Home > PEKALONGAN > Info Pekalongan > Aneka Jajanan Ramadhan Ala Masyarakat Pekalongan

Aneka Jajanan Ramadhan Ala Masyarakat Pekalongan

Cintapekalongan.com – Aneka Jajanan Ramadhan Ala Masyarakat Pekalongan ini ada beberapa yang tidak di jumpai di daerah lain. Saat bulan Puasa tiba, banyak orang berjualan takjil atau makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Uniknya beberapa dari makanan dan meninuman tersebut yang banyak diburu oleh orang-orang karena merasa kurang lengkap jika Puasa belum ada jajan tersebut atau jajan tersebut musimnya pada bulan Puasa saja.

Selain aneka minuman es, kolak dan gorengan, makanan ala masyarakat Pekalongan berikut ini banyak diburu sebagai kudapan setelah berbuka puasa. Seakan menjalankan puasa belum lengkap jika tanpa aneka jajanan itu. Padahal di hari-hari biasa makanan-makanan itu biasa dijual namun belum tentu diminati.

Bulan suci ini memang memberikan peluang usaha bagi siapa saja yang ingin mulai berbisnis kuliner khas Ramadhan di Pekalongan. Tak heran, jika banyak orang menggelar lapak jualan jajanan di pinggir jalan besar maupun sudut kota selama Ramadhan.

Baca juga : 13 Jajanan Jadoel Khas Pekalongan yang Masih Eksis di Jaman Now

Berikut ini adalah beberapa jajanan pasar dan kue yang nikmat dan banyak diburu orang sebagai kudapan berbuka di Bulan Ramadhan.

1. Kluban Bothok

Kluban Bothok dengan Krupuk Usek
Kluban Bothok dengan Krupuk Usek | FOTO: @triatitiani

Kluban Botok merupakan uraban sayuran yang terdiri dari kacang panjang, toge, kol, bayam atau kangkung, dengan bumbu lombok terasi serta ditambah kencur dan diberi kuah Bothok yang berisi santan encer, tahu dan bongkrek yang kemudian disirami sambal khusus (sambel gula jawa)  kedalam pincuk daun pisang . Cara memakannnya dengan di taruh di tangan kiri , sedangkan tangan kanan bisa puas menikmati kluban botok sambel dan menuntunnya masuk ke Mulut… hmm yummiiii

2. Mie Kenyol

Mie Kenyol Pekalongan
Sajian Mie Kenyol Pekalongan | FOTO: @desytariyem

Mie Kenyol ini masuk jajanan khas Pekalongan. Di Pekalongan, Mie Kenyol hampir tiap hari bisa kamu temui di warung makan pinggiran. Dan di bulan Ramadhan, Mie Kenyol ini banyak dicari oleh masyarakat Pekalongan untuk kudapan buka puasa. Biasanya pada bulan puasa kita bisa menjumpainya dibakul-bakul takjil, bersama kolak, dan jajanan tradisional lain.

Mempunyai tekstur kenyal, Maka kuliner khas Pekalongan ini mengapa disebut mie kenyol karena bila dimakan terasa kenyol-kenyol (bahasa pekalongan yang artinya kenyal). Mie Kenyol disajikan dengan sambal kacang atau sambal gula jawa yang pedas di atasnya atau cukup dengan cabai rawit.

Baca : Mie Kenyol Jajanan Mie Khas Dari Pekalongan

3. Gulai Keong

Gulai Keong Khas Pekalongan
Gulai Keong Khas Pekalongan | FOTO: @pekalonganpost

Gulai Keong Makanan yang satu ini banyak kita jumpai di sudut kota Pekalongan pada Bulan Ramadhan tiba. Makanan bersantan dan bebumbu kekuningan ini juga bisa kita temui pada masyarakat Sunda. Keong masih termasuk dalam hewan molusca yang banyak ditemukan di sekitar persawahan, pesisir pantai, dan perairan tawar. Rasanya gurih dan lezat membuat makanan ini cocok disantap sebagai lauk saat santap berbuka. Makanan ini punya segudang manfaat untuk kesehatan loh.

4. Es Barteh

Sajian Es Barteh Untuk Berbuka Puasa
Sajian Es Barteh Untuk Berbuka Puasa | FOTO: @ariefmaoe

Barteh rupanya buah yang termasuk keluarga labu-labuan (cucurbitae) ini mempunyai beberapa nama alias yang berbeda di tiap daerag. Di daerah lain mungkin akan dikenalnya sebagai Mentimun suri, Timun suri atau Timun betik, namun di Pekalongan buah ini dikenal dengan nama Barteh. Banyak sekali manfaat dari buah yang lembut dan beraroma khas ini, yakni sebagai Sumber energi, Anti oksidan, Menurunkan Kolesterol hingga menjaga kekebalan tubuh. Jadi sangat pas jika berbuka puasa dengan menyediakan minuman Es Barteh ini yang biasa dilakukan oleh Masyarkat Pekalongan.

Baca juga : 7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Populer

5. Pedoyo

Pedoyo Pekalongan
Pedoyo Pekalongan | FOTO: @innayah

Pedoyo adalah jajan dari timun yang direbus atau bisa juga timun yang masih segar kemudian dicocol pakai sambal yang terbuat racikan dari terasi, garam, dan cabai atau dengan sambel sesuai selera. Meski bukan jajanan mewah, tapi Pedoyo mantab untuk disantab. Rasa lembut dan segar dari Ketimun yang direbus dipadukan dengan sambal yang lezat bikin sensasi luas biasa dalam mulut kita. Pedoyo akan banyak di temukan pada Bulan Puasa begini, biasanya dijual bebarengan dengan Kluban Bothok, Mie Kenyol atau Rujak Uleg.

6. Es Kolak Pisang Kolang-kaling

Es Kolak Pisang Kolang-kaling
Es Kolak Pisang Kolang-kaling | FOTO: @pekalonganpost

Kolak berisi pisang dan kolang-kaling adalah makanan pembuka yang sering disajikan saat berbuka puasa di Pekalongan. Terkadang, isinya juga bisa ditambah dengan buah nangka, atau lainnya sesuai selera. Kamu bisa menemukan Es Kolak Pisang Kolang-kaling di penjual takjil pinggiran jalan Pekalongan. Rasanya segar, manis dan tentunya kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh yang seharian telah lelah berpuasa.

Baca juga : 7 Kuliner Khas Pekalongan Yang Dikangenin Anak Rantau

7. Rujak Uleg

Rujak Uleg Pekalongan
Rujak Uleg Pekalongan | FOTO: @pekalonganpost

Rujak Uleg dibuat dari irisan beraneka macam buah segar dengan tambahan sambal kacang gula merah (gula Jawa) cair yang dibumbui. Rujak Uleh biasanya disajikan di pincuk atau “di-Tum” menggunakan daun pisang. Ngomongin makanan yang satu ini bikin lidah ngiler kebayang dengan sensasi enaknya. Rujak uleh rupanya menjadi salah satu khazanah Jajanan di Bulan Ramadhan terlebih lagi di Pekalongan.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Kuliner Murah Meriah Khas Pekalongan

Nah, itulah beberapa macam jajanan yang banyak diburu di Bulan Ramadhan oleh sebagian besar Masyarakat Pekalongan. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi dan penambah pengetahuan kita akan Khazanah Kuliner Ramadhan di Pekalongan. Dari daftar diatas mana yang menjadi Favorit mu ?

*Jika ditempat mu ada jajanan yang belum disebutkan, monggo bisa corat-coret di kolom komentar.

 

Salam Cinta Pekalongan

▼ Bagikan ini ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR