Home > PEKALONGAN > Kuliner > Kuliner Pekalongan > Kuliner : Sayur Botok Bongkrek Khas Pekalongan

Kuliner : Sayur Botok Bongkrek Khas Pekalongan

Cintapekalongan.comBotok Bongkrek, mungkin kalian tidak akan familiar dengan kuliner khas Pekalongan yang satu ini. Kuliner ini sangat nikmat bila dimakan bareng sambal gula kacang dan ditambahi remukan kerupuk “usek” dan disantap di cuaca yang panas.

Ngomongin Sayur Botok Bongkrek Pekalongan, mungkin kalian sudah tahu tentang makanan Jawa yang bernama BOTOK.

Botok adalah makanan khas Jawa yang awalnya terbuat dari ampas / bungkil kelapa yang sudah diambil sarinya. Olahan ampas kelapa ini tidak dibuang, namun dibumbui cabai, garam, merica dan daun salam, kemudian dimasak dengan cara dikukus.

Baca juga : Nasi Uwet Zarkasi Khas Pekalongan

Variasi Botok sebagai kuliner Nusantara ini cukup beragam, ada Botok Lamtoro, Botok Teri, Botok Udang, bahkan ada pula Botok Tawon yang terbuat dari campuran ampas kelapa dan larva lebah. Dan di Pekalongan, ada namanya Botok Bongkrek dan Kluban Botok.

Botok Bongkrek Khas Pekalongan
Botok Bongkrek Khas Pekalongan | FOTO: vanya_rina

Namun yang terlebih dahulu kita bahas adalah Botok Bongkrek yang bagi sebagian perantau yang pulang kampung, Botok Bongkrek yang selalu dikangeni.

Bahan utama dari kuliner ini adalah Bongkrek. Yang dimaksud dengan “Bongkrek” dalam tulisan ini BUKAN “Tempe Bongkrek” yang banyak diproduksi di daerah Jawa terutama Banyumas, melainkan Bongkrek disini adalah penyebutan terhadap Tempe Gembus.

Tempe Gembus itu sendiri adalah jenis tempe yang terbuat dari ampas tahu yang ditambah dengan ragi, lalu dibungkus dan difermentasikan kembali.

Selain diolah sebagai bahan sayur, Tempe Gembus biasanya disajikan menjadi lauk pendamping, dengan digoreng tepung ataupun dibuat bacem.

Botok Bongkrek adalah kudapan khas Pekalongan yang berbahan dasar Tempe Gembus, bersama aneka sayur mayur yang dimasak dengan parutan kelapa. Biasanya disajikan dalam wadah daun pisang yang di pincuk. Jadi jelas Botok Bongkrek adalah menu yang Pekalongan banget, dan sama sekali berbeda dengan kuliner Botok pada umumnya.

Baca juga : Soto Tauto Khas Dari Pekalongan

Botok Bongkrek bersama Pindang Tetel, Mie So, Garang Asem dan Soto Tauto Pekalongan bisa menjadi daftar kuliner yang harus dicobain ketika sedang ada di Pekalongan.

Rasa gurih, manis, pedas dan segar, pokoknya kenikmatan Botok Bongkrek tidak akan kalah dari Mie Kenyol ataupun Megono.

Botok Bongkrek Pekalongan
Botok Bongkrek Pekalongan Tanpa Sambel | FOTO: Mechtadeera

Isian Botok Bongkrek di tiap warung mungkin akan berbeda-beda, namun isian dasar dari kuliner ini adalah irisan Putren (Jagung muda), Melinjo (So), mentimun,  dan yang pastinya Bongkrek itu sendiri.

Salah satu Penjual Botok Bongkrek di Pekalongan yang cukup terkenal lezatnya adalah Botok dari Warung Mbak Isah di Pekajangan Gang 10. Di sana, kalian bisa mencicipi Botok Bongkrek ini dengan Kluban, maupun Pindang Tetel. Atau kalian mau membuatnya sendiri dirumah ? Yuk baca Resep dan Cara Membuat Botok Bongkrek Pekalongan yang lezat.

*Tulisan ini disarikan dari blog mechtadeera.com

 

Salam Cinta Pekalongan

▼ Bagikan ini ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR