Home > Berita > Bahaya Balon Udara Terhadap Penerbangan Pesawat Komersil

Bahaya Balon Udara Terhadap Penerbangan Pesawat Komersil

Cintapekalongan.com – Tradisi balon sudah dari dulu ada dan hal ini telah menjadi jiwa orang Pekalongan. Orang-orang dulu kalau membuat balonnya dengan ukuran relatif kecil tidak besar sehingga jangkauan terbangnya tidak mencapai jalur perlintasan pesawat.

Kemudian dalam perkembangannya dimensi ukuran balon dibuat lebih besar dan megah seperti sekarang kebanyakan dibuat oleh masyarakat setiap syawalan dan dari situ belum cukup, kurang ramai kemudian diberi mercon agar lebih ramai.

Tradisi Syawalan Balon Udara
Balon Udara dengan Mercon ketika lepas landar di udara Tanpa Kontrol

Dengan ukuran balon yang seperti zaman sekarang ini, jelas daya terbangnya bisa melewati perlintasan pesawat di udara. Beberapa sudah ada laporan dan bukti bahwa pilot melihat balon.

Baca juga : Mudik dan Libur Lebaran, Jangan Lewatkan 7 Tempat Wisata Keren ini di Pekalongan

Terdapat tradisi menerbangkan balon udara tradisional pada saat syawal di beberapa kota di Jawa Tengah antara lain Wonosobo dan Pekalongan.

Sebanyak 20 Laporan menyebutkan melihat balon udara pada ketinggian >25.000 kaki yang merupakan ketinggian en-route pesawat udara termasuk pula di dalamnya rute internasional.

Rute Penerbangan Terdampak Balon Udara

Dengan keadaan yang mengancam ini namun disatu sisi tidak ingin tradisi yang sudah ada ini hilang maka, AirNav Indonesia telah melakukan uji coba dan sosialisasi penerbangan balon udara ditambatkan yang aman bagi penerbangan.

Baca juga : Obyek Wisata Linggo Asri Kabupaten Pekalongan

Dan untuk mengatur agar tidak mengganggu dunia penerbangan nasional dan internasonal, maka Menteri Perhubungan mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan RI No PM 40 Th 2018 tentang Ketentuan Penggunaan Balon Udara pada kegiatan Budaya Masyarakat.

Ketentuan Balon Udara Untuk Kegiatan Masyarakat

Peraturan pemerintah ini diterbitkan antara lain karena adanya potensi bahaya balon udara, bagi penerbangan maupun bagi keamanan/ketertiban/keselamatan masyarakat sipil.

Bahaya Jika Balon Udara Mengenai Pesawat

  1. Terhisap ke dalam mesin jet Pesawat sehingga mengakibatkan kerusakan struktur mesin yang bisa berakibat fatal sampai dengan mesin mati.
  2. Tersangkut pada sayap atau ekor sehingga mengganggu flight instrumen control, yaitu untuk mengendalikan arah pesawat di udara yang terdiri dari elevator, rudder dan aileron.
  3. Tersangkut di hidung pesawat udara sehingga menutupi pitot tube dan pitot static hole serta menghalangi pandangan pilot yang mengakibatkan terganggunya kemampuan pilot dalam mendapatkan informasi akurat mengenai arah dan kecepatan pesawat.

Bisa dibayangkan jika nantinya bakal terjadi kejadian yang tidak diinginkan dari salah satu yang sudah disebutkan diatas akan benar-benar buruk. Hal ini juga akan mencoreng nama baik dunia penerbangan di Indonesia. Belum lagi akan ada banyak korban jika pesawat tersebut jatuh karena mesin mati gara-gara menghisab balon.

Untuk itu kita tetap melestarikan tradisi, namun diupayakan sedemikian rupa agar tetap aman dan sesuai regulasi yang berlaku. Kita bisa tetap menjalankan Tradisi Syawalan yang sudah mendarah daging ini dengan mengikuti “Pekalongan Java Traditional Baloon Festival 2019” pada tanggal 12 Juni 2019.

Baca juga : Java Traditional Ballon Festival 2019

Pemerintah dan AirNav Indonesia telah menyiapkan hadiah uang tunai dengan total 70 juta rupiah, Umrah Gratis, Tiket Pesawat gratis dan berbagai doorprize menarik lainnya bagi pemenang dalam Festival Balon ini.

Festival Balon Udara Pekalongan

Sebanyak 48 peserta/ komunitas dari Kota dan Kabupaten Pekalongan juga Batang sudah mendaftar untuk ikut festival balon pekalongan 2019 dan apabila peserta melebihi kuota yang diharapkan panitia maka lomba akan dilaksanakan selama 2 hari dan pada malam harinya akan ada hiburan sekaligus pembagian hadiahnya.

 


donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR