Home > Sisi lain > Aktivis Jepang Kagumi Kampanye Makan Sampah Plastik Pekalongan

Aktivis Jepang Kagumi Kampanye Makan Sampah Plastik Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Kampanye Makan sampah Plastik
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL

Lingkungan adalah tempat tinggal kita bersama, apabila lingkungan kotor kita akan merasakan ketidaknyamanan hidup,begitu juga bila lingkungan bersih akan membuat kita nyaman dan tentram. Lingkungan dimana kita tinggal pun bisa pengaruhi watak dan perilaku penghuninya. Untuk itu penanganan masalah lingkungan harus di lakukan secara sadar, bersama-sama dan sefektif mungkin.

Coba kawan bayangkan, jika satu orang membuang satu sampah plastik (misal bekas bungkus permen) setiap harinya, sudah menjadi berapa jumlahnya kalau se-kota atau se-Indonesia membuang satu bungkus permen secara bersamaan setiap hari ? Penanganan model pilah sampah sungguh sangat kurang efektif, karena apa ? karena sampah yang dari masyarakat sudah di pilah di tong sampah, kemudian ketika masuk ke gerobak atau alat pengangkut ditumpuk jadi satu. Sampah yang sedia kala sudah terpisah, kini menjadi campur aduk kembali.

Untuk itu, cara yang paling efektif dan sederhana namun mampu mempunyai dampak signifikan ialah dengan aksi ” Makan Sampah Plastik “. Mungkin kawan-kawan bertanya-tanya akan judul ini,nah berikut adalah penjelasannya seperti yang dijelaskan oleh Komunitas Biji Indonesia.

Edukasi makan sampah plastik
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL

Gerakan ini adalah sebuah kreatifitas pengelolaan sampah plastik yang masuk akal. Sampah plastik akibat perilaku masyarakat yang kurang disiplin menjadi berserakan. Cara ini adalah upaya membuat sampah plastik yang tersebar menjadi terkumpul jadi satu dalam bentuk padat.

Dengan memanfaatkan sampah menjadi tempat sampah (upcycle / menaikan nilai suatu benda) botol bekas AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) yang semula sampah yang menjadi incaran pemulung, oleh kreatifitas bisa dijadikan sebagai media pemadatan sampah plastik, dengan konsep bermain yang mengajak masyarakat terutama generasi anak usia dini untuk paham ancaman bahaya sampah plastik terhadap lingkungan dan bumi. Kita tahu, bahwa sampah plastik merupakan sampah yang sulit terurai oleh mikroba tanah dan semakin-hari semakin bertambah jumlahnya. Tentu jumlah ini tidak bisa ditekan, dan akibatnya suatu saat anak cucu kita akan melihat peninggalan kakek moyang mereka berupa gunungan sampah dimana-mana.

Hasil makan sampah plastik
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL

Kemudian jika ingin sedikit mengelola dan terlibat aktif penanganan sampah plastik. Maka bekas botol air minum tersebut bisa menjadi alat peraga pendidikan lingkungan yang mudah , murah, dan menyenangkan dalam prosesnya. Bagaimana proses dan cara kerjanya, bisa dilihat di gambar dibawah ini.

Manfaat dari kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung ini diharapkan mampu mengurangi volume sampah yang menumpuk di TPA,dan ikut merasa bertanggungjawab terhadap produksi sampahnya. Ikut memilah,dan merubah pola laku jujur sampah, bukan membuang tapi mengelola sampah kita.
Dari botol yang sudah terpadatkan oleh sampah plastik, kita simpan dan jika sudah banyak maka kita bisa kreasikan untuk fungsi lain, misalnya dibuat untuk Perahu apung, pelampung, bahan bangunan (ecobrick) dan lain sebagainya seperti gambar dibawah ini.

ecobrick botol minuman
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || ecobrick botol minuman

Harapan dari aksi gerakan “makan sampah Plastik ini masyarakat menjadi tahu dan mau berbuat dan ikut melaksanakan di komunitas / kelompok masing-masing, di rumah ,di sekolah, di kantor,di tempat ibadah, fasilitas umum pemerintah, bahkan di mobil ketika kawan-kawan berkendara dst.

Kampanye Makan sampah Plastik dimana saja

Aksi ” Makan Sampah Plastik” yang diselenggarakan oleh FKH (Forum Komunitas Hijau) Kota Pekalongan pada hari minggu , 29 Mei 2016 berlokasi di seputar Lapangan Mataram menarik banyak pengunjung dan anak-anak seperti gambar dibawah ini. Umumnya mereka penasaran dan ingin mengetahui konsep kerjanya.

Yang menarik adalah, ketika kedatangan 2 orang aktivis dan relawan asal negara sakura Jepang. Mereka berdua adalah Yosuke dan Genta, mereka sangat kagum dengan cara / pola penanganan sampah plastik yang masuk akal ini.

Aksi Lingkungan
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL ||

Awalnya mereka tidak paham dengan hasil akhir / setelah botol-botolnya sudah penuh sampah, tetapi setelah mereka diperlihatnya pemanfaatan botol-botol tersebut menjadi ecobrik dll mereka sangat terheran-heran.

 

Aksi Makan Sampah Plastik

Mereka menilai bahwa ” Makan Sampah Plastik ” ini merupakan metode yang ajaib dan sangat efektif. Tak lupa mereka berdua juga mencoba memadatkan sampah kedalam botol dengan tongkah bambu, nampak mereka menikmati prosesnya. Dengan apresiasinya tersebut, maka kampanye ” Makan Sampah Plastik ” harus dijalankan secara massal dan sistematis agar metode ini bisa diaplikasikan oleh pemerintah mulai tingkat RT/RW kemudian kelurahan.

Kontribut :
– FKH
– BLH
– KOMBI
-KPW
– MAPALA

relawan lingkungan kota pekalongan

 

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan