Tips Persiapan Dana Pensiun Dini
Mall Cintapekalongan
Tips Persiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin
ILUSTRASI : Money.Kompas

Ayo Persiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin

Cintapekalongan.com – Jika Anda sudah mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa berutang, tak ada salahnya mulai menabung untuk masa pensiun nanti. Dana untuk pensiun bisa dipersiapkan sejak dini, bahkan saat masih muda. Persiapan di awal waktu tidak akan merugikan karena bisa menjadi antisipasi di masa depan. Tentunya, tidak ada yang tahu dengan apa yang akan terjadi pada esok hari, bukan?

Maka dari itu, lakukan antisipasi sekarang juga. Inilah cara-cara yang bisa Anda ikuti untuk mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin!

  1. Menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana pensiun

Bagi pegawai yang mendapatkan uang pensiundari perusahaan,biasanya mereka berpikir bahwa uang tersebut sudah cukup mengamankan masa depan. Namun, tak jarang jumlah uang pensiun yang diberikan lebih kecil dibandingkan dengan gaji yang diterima. Ada baiknya untuk tidak mengandalkan program pensiun yang dijamin perusahaan.

Baca juga : 7 Kebiasaan Orang Saat Merayakan Tahun Baru

Apabila kebutuhan sehari-hari sudah bisa terpenuhi, cobalah untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk masa pensiun. Sisihkan dana sesuai kemampuan dan jangan memaksakan diri. Jika masih memiliki tagihan dan utang, sebaiknya dahulukan untuk melunasinya. Selain itu, apabila ada keperluan yang mendesak dan Anda sedang kekurangan dana, uang pensiun yang ditabung bisa sangat membantu.

  1. Tentukan target dan prioritas

Tentukan target dan prioritas agar pengumpulan dana semakin cepat. Target inilah yang akan mendorong Anda untuk segera memenuhinya. Jadi, ketika ada godaan yang tidak diinginkan, target dan prioritas akan mengurungkan niat untuk menghambur-hamburkan uang. Penetapan target bergantung pada masing-masing individu karena gaya hidup setiap orang berbeda.

Tips Persiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin
ILUSTRASI : Money.Kompas

Jangan gunakan dana pensiun untuk membeli aset. Hal ini sering kali dilakukan orang-orang yang menganggap bahwa aset akan menjadi penunjang di masa pensiun. Namun, pemikiran seperti ini kurang bijaksana. Pembelian aset seharusnya dipisahkan dari tabungan pensiun. Anda harus menyiapkan dana khusus agar tidak merugi ke depannya.

  1. Berinvestasi di Qazwa

Tahukah bahwa Anda bisa berinvestasi halal melalui qazwa.id? Platform ini merupakan perantara yang mempertemukan investor dengan pelaku usaha mikro di Indonesia dalam urusan pembiayaan syariah. Setiap investor bisa memilih sendiri proyek pembiayaan yang diinginkan dan tersedia di situs Qazwa.

Siapkan foto KTP atau NPWP jika memiliki dan mendaftarlah dengan melengkapi data diri di situs. Dengan nominal Rp5.000, Anda sudah mendapatkan kesempatan untuk memperoleh keuntungan sampai 24% per tahunnya. Seluruh proses pembiayaan dapat diperiksa di dasbor yang ada di akun masing-masing investor.

Baca juga : 7 Earphones Android yang Kualitasnya Tak Kalah dengan Airpods Apple!

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan dana pensiun. Dengan adanya antisipasi sejak dini, Anda tidak perlu cemas jika terjadi peristiwa-peristiwa di luar dugaan yang ada di masa depan. Terlebih, sudah ada Qazwa yang bisa membantu dalam menyiapkan tabungan pensiun. Yuk, mulai hijrah finansial bersama Qazwa melalui pembiayaan syariahagar hidup menjadi lebih berkah!


donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server, operasional kru dan kegiatan amal. Terima Kasih


About Admin

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang