Home > Pariwisata > Daftar Tempat Wisata Alam yang Menarik di Pekalongan
pasang iklan di cintapekalongan.com

Daftar Tempat Wisata Alam yang Menarik di Pekalongan

Cintapekalongan.com – Jika kamu sedang bingung mau mencari tempat wisata Di Pekalongan yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan kamu, maka mengunjungi panorama keindahana Alam Pekalongan bisa menjadi pilihan utamanya.

Pegunungan hijau dengan hutan yang masih asri memagari wilayah Pekalongan turut menyumbang daya tarik pengunjung untuk datang ke tempat wisata alam Pekalongan seperti air terjun dan pemkamungan bukit yang menakjubkan dari ketinggian.

Kamu bisa menjumpai banyak destinasi wisata disini, mulai dari heritage, curug, pantai, hingga museum dan batiknya yang melegenda. Semuanya bisa kamu coba kunjungi agar liburan menjadi semakin berkesan.

Terletak di jalur pantura dan memiliki Stasiun kereta, membuat Berwisata ke Pekalongan menjadi salah satu tempat wisata yang mudah dijangkau oleh para wisatawan, baik yang berasal dari wilayah sekitar Pekalongan maupun luar Pekalongan seperti Jawa Barat, Maupun Jawa Timur.

Perlu untuk diketahui bahwa ada banyak tempat wisata di Pekalongan yang sangat instagramable dan cocok dipilih sebagai tempat untuk menghabiskan weekend atau liburan bersama keluara maupun teman-teman kamu.

Baca juga : Wisata ke Dieng Lewat Jalur Pekalongan

Berikut beberapa Tempat Wisata Alam yang Menarik di Pekalongan yang bisa kamu coba kunjungi pokoknya instagramable banget. Silahkan bisa dipilih atau semuanya kamu coba kunjungan liburan bisa menambah pengalaman baru.

1. Curug Bidadari

Wisata Curug Bidadari Jolotigo Pekalongan
Curug Bidadari Jolotigo | by @wahyu__skak

Curug Bidadari Talun tepatnya di Jolotigo sering disebut dengan Curug Batu Dinding Kolam Lima karena terdapat sebanyak lima buah ceruk aliran air di sekitar air terjun yang menyerupai kolam renang. Sementara di kanan kiri air terjun merupakan tebing yang menjulang tinggi. Air yang sangat jernih dengan suasana yang sangat alami, tempat ini cocok untuk me-refresh tubuh kita. Baca Selengkapnya Tentang Wisata Curug Bidadari, Disini.

Lokasi: Desa Purbo Jolotigo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

2. Curug Madu

Wisata Curug Madu
Wisata Curug Madu

Wisata Alam Curug Madu Resmi Lemah Abang Doro yang satu ini bisa menjadi alternatif kamu ketika ingin hangout menikmati alam sekitaran Pekalongan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Lokasi Curug Madu tepatnya berada di Dukuh Lemah Abang, Desa Lemah Abang Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan.

Lokasi yang tidak jauh dari pusat kota Pekalongan bisa menjadikan Curug Madu sebagai pilihan kamu dalam melampiaskan penat perkotaan. Kurang lebih 30 – 40 menit berkendara dengan sepeda motor atau mobil, sobat bisa sampai disini menikmati udara segar, pepohonan hijau sepanjang perjalanan hingga suara gemercik air terjun yang menenangkan hati. Baca Selengkapnya Tentang Wisata Curug Madu, Disini.

3. Rafting Lolong

Arung Jeram Pekalongan

Wahana Wisata Arung Jeram Pekalongan sebagai salah satu unggulan untuk rekreasi air di wilayah Jawa Tengah khususnya Pantura dan sekitarnya. Wahana Rafting Lolong yang dikelola oleh Lolongadventure ini telah menjadi tempat untuk sobat yang ingin memacu adrenalin menyusuri aliran sungai Sengkarang bersama kawan-kawan penuh kegembiraan dan pengalaman seru.

Wisata Rafting atau Arung Jeram adalah wisata olahraga yang cocok untuk sobat penyuka olahraga air. Tak hanya olahraganya saja yang didapat melainkan pengamalan rekreasi dan wisatanya juga bisa sobat dapatkan. Baca selengkapnya Tentang Wisata Rafting Lolong, Disini.

4. Bukit Watu Ireng

Wisata Watu Ireng
Pemandangan di Watu Ireng | Foto By Sarbu Riyono

Keberadaan Bukit Monolit atau batu tunggal berukuran yang sangat besar menjadi daya tarik tersendiri di Pekalongan, apalagi berwarna hitam pekat yang mempesona.

Bukit dengan luas sekitar 2 hektare ini terdiri dari batu tunggal yang sangat keras dan berwarna hitam.Uniknya, pada beberapa bagian di atas bukit yang ditumbuhi semak belukar ketika diinjak dengan kaki yang menghentak akan menimbulkan bunyi “dung-dung” seperti gong.

Ada banyak cerita dan mitos yang beredar tentang keberadaan Watu Ireng ini. Konon di puncak bukit terdapat celah atau mulut goa yang menghubungkan dengan dasar bukit. Dimana pada bagian dalam goa terdapat seperangkat gamelan dan beberapa pusaka kuno. Pada malam tertentu, puncak bukit Watu Ireng juga sering digunakan untuk meditasi. Baca selengkapnya tentang Wisata Watu Ireng Pekalongan, Disini.

Lokasi: Desa Lambur, Kkamung Serang, Pekalongan, Jawa Tengah.

5. Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan Kandangserang
Bukit Pawuluhan Kandangserang – by agungsaputrra

Bukit Pawuluhan menjadi salah satu destinasi wisata alam di Pekalongan yang menjadi tempat favorit para pecinta alam untuk berburu golden sunrise yang mempesona.

Terletak tidak jauh dengan Watu Ireng, Bukit Pawuluhan bisa dikunjungi siang hari. Disana pengunjung akan diajak menikmati keindahan alam yang asri dan sejuk. Dan tidak menutup kemungkinan di tengah perjalanan akan menjumpai sekawanan monyet liar di pepohonan pinggir jalan. Baca selengkapnya tentang Wisata Bukit Pawuluhan, Disini.

Lokasi: Desa Gembong, Kkamungserang, Pekalongan, Jawa Tengah.

6. Linggo Asri

Linggo Asri Pekalongan
Linggo Asri Pekalongan | by desy_adella

Ada banyak tempat seru yang bisa kamu explore di lokasi wisata ini. Dengan fasilitas yang tersedia cukup lengkap, maka kemudahan serta kenyamanan berwisata disini bisa terjaga.

Disini terdapat taman hutan yang sejuk dan asri, juga ada play ground, kolam renang, kebun binatang, jalur trecking, camping ground, taman bunga yang instagramable hingga fasilitas outbound yang memacu adrenalin.

7. Kali Paingan

Kali Paingan Pekalongan
Kali Paingan Pekalongan | by lielyliyana

Wisata Kali Paingan merupakan salah satu wisata alam dengan menyuguhkan sausana sungai yang menentramkan hati. Sungai yang dikelilingi pepohonan hijau ini mampu menjadi alternatif wisata bagi keluarga, karena fasilitas yang tersedia disini sudah cukup lengkap dan ramah anak.

Dengan kondisi alam yang masih asri dan sejuk lokasi wisata ini menjadi pilihan yang tepat bagi keluarga, pelajar, karyawan maupun pribadi. Lokasi Wana Wisata Pendidikan Kali Paingan menyajikan obyek wisata berupa pemkamungan alam seperti hutan, sawah maupun sungai.

Disamping itu sebagai pendukung kegiatan di lokasi Wana Wisata Pendidikan Kali Paingan telah di lengkapi dengan fasilitas aula, gazebo untuk melepas lelah dan penat, wahana arung jeram (Fun rafting), jungle tracking, camping ground, outbound (fun outing, gathering, outbound kids, dan outbound training) dan flying fox.

8. Welo River

Weloasri Welo River Petungkriyono - by awoxsa
Weloasri Welo River Petungkriyono – by awoxsa

Spot Welo River merupakan surganya bagi penyuka tantangan air, disini pengunjung dapat bermain air seperti Tubing atau River Tracking maupun bermain lompatan air di kolam bebatuan yang ciamik.

Dengan 2-3 KM panjang track tubing, pengunjung akan diajak memacu adrenalin bermain air selama 3-4 jam. Dimulai dengan menceburkan diri di salah satu Kedung (kolam) yaitu yang paling terkenal adalah Kedung Gede kemudian dilanjut dengan menyusuri sungai menggunakan karet ban.

Pengunjung akan diberi pengarahan dan perlengkapan keamanan serta guide yang siap membantu. Dengan air jernih bewarna kehijau dan terkadang kebiruan bak bensin pertamax sangat menarik hati untuk menyegarkan badan mandi disana. Baca selengkapnya tentang Wisata Welo river Petungkriyono, Disini.

9. Kedung Sipingit

Kedung Sepingit Petungkriyono
Kedung Sepingit Petungkriyono | by susilo.raden

Kedung Sipingit dikenal juga dengan julukan Black Canyon from Pekalongan, tempat ini bisa jadi tempat liburan alternatif bernuansa air, disini menyuguhkan kejernihan dan kolam air yang menyegarkan, selain itu cocok bagi kamu yang suka dengan suasana adventure.

Lokasi kedung atau kolam air Sipingit diapit dengan tebing batu yang bisa kamu susuri dengan deras berwarna hijau kebiruan, bisa memacu adrenalin. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini. Seperti berenang, trekking, body rafting, river tubing hingga memancing. Baca selengkapnya tentang Wisata Kedung Sipingit Petungkriyono. Disini.

Lokasi: Desa Kayu Puring, Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah.

10. Curug Lawe

Obyek Wisata Curug Lawe jauh terkenal dengan Pohon Selfie dan pinus payungnya. Wahana Pohon Selfie Curug Lawe, sensasi berfoto dengan pemkamungan hijau kebiruan dari atas pohon ditepi jurang, jika kamu takut dengan ketinggian tidak disarankan untuk mencobanya.

Namun bagi yang punya fisik kuat, menyusuri jalan setapak dan berundak bisa menjadi tantangan tersendiri. Karena untuk menuju ke Curug Lawe harusnya melewati jalan yang terjal dan sedikit naik tebing bebatuan. Semuanya akan terbayar jika kamu berhasil sampai disana, sajian indah air terjuan akan kamu dapati.

11. Curug Bajing

Wisata Alam Petungkriyono

Curug yang berarus air deras dan sangat tinggi ini indah dan mempesona sekali karena masih alami dengan tebing batunya yang tinggi besar serta pepohonan disekitarnya.

Curug Bajing memiliki spot untuk memuaskan pe-hobi selfie karena ada Pohon Selfie hingga spot foto berbentuk hati yang jelas berlatang keindahan alam sekitar Curug Bajing. Namun yang menjadi favorit pengunjung ialah spot photo kayu dengan latar belakang deras air terjun Curug Bajing dan Tulisan “Curug Bajing”. Baca selengkapnya tentang Wisata Curug Bajing Petungkriyono, Disini.

12. Curug MuncarView Curug Bajing Petungkriyono

Salah satunya dari tempat-tempat yang menajubkan di petungkriyono ini adalah Curug Muncar. Curug Muncar sendiri berada di lereng Gunung Ragajambangan pada ketinggian 1249 m diatas permukaan laut.Ada beberapa situs air terjun di kawasan ini,namun salah satu yang terbesar dan banyak dikunjungi ialah Curug Muncar. Untuk rute perjalanan ke curug muncar ini sudah sangat mudah, dan kini akses jalannya pun juga sudah bagus.

Ditempat ini pengunjung akan disuguhkan pemkamungan alam berupa air terjun yang memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan air terjun di belahan bumi lainnya, dengan sumber air yang bernama sumber air rogo jembarang, yang mempunyai tiga tingkatan yakni telogo lumbu, kalibanteng dan telogo lawe dengan ketinggian air terjun 100m. kawasan air terjun ini jiga dilengkapi camping ground dengan MCK, pendopo, pos jaga, dan tempat bermain. Baca selengkapnya tentang Wisata Curug Muncar Petungkriyono, Disini.

13. Telaga MangunanSpot Wisata Telaga Mangunan

Wisata yang Hits Pekalongan di beberapa waktu terakhir ini ialah Telaga Mangunan. Banyak yang seakan kaget dan sangat mengusik rasa penasaran karena bagaimana bisa ada sebuah Telaga di tanah Pekalongan dalam hal ini berada di pegunungan Petungkriyono.

Akses jalan menuju kesini ke Wisata Telaga Mangunan terbilang sangat mudah, dengan jalanan aspal yang bisa dilalui dengan nyaman oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Wisata Telaga Mangunan ini sungguh menarik, karena merupakan wisata alam yang berbeda yang ditawarkan Pesona Petungkriyono. Danau yang luas dengan dikelilingi tebing gunung Kendeng lengkap dengan pepohonan hijau menjulang tinggi dan tak ketinggalan pula kabut yang terkadang turun menyelimuti tebing hingga Telaga setelahnya kembali naik keatas lagi. Baca selengkapnya tentang Wisata Telaga Mangunan Petungkriyono, Disini.

14. Puncak Tugu

View di Puncak Tugu

Bagi penghobi camping, Puncak Tugu bisa menjadi alternatif tempat camping di alam Pekalongan. Berada di Pegunungan Kendeng yang terletak di sebelah selatan Kecamatan Petungkriyono, yaitu tepatnya berbatasan dengan kota Banjarnegara. Lokasi Puncak Tugu tidak jauh dengan Telaga Mangunan.

Untuk menuju atau mendaki ke puncak para pendaki bisa melalui Basecamp Sikucing yang berlokasi di Dusun Sikucing Desa Yosorejo Petungkriyono. Dusun Sikucing adalah merupakan dusun kedua dari Tugu Pahlawan satu arah untuk menuju Desa Rogojembangan.

15. Bengkelung Park

Bengkelung Park Rogoselo Doro Pekalongan
Bengkelung Park | by pernahkurrus

Bengkelung Park merupakan Wisata Baru, tetapi pengunjung sangat antusias datang kesana. Berbagai spot bagus tersedua yang dapat kamu jadikan sebagai spot berfoto selfie. Misalnya gardu pandang, jembatan kayu, papan nama Bengkelun. dan air terjun mininya. Disini kamu bisa puas bermain air alami dari pegunungan yang jernih dan menyegarkan. Pastinya bisa untuk refreshing dengan biaya terjangkau.

Bagaimana apakah kamu sudah ingin liburan lagi ? Spot Wisata Pekalongan mana yang menjadi favorit mu ? Selain mengunjungi destinasi Tempat Wisata Pekalongan diatas, kita juga bisa mengeksplorasi Wisata Pekalongan yang lainnya seperti Batik, Religi dan melengkapinya dengan wisata kuliner khas Pekalongan.

Baca juga : 7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Populer

Salam Cinta Pekalongan

Masih bingung dan penasaran tentang Tempat Wisata Pekalongan yang menarik ? Langsung saja cek sendiri kesana biar tahu bagaimana asyiiknya disini  ^_^, kami siap antar jadi pemandu anda, more info Klik Disini

▼ Silahkan DiBagikan ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com

Check Also

Spot Wisata Telaga Mangunan

Informasi Lengkap Wisata Telaga Mangunan Petungkriyono

Cintapekalongan.com – Wisata yang Hits Pekalongan di beberapa waktu terakhir ini ialah Telaga Mangunan. Banyak ...

Wisata Rafting Pekalongan

Wisata Arung Jeram Lolong Pekalongan

Cintapekalongan.com – Ada yang belum pernah nyobain main rafting di lolong adventure ? Wah kayaknya ...