Home > PEKALONGAN > Kuliner > Daftar Kuliner Pekalongan Yang Recommended Untuk Kamu Coba

Daftar Kuliner Pekalongan Yang Recommended Untuk Kamu Coba

Cintapekalongan.com – Beragam Kuliner Di Pekalongan yang recommended untuk kamu yang lagi plesiran di Kota Batik. Mungkin kamu bakal kangen dengan Kuliner Khas Pekalongan ini.

Nah bagi kamu yang sedang berada ke Pekalongan, kamu wajib untuk menikmati minimal satu dari beragam Masakan khas Pekalongan yang dijamin enak dan bikin kangen ini. Kuliner dari Pekalongan memang memiliki cita rasa tersendiri, mulai dari yang otentik hingga legendaris menjadi menu masakan yang diandalkan untuk menjamu hasrat berkuliner masyarakat lokal maupun wisatawan luar daerah.

Bagaimana apa kamu sudah kepo Kuliner apa saja yang ada di Pekalongan ? Yuk, Simak sampai habis tulisan ini.

1. Sego Otot Wardjuni

Sego Otot Wardjuni
FOTO: Dwi Hartanto

Salah satu warung kaki lima yang bisa untuk sarapan kamu di kota Pekalongan adalah Warung Wardjuni. Letaknya di jl.Cempaka atau belakang Hotel Namira. Warung ini menyajikan masakan sedepan, ada megono, sayur lodeh, olahan tahu tempe. Dan untuk menu andalannya yaitu Sego Otot, yaitu Menu makanan yang terdiri dari nasi, megono, kuah pedesan dan daging otot bening (sejenis kikil). Untuk rasanya orang pekalongan akan bilang “sedepe pok” alias enak banget.

2. Tauto Kunawi

Tauto Pekalongan
Tauto Daging Pekalongan | FOTO: @virinabonitaa

Ada beberapa penjual Tauto yang melegenda di Pekalongan, salah satunya Tauto Kunawi. Warung Tauto Kunawi berada di Klego Gang 5, kamu jangan kaget kalau mampir di warung ini pasti akan sesak dengan para pelanggang setianya. Hampir ratusan porsi Tauto akan ludes di beli pelanggan setiap harinya. Kamu dapat memesan Tauto sesuai selera kamu, ada tauto daging, Tauto Ayam, atau Tauto Jeroan. Untuk tiap porsinya di jual Rp. 18.000,- aja.

3. Tauto Tempe Tahu Apang

Soto Tauto Pekalongan
FOTO: Farah Noersativa

Selain ada Tauto Ayam, Daging atau Jeroan, ada juga nih Tauto Tempe Tahu dari Warung Tauto Apang. Meski hanya warung kaki lima, tetapi Warung Tauto Apang sudah dari dulu terkenal sebagai penjual Tauto yang enak. Tak heran sekelas pejabat maupun para pengusaha sukses di Pekalongan hobi makan di sini. Tauto Apang di bandrol dengan harga Rp. 6.000,- saja.

Baca juga : Daftar Pilihan Homestay dan Guest House Terbaik di Pekalongan

Tauto Tempe Tahu Apang yang disajikan selagi panas sehingga banyak orang yang telah mencobanya menjadi ketagihan. Letakny di pinggir Lapangan Sorogenen bagian utara Kota Pekalongan.

4. Sop Kaki Kambing Bang Kaliri

Sop Kaki Kambing Bang Kaliri
FOTO: Dian Islamiyati

Bagi kamu yang kepingin menu kuliner yang berkuah-kuah selain Tauto dan Garang Asem, Sop Kaki Kambing Pak Kaliri bisa menjadi pilihanmu. Sop Kaki Kambing ini sudah puluhan tahun berdiri di sebuah gang depan lapangan monumen juang Kota Pekalongan. Makanan ini sangat gurih di lidah, bagi yang hobi kuliner super wajib mencicipi sop kaki kambing ini. Tapi awas nanti kamu bakal kangen kalo sudah mencobanya sekali.

5. Es Durian Merak

Es Duren Merak
FOTO: Awong Jose

Keberadaan kedai ini sudah ada sejak tahun 1980-an dan dirintis oleh Ibu Suswati yang merupakan mertua pemilik kedai. Es durennya segar banget, dipadukan dengan sirup, kelapa muda, cincau hitam dan alpukat. Warung Es ini berada di jl. Merak Belakang Kantor Pos Kota Pekalongan. Menawarkan berbagai macam es, ada Es Kopyor, Es Campur, Es Durian Alpukat, dan yang paling terkenal adalah Es Duriannya. Untuk harga di jamin tidak menguras kantong karena sesuai dengan kelezatannya.

6. Es Santan Kauman

Es Santan Pak Rasdi Kauman
Es Santan Pak Rasdi Kauman | by Triaz

Jika Anda melewati alun alun kota Pekalongan siang hari, jangan lupa mampir di Es Santen Durian Kauman. Tepatnya di pojokan perempatan lampu merah kauman. Sudah beberapa genarasi es santan ini di turunkan. Untuk rasanya sangat segar dan ada rasa khas yang sangat nikmat untuk di minum.

7. Pindang Tetel Pak Jai

Pindang Tetel Pak Jai

Pindang Tetel merupakan salah satu makanan khas dari kota pekalongan yang sudah sangat terkenal selain Garang Asem, Tauto dan Megono. Kelezatan Pindang Tetel Pak Jai bisa kamu nikmati di lapaknya yang berada di sebelah utara perempatan Buaran jika siang hari, sedang malam hari kamu bisa menemuinya di depan Purimas Banyurip. 1 porsi murah meriah, hanya Rp. 8.000,- saja kamu bisa merasakan lezatnya tetelan daging sapi dengan kuah kaldu yang dibumbui dengan Kluwek.

8. Garang Asem Masduki

Garang Asem Pekalongan
Wujud Garang Asem Pekalongan

Banyak orang melihat garang asem kok bentuknya gak pake daun? Garang Asem Masduki memang berbeda, selain bentuknya berbeda isinyapun berbeda. Makanan ini bersisi daging sapi, kikil,jeroan,telor, cabai utuh, dan kuah yang hampir mirip dengan rawon. Untuk rasa joss tenan, bikin seger di badan setelah menyantapnya. Lokasi Garang Asem ini ada di alun alun Kota Pekalongan.Monggo mampir ya guys. Baca : Garang Asem Masduki Kota Pekalongan.

9. Sop Buntut Bu Leman 

Sop Buntut Bu Leman
FOTO: Daniel Prabowo

Tempat makan ini sangat fenomenal dengan sajian Sop nya yang legend banget di Pekalongan. Sop Buntut Bu Leman ini berada di Jalan Dokter Wahidin No.91 D, Noyontaan, kamu bisa merasakan segar dan lezatnya Sop yang nikmat abis. Tak hayal jika konon disinilah tempat langganan para pejabat setempat karena rasa sop buntutnya terasa segar dan lezat. Jenis sop buntut yang tersedia disini ada tiga macam, yaitu sop buntut biasa, sop buntut spesial dan buntut goreng. Sop buntut biasa menggunakan buntut dan campuran daging.

10. Nasi Goreng Pak Chudori

Nasi Goreng Pak Chudori
FOTO: candra_asyhari

Jangan harap Anda akan segera mendapatkan makanan ini dengan cepat, karena puluhan orang akan mengantri ketika akan memesan makanan di sini. Warung ini di buka sekitar jam 18.00 WIB. Selain nasi goreng Anda bisa memesan mie goreng, mie godog, capcay dll. Untuk kualitas rasa Anda tidak bakal kecewa merasakannya. Lokasinya di l. Dr. Wahidin sebelum perempatan posis sebelah kanan.

Baca juga : Tempat Ngopi Pedesaan Warkop Senandung Rindu

11. Kios Nasgor Kustiani

Nasi Goreng Kios Kustiani
FOTO: Ivan Jonathan

Salah satu warung Nasi Goreng dengan cita rasa yang sangat enak dan sedap yakni Kios Kustiani yang beralamatkan di Jalan angkatan 45 – Kota Pekalongan atau dari bank BTN belok ke utara 150 meter. Masakan Nasi goreng nya sangat enak dan lezat, Capcay atau Mie Kuahnya pun tak kalah lezatnya, hal ini karena di Kios Kustiani ini memasaknya masih menggunakan bara arang yang tradisional dipadukan dengan bumbu sedap sehingg aroma dan rasa masakannya sangat menggugah. Warung ini buka mulai pukul 17:00 – 23:00, setiap malam warung ini tak pernah yang namanya sepi, maklum karna memang masakannya benar-benar lezat.

12. Gulai Kacang Hijau Pak Soleh

Gule Kacang Ijo Pak Soleh
FOTO: Ano Sajid

Menu gule kacang ijo sama dengan bubur kacang ijo biasa dan yang menjadikannya tidak lazim adalah kuah-nya. Kalau bubur kacang ijo umumnya disiram dengan santan kelapa maka makanan khas Pekalongan ini bubur kacang ijonya disiram dengan kuah gulai. Sementara untuk teman lauknya umumnya dengan daging kaki kambing atau daging kepala kambing yang dicincang untuk kemudian ditaburkan di bubur kacang hijau yang sudah disiram dengan kuah gulai tadi, hmmm yummmi……Alamatnya di krapyak kidul gg.9 depan Masji Aulia.

Baca juga : Kumpulan Resep Kuliner Khas Pekalongan

13. Sego Rakyat Mbak Ibah

Sego Rakyat Mbak Ibah
FOTO: Akbar Gemilang

Sego Rakyat Mbah Ibah ada di Sudut kota Pekalongan. Letaknya sebelah selatan Lapangan Sorogenen Pekalongan. Kedai kaki lima sederhana yang ada di sudut kota ini sangat ramai sekali , buktinya banyak yang harus mengantri untuk mendapatkan makanan yang dimau. Oh iya disini banyak menu makanan yang disajikan untuk pilihan pelanggannya mungkin macam warung tegal gitu, tapi disni lebih banyak menu makanan yang khas Pekalongan. Kenapa dinamakan Sego Rakyat, karena disini memang murah meriah, 10ribu bisa kenyang disini.

14. Sate dan Gulai Kambing Pak Boy

Sate Kambing Pak Boy
FOTO: Revaldi Muhammad

Sate di Pekalongan sagat bermacam-macam, tapi salah satu yang recomended sate ini.Dagingnya empuk, rasanya nyampleng, cocok bagi yang hobi kulineran. Sate di kedai ini menggunakan kambing muda sehingga daging yang dihasilkan empuk, gurih, dan pastinya minim lemak. Selain menu Sate, kamu juga bisa memesan menu Gulai Kambing yang super enak. Lokasi Jl. Cempaka Poncol – Kota Pekalongan (timur lapangan sorogenen).

15. Mie So Mbak Inah Krapyak

Mie So Kuliner Khas Pekalongan

Kudapan ini terasa seperti perpaduan bakso dan tauto pekalongan dicampur mie usek dan kulit melinjo. Segar, nikmat, dan gurih, akan memuaskan lidah dan perut ketika kita mencobanya. Lokasi Mie so ini ada di Kuliner Mie So Ina (Mie So Bandara) Krapyak gang 3 atau selatan persis Masjid Aulia atau ke krapyak gang 9 dengan nama warung Mie So Bu Mah yang murah meriah.

16. Nasi Kebuli dan Ayam Bakar RM Puas

Nasi Kebuli RM Puas
FOTO: Chairul Bahy

Rumah makan ini terkenal dengan nasi kebulinya, tapi jangan salah menu ayam bakarnya sangat recomended. Rasa manis,gurih, pedas sangat sulit diterjemahkan, mungkin saking enaknya. dan untuk Nasi Kebuli, jangan ditanya deh, Rasa gurihnya nasi dan daging beserta acar sungguh menggoyang lidah. Silahkan mampir ke Jl.Surabaya Kota Pekalongan.

17. Warung Makan Pecak Ikan Kergon

Pecak Ikan Panggang kergon
FOTO: Ivan Jonathan

Lokasinya di Jl. Jawa, Kergon Kota Pekalongan. Di Warung ini bnayak menyediakan berbagai menu makanan khas dari Pekalongan. Tetapi yang paling di rekomendasikan adalah Menu Pecak Ikan Panggangnya, kelezatan ikan pari / tongkol dipadu dengan rasa pedas sambel yang luar biasa sensasinya. Masalah rasa dijamin top deh, kamu bakal kangen dengan menu ini.

18. Ayam Karang Menanci RM Panderasa

Ayam Karangmenanci
FOTO: Fransi Arsani

Daging ayamnya begitu empuk tapi tidak hancur, dengan bumbu kaya rempah yang meresap sampai ke tulang dan mengeluarkan semburat rasa manis yang pas berpadu dengan sedikit cubitan pedas dan rasa gurih yang benar-benar memanjakan indera pengecap. Ayam Karang Menanci adalah salah satu resep kuliner khas Pekalongan yang sudah hampir punah dan coba dibangkitkan lagi oleh rumah makan ini. Jika kamu ingin mendapatkan makanan ini silahkan mampir ke  Rumah Makan Panderasa di  Jl.Imam Bonjol 47 Pekalongan.

19. Es Gosrok Santan Banyurip

Es Gosrok Banyurip

Es Gosrok Santan disini sebenarnya sama dengan es gosrok pada umumnya yakni es yang dihancurkan dengan cara di gosrok kemudian dicampur dengan resep sirup dan santan. Dan yang menjadi khasnya adalah es ini tidak akan kamu temui dimana pun. Es Gosrok Banyurip ini sudah ada dan secara turun temurun tetap di jual dengan rasa yang tidak berubah. Kamu bisa merasakan sensasi segar dari Es Gosrok ini di jalan raya Banyurip (selatan pasar) dari siang sampai malam hari.

20. Nasi Uwet Zarkasi

Nasi Uwet Zarkasi Khas Pekalongan

Nasi Uwet Zarkasi wujudnya seperti nasi biasa, kemudian diberi sayur, daging kambing dengan kuah berwarna cokelat. Daging kambing ditambah babat, jeroan diikat usus. Dibandingkan dengan gulai ada beberapa perbedaan. Gulai dagingnya hanya diiris biasa tanpa diikat dan kuahnya dengan santan. Tetapi uwet memasaknya tanpa santan, sehingga terasa segar. Daging diikat atau di ‘uwet’ itulah mungkin asal mula namanya. Alamat Nasi Uwet Zarkasi Jl.Sulawesi Kota Pekalongan.

21. Nasi Pecel Turi Warung Barokah

Pecel Turi Warung Barokah Wiradesa
FOTO: Abadi Abadi

Warung Makan Barokah Wiradesa yang terkenal dengan Nasi Pecel Turi dan Sate Kambingnya, lokasi kalau dari arah Semarang setelah Kota Pekalongan di kiri jalan setelah perempatan Pasar Wiradesa. Jika sudah agak kesiangan, sekitar jam 1.30 banyak makanannya yang udah abis, termasuk Pecel Kembang Turinya. Menu lain yang disediakan ada Sate Kambing, Garang Asem, Sayur Asem, Pecak Ika Panggang dll.

22. Martabak Ibrahim

Martabak Ibrahim
FOTO: Discover Pekalongan

Martabak apa yang paling melegenda di Pekalongan? Orang lokal tanpa ragu pasti menjawab: Martabak Ibrahim.
Pak Ibrahim menjadi bukti nyata percampuran budaya kota pesisir Pekalongan pada masa silam, yang telah melahirkan kelezatan beragam kuliner dengan cita rasa yang unik pula. Martabak Ibrahim hingga saat ini masih menggunakan resep dari India yang telah bertahan selama hampir 50 tahun.

24. Bothok Bongkrek Mbak Isah

Botok Bongkrek Pekalongan
FOTO: Mechtadeera

Bothok Pekalongan, rasanya gurih, manis, pedas dan segar, pokoknya kenikmatan Botok Bongkrek tidak akan kalah dari Mie Kenyol ataupun Megono. Isian Botok Bongkrek di tiap warung mungkin akan berbeda-beda, namun isian dasar dari kuliner ini adalah irisan Putren (Jagung muda), Melinjo (So), mentimun,  dan yang pastinya Bongkrek itu sendiri. Di sana, kalian bisa mencicipi Botok Bongkrek ini dengan Kluban, maupun Pindang Tetel. Lokasi di Pekajangan Gang 10.

25. Es Sekoteng Pak Woh

Es Sekoteng Pak Woh

Sekoteng Pak Wan ini berisi Susu, Sirup, Roti Tawar potong dadu, Biskuit dan Miswa. Sirup yang digunakan adalah sirup hasil racikan sendiri dari resep turun temurun dari generasi ke generasi. Sedangkan Mieswa adalah bahan untuk campuran roti yang berbentuk seperti mie kering. Wedang Sekoteng Pak Wan berada di Jalan Kenanga Klego Kota Pekalongan. Baca selengkapnya tentang Sekoteng Pak Woh Pekalongan.

Baca juga : Daftar Cafe Hits Dan Tempat Nongkrong Di Kota Pekalongan

Jam buka disini hanya pada pagi – malam hari hari. Disini juga menyediakan kuliner pekalongan lainnya seperti nasi megono, sotong, kikil. Dengan hanya Rp. 15.000 saja, kamu sudah bisa dapat Sekoteng, nasi megono campur, dan gorengan. Kenyang, nikmat, hemat dan bersahaja. (FYI jika cuma Sekoteng aja harganya sekitar 7.000an per porsi)

26. Kopi Tahlil PPIP

Kopi Tahlil Pekalongan
FOTO: Discoverpekalongan

Jika datang ke Pekalongan belum sempat mencoba Minuman kopi ini maka kamu belum afdol main kesini. Banyak penjual Kopi Tahlil di Pekalongan, tapi yang menjadi rekomendasi saja adalah Kopi Tahlil PPIP. Disini bumbu rempah dalam kopinya begitu nikmat dan sangat lezat. Rasanya bisa bikin badan segar dan meningkatkan stamina tubuh yang kelelahan. Lokasi di Jalan Agus Salim (Emperan depan Gedung PPIP Sorogenen), buka tiap sore – malem.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Kuliner Murah Meriah Khas Pekalongan

Gimana, apa kamu sudah tergiur dengan Kuliner Pekalongan ini ? Pasti bikin perut jadi keroncongan bukan ? Yuk, mana yang akan menjadi buruan pertama mu disini. Atau ada yang belum masuk list diatas monggo bantu komennya ^^

Salam Cinta Pekalongan

▼ Bagikan ini ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

2 comments

  1. Pulang ke Pekalongan rasanya kangen banget sama makanan2 itu. Terutama Pindang tetel dan Tauto. Maknyuss bangetlah 😀

  2. jadi kapan terakhir makan pindang tetel nih kak ? 😀

TULIS KOMENTAR