Bulan Depan Pasar Banjarsari Mulai Digarap
Mall Cintapekalongan
Pembangunan Pasar Banjarsari
Desain Pasar Banjarsari Baru | FOTO: @

Bulan Depan Pasar Banjarsari Mulai Digarap

Pekalongan – Pemkot Pekalongan akan memulai pembangunan kembali Pasar Banjarsari bulan depan. Pengerjaan akan dimulai dengan pembongkaran bangunan eks Pasar Banjarsari yang terbakar untuk selanjutnya dilakukan pembangunan secara bertahap. “Pembangunan pasar akan dimulai. Bulan depan mulai dilakukan pembongkaran,” ungkap Walikota Pekalongan, M Saelany Machfudz belum lama ini.

Pembangunan kembali Pasar Banjarsari akan dilakukan dalam empat tahap. Dijelaskan Saelany, akan dibangun pertama yakni zona 3 pasar yang akan diguanakan untuk pedagang ikan dan bahan-bahan pasah. Kemudian dilanjutkan denganpembangunan di lantai II yang diperuntukkan untuk pedagang lauk pauk dan dagangan kering.

Pembangunan Pasar Banjarsari
Desain Pasar Banjarsari Baru | FOTO: @sscipekalongan

“Yang dibangun bagian 3 dulu untuk pedagang basah karena dana masih terbatas yakni baru ada Rp13 miliar. Selanjutnya nanti akan dibangun secara bertahap zona 2, bagian 4 dan bagian 1,” jelas Walikota.

Dengan dana yang terbatas, dikatakan Walikota Pemkot masih berharap adanya bantuan pendanaan dari pusat melalui APBN. “Semoga akan segera terbangukan pendanaan dari APBN pusat sehingga Pasar Banjarsari dapat segera kembali dibangun,” harapnya.

Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Zainul Hakim menjelaskan, Pemkot menyediakan total dana sebesar Rp13,9 miliar yang terdiri dari Rp8,9 miliar berasal APBD Kota Pekalongan dan bantuan keuangan Provinsi (Bankeu) sebesar Rp5 miliar.

“Jika dilihat keseluruhan Detail Engineering Design (DED) pasar, dana yang dibutuhkan sekitar Rp150 miliar. Akan tetapi pengerjaannya bertahap dan tahun ini Rp13,9 miliar untuk membangun zona III atau zona basah seperti untuk penjual ikan dan daging,” jelasnya.

Nb: Design di gambar belum final.

Source : @radarpekalongan@sscipekalongan


donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server, operasional kru dan kegiatan amal. Terima Kasih


About Rofius Salim Khafidz

Hanya Anak singkong dari desa pegandon, kab.pekalongan :D Salam Cinta Pekalongan

TULIS KOMENTAR

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang