Catatan Ramadhan 2020 – Cintapekalongan.com - Media No.1 Referensi Pekalongan
Home Opini & Rubrik Catatan Ramadhan 2020
Catatan ramadhan

Catatan Ramadhan 2020

Pekalongan – Dengan keterbatasan pengetahuan, pada penghujung Ramadhan 2020 ini saya mencoba mencatat bebera fenomena.

Pertama, kita dihebohkan dengan kemunculan virus covid-19 yang merubah banyak hal termasuk perekonomian dan peribadatan.

Namun apakah tidak ada kemungkinan kalau kehadirannya justru menjadi intelejen dan juri spiritualitas kita? Misal, untuk memastikan tahun ini siapakah yang benar-benar disembah oleh manusia, apakah menyembah Sholat Tarawih atau Tuhan? menyembah tadarus Al-Qur’an atau Tuhan? Menyembah sholat Jum’at atau Tuhan? Menyembah segala aktivitas di Masjid atau Tuhan? Menyembah puasa Ramadhan atau Tuhan? Menyembah takbir keliling atau Tuhan?

Kedua, ada kebaikan dengan terjadinya pandemi ini, sebab para Atheis temporer langsung kelimpungan mencari Tuhan untuk meminta perlindungan karena takut mati kena virus dan takut usahanya bangkrut. Begitupula dengan beberapa Agnostik yang mulai merevisi keangkuhan cara berfikirnya sehingga menyadari betapa susahnya menuju Tuhan tanpa jalan Agama.

Catatan ramadhan

Ketiga, karena ada larangan mudik dari pemerintah, para perantau terpaksa melakukan sungkem online dengan video call sebagai bahan utama untuk memproduksi kegiatan perayaan Idul Fitri. Tentu itu bukan keburukan jika kita berhasil memahami konsep puasa pada pelatihan tahunan dari Tuhan di kelas Ramadhan yang baru saja kita ikuti bersama, karena mungkin memang sudah saatnya kita mulai belajar memahami esensi bukan sekedar materi.

Selamat merayakan Idul Fitri tahun 2020, Selamat men-screenshoot momen video call kalian bersama keluarga tercinta di kampung halaman untuk kemudian dijadikan instastory atau whatshapstory.

Arja Minangun – Prambanan, 23 Mei 2020

Bagikan ini :

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan Platform media referensi tentang Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan menarikmu. Ayo kirim esai tulisanmu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

donasi cintapekalongan.com
BANTU BERI DONASI
Untuk mengembangkan media ini agar tetap bermanfaat. Terima Kasih

About Admin

Avatar
PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang