udara di Pekalongan

Pada intinya para pemuda yang bisa membuat balon jangan dilarang tetapi diarahkan agar ikut komunitas, disini nntinya akan ada lomba-lomba dengan hadiah yang besar setiap festivalnya.

AirNav Gelar Sosialisasi Festival Balon 2019

Airnav telah menyiapkan hadiah uang tunai dengan total 70 juta rupiah, Umrah Gratis, Tiket Pesawat gratis dan berbagai doorprize menarik lainnya.

Ada 2 kategori balon yang akan dilombakan yakni Balon motif dan Balon plastik (polos). Pendaftarannya gratis, setiap peserta terdiri dari 10 orang, dengan dimensi balon yang diperbolehkan yakni diameter 4 meter dan tinggi 7 meter yang akan dilaksanakan di Stadion Hoegeng tanggal 12 Juni 2019 .

Dan bagi para pengunjung bisa berkesempatan mendapat hadiah pula, kamu bisa ikut lomba foto ketika berada di lokasi (detailnya akan disampaikan nanti).

Sebanyak 48 peserta / komunitas dari Kota dan Kabupaten Pekalongan juga Batang sudah mendaftar untuk ikut festival balon pekalongan 2019 dan apabila peserta melebihi kuota yang diharapkan panitia maka lomba akan dilaksanakan selama 2 hari dan pada malam harinya akan ada hiburan sekaligus pembagian hadiahnya.

Festival Lomba Balon Pekalongan 2019

Jadi untuk kamu dan teman-temanmu yang ingin mengikuti Lomba di Festival ini, langsung saja daftarkan Tim kamu secepatnya. Jangan lewatkan Syawalan di Pekalongan.

Baca juga : Inilah 5 Tradisi Syawalan di Pekalongan yang Sayang Untuk Dilewatkan

Demikian laporan yang bisa kita sampaikan, untuk informasi detail terkait Festival Balon ini bisa langsung hubungi Pak Yadi – Komunitas Sedulur Balon Pekalongan.

Salam Cinta Pekalongan

▼ Bagikan ini ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com