Bom di SPBU Kertijayan Ternyata "Bom" Besi Cor yang Diberi Kabel
Bom Rakitan di SPBU Kertijayan
FOTO: detik.com

Bom di SPBU Kertijayan Ternyata “Bom” Besi Cor yang Diberi Kabel

PEKALONGAN – Sebuah Benda mencurigakan yang diduga bom rakitan ditemukan petugas cleaning service di ATM kompleks SPBU Kertijayan, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan.

Penemuan benda tersebut sontak menggegerkan warga sekitar dan masyarakat yang melintas di jalan raya kertijayan, hingga Rabu (22/1/2020) siang Tim Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jateng, datang dan diledakkan.

Dilansir dari Radarpekalongan.com, Lokasi peledakan berada di Lapangan Kertijayan, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Proses peledakan dilakukan hingga dua kali. Pertama, dilakukan pukul 12.18 WIB di atas permukaan tanah, dengan tujuan untuk menceraiberaikan benda tersebut. Kemudian, peledakan ke dua dilakukan pukul 13.50 WIB.

Bom SPBU Kertijayan
FOTO: detik.com

Beda dengan peledakan pertama, benda mencurigakan tersebut pada peledakan kedua ini terlebih dahulu dipendam di dalam tanah. Suara ledakan pun terdengar lebih menggelegar dibanding yang pertama.

Dari hasil pemeriksaan oleh anggota Brimob dan Polres Pekalongan Kota, diketahui ternyata benda tersebut berisi tiga buah pipa besi sepanjang kurang lebih 40 cm dengan diameter 5 cm yang telah dicor dan dirangkai dengan lilitan kabel dan lakban. Selain itu, terdapat pula sebuah jam analog. Benda tersebut dibuat mirip bom rakitan.

MIRIP BOM RAKITAN

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez, didampingi Komandan Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jateng AKBP Suwito, saat ditemui di lokasi peledakan menyebutkan bahwa benda mencurigakan tersebut awalnya ditemukan di ATM Mandiri yang berada di kompleks SPBU Kertijayan oleh petugas cleaning service setempat.

“Benda tersebut mencurigakan, ada bunyi detak jamnya. Petugas cleaning service tersebut kemudian melapor ke pihak SPBU, selanjutnya pihak SPBU melapor ke Polres Pekalongan Kota,” ungkapnya.

Bom Rakitan di SPBU Kertijayan
FOTO: detik.com

Hal yang sama juga disampaikan Komandan Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jateng di Pekalongan, AKBP Suwito, melalui PS Panit Gegana Brimob Pekalongan.

“Kita melakukan langkah evakuasi terhadap benda tersebut ke tempat yang aman, kemudian melakukan disrupter atau penceraiberaian barang tersebut. Hasilnya, ada pecahan jam analog, lakban, kabel, dan tiga buah pipa panjang 40 cm dan tebal 5 cm. Isiannya cor semen, atas bawahnya dikasih kabel. Persis bom beneran,” tuturnya.

AKAN UNGKAP PELAKU

Kapolres AKBP Egy menambahkan, meski benda tersebut bukan bom, namun menurutnya perbuatan pelaku sudah merupakan salah satu bentuk teror.

Kapolres menegaskan pihaknya menerjunkan anggota Satreskrim untuk melakukan penyelidikan dan mengungkap siapa pelaku yang menaruh benda tersebut serta mengungkap apa motif di balik perbuatan pelaku.

“Ini merupakan teror. Walaupun bukan bom beneran, tapi harus dicari tahu, ini ada maksud apa. Maka akan kita dalami, kita akan mencari dan mengungkap siapa pelakunya dan apa motifnya,” tegas Kapolres. (radarpekalongan)

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan media referensi tentang info Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan mu. Submit esaimu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

----------------------------------------------
donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server dan kegiatan amal. Terima Kasih

Mall Cinta Pekalongan

About Admin

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan.

TULIS KOMENTAR

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang