30 Daftar Tempat Wisata Batang Favorit dan Populer 2020 – Cintapekalongan.com - Media No.1 Referensi Pekalongan
Home INFO BATANG 30 Daftar Tempat Wisata Batang Favorit dan Populer 2020
Wisata Sri Gunung Batang

30 Daftar Tempat Wisata Batang Favorit dan Populer 2020

Tempat Wisata Batang – Nama Batang mungkin belum terlalu familiar dan seterkenal layaknya Pekalongan. Dari segi budaya dan pariwisata, Kabupaten Batang ternyata punya banyak sekali potensi yang menarik.

Kabupaten yang memiliki kawasan dalam garis Pantai Utara (Pantura) ini memiliki cukup banyak tempat-tempat wisata yang seru untuk dikunjungi. Batang memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang belum diketahui orang, sehingga masih banyak yang belum mengenal dan mengetahui akan keindahan dan tempat-tempat keren yang ada di Batang.

Banyak Spot objek wisata Batang dengan tempat yang keren dan Instagamble, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata lengkap dengan sejuk udara yang bikin betah ini harus segera kalian explore.

Baca juga : Inilah 10 Tempat Kuliner di Batang Paling Direkomendasikan untuk Wisatawan

Jika dalam waktu dekat kamu berencana mampir atau mudik melewati jalur pantura Batang, mungkin kamu harus mendatangi rekomendasi tempat wisata di Batang berikut ini yang telah kita kumpulkan untuk para Traveller.

Wisata Pantai Batang

1. Pantai Ujung Negoro

Tempat wisata di Batang yang pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Ujung Negoro. Berada di Pantai Ujung Negoro, para wisatawan bisa bebas melakukan beragam aktifitas keren seperti memancing di area batu karang yang berada di sisi tebing samping pantainya, kemudian menelusuri goa, serta mendaki bukit untuk melihat pemandangan laut lepas yang mempesona dengan air yang kehijauan lengkap dengan PLTU yang tepat berada tak jauh dari pantai ini. Atau kamu bisa bermain air dengan pasir pantai yang alami.

Selain itu, berkunjung kemari, Wisatawan juga bisa datang langsung  ke sentra pembuatan terasi, tepat di samping pantai tersebut, dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh dari batang.

Pantai Ujung Negoro terletak di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman, sekitar 12,8 kilometer dari pusat kota. Jika dari Jalur Pantura pantai ini bisa dijangkau hanya 15 menit.

2. Pantai Sigandu

Pantai Sigandu sangat terkenal sejak lama dalam daftar wisata di Batang. Berada sekitar 2 kilometer sebelah utara Batang, Dari Jalur Pantura (Alun-alun Kota) hanya 10-15 menitan untuk menuju pantai ini Hits ini.

Pantai Sigandu menampilkan pesona pantai pasir dengan panorama matahari terbit juga terbenamnya yang sangat memikat wisatawan.

Beberapa fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap, mulai tempat parkir, Mushola, toilet, hingga resto yang menawarkan sajian Seafood yang lezat. Pantai ini juga cocok untuk berwisata keluarga terutama yang memiliki anak kecil. Bersebelahan dengan Batang Dolphin Centre, dari Taman Safari Indonesia, sehingga wisatawan bisa sekalian untuk mengunjunginya untuk melihat atraksi lumba-lumba yang legal.

3. Pantai Cemoro Sewu

Penamaan Pantai Cemoro Sewu lantaran di pantai ini terdapat banyak pohon cemara (dalam bahasa Jawa disebut Cemoro). Dahulu, pohon-pohon ini ditanam untuk mencegah abrasi pantai yang kian meresahkan. Namun sekarang ini, pohon-pohon cemara tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan sehingga menjadikan Pantai Cemoro Sewu terlihat indah dan memberikan suasana sejuk komplit dengan angin semilirnya yang khas.

Baca juga : 7 Makanan Khas Batang Yang Terkenal Enak dan Menggoda Selera

Berada di Pantai Cemoro Sewu, Kamu bisa melakukan hal-hal keren dan seru bersama keluarga atau teman-teman seperti mendirikan kemah, hammocking, dan outbound seru di bibir pantainya.

Bagi penghobi mancing mania, di Pantai Cemoro Sewu ada spot yang cukup terkenal sebagai tempat memancing, Karang Maheso namanya. Jadi wisatawan bisa juga mancing ikan di pantai ini.

4. Pantai Jodo Gringsing

Pantai Jodo ini merupakan salah satu tempat wisata pantai di Batang yang tak boleh terlewat untuk dikunjungi. Hamparan pasir yang bersih serta rimbunnya pohon cemara di sekitarnya menjadikan lokasi Pantai Jodo ini nampak indah dan memanjakan mata.

Salah satu spot yang Hits di kalangan wisatawan ialah bangunan bertuliskan Pantai Jodoh yang selalu ramai digunakan wisatawan sebagai latar berfoto ria.

Jika musim panen tiba, kamu bisa beruntung bisa mendapatkan buah semangka dan melon dengan harga murah meriah. Bisa juga digunakan untuk oleh-oleh ke rumah.

Lokasi : Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang

5. Pantai Celong

Pantai Celong Batang

Kamu belum puas dalam mengeksplor wisata pantai Batang ? Yuk, lanjut ke Pantai Celong atau sering juga disebut dengan pantai Mangunsari. Pantai ini bisa menjadi salah satu pemuas eksplorasi Wisata kamu di kabupaten Batang.

Baca juga : 10 Daftar Tempat Kuliner dan Cafe Hits Pemalang yang Instagramable

Pantai ini sangat terkenal sebagai pantainya bagi para pemancing. Sehingga kamu bisa menikmati suasana dan pemandangan pantai yang indah juga bisa ikutan memancing ikan disini. Ditambah lagi, akan ada rangkaian-rangkain kereta api yang hilir mudik melewati pantai ini. Asik bukan?

Lokasi : Desa Mangunsari, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang

Wisata Alam Batang

1. Agrowisata Kebun Teh Pagilaran

Agrowisata Kebun Teh Pagilaran

Setelah puas menjelajahi Wisata Pantai Batang, ada kebun teh yang sangat tersohor di Kabupaten Batang yang bisa kamu datangi. Kebun Teh Pagilaran namanya. Kebun teh ini berada di ketinggian di atas 600 hingga 1600 mdpl dengan total luas sekitar 1.130 hektare. Ada atraksi wisata agro yang bisa dinikmati yakni tea walk. Agrowisata ini menjadi unggulan di Kabupaten Batang.

Berada disini, kamu bisa menelusuri 6 km jalur perkebunan teh yang ada di Desa Pagilaran dengan Jaraknya tempuh sekitar 1 jam dari pusat Kabupaten Batang ke arah Selatan.

Ada suasana yang sangat sejuk, menyenangkan dan akan sayang jika dilewatkan. Beberapa wahana dan spot menarik ada disini, jadi kamu tak perlu risau tak punya moment menarik yang harus diabadikan Seperti Flying Fox, Bebek Air, hingga rumah-rumahan yang terbuat dari bambu yang instagramable. (Baca tentang Agrowisata Pagilaran).

2. Bukit Sri Gunung

Wisata Sri Gunung Batang

Bagi kamu yang menyukai tanaman dan bunga, Bukit Sri Gunung adalah pilihan tempat wisata terbaik untuk kamu. Karena Bukit Sri Gunung ini menampilkan pemandangan dengan hamparan bunga dengan latar belakang perbukitan. Ada puluhan jenis bunga yang sengaja ditanam pengelola di puncak bukit serta gazebo untuk menikmati suasana taman terebut. Bisa dibayangkan betapa kerennya tempat ini. Mungkin itu bisa menjadikan alasan kamu untuk mengunjungi Bukit Sri Gunung Batang ini.

Untuk sampai di tempat ini, kamu perlu menempuh perjalanan dari pinggir Jalan Raya Pantura Kabupaten Batang. Lokasinya tak jauh dari jalan tersebut. Nikmati pemandangan perbukitan dan abadikan momen liburan kamu disini.

3. Curug Gombong Batang

Curug Gombong Batang

Menikmati Wisata Alam Batang, Curug Gombong bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu. Jangan dipikir kalau Curug Gombong ini merupakan salah satu curug yang berada di Kebumen ya. Bisa jadi penamaannya kebetulan sama, tetapi wujudnya berbeda. Karena curug yang ada di Batang ini berada di salah satu desa yang bernama Gombong.

Curug yang berada di dekat jalur pantura Subah ini memiliki keindahan yang cukup memanjakan dan patut untuk disinggahi.

Curug Gombong Batang Memiliki dua air terjun yakni Curug Lanang dan Curug Wadon. Menuju ke tempat Curugnya, kamu harus menuruni sekitar 30an anak tangga agar sampai di tempat keren ini.

Lokasinya berada di Desa Gombong yang jarak tempuhnya sekitar 20 menit dari Jalur Pantura Subah.

4. Curug Genting

Curug Genting Batang

Curug Genting Batang ini menyajikan view yang sangat eksotis. Sempat nge-Hits sekitar tahun 2009an dan masih eksis hingga kini. Kondisi alam yang sangat mendukung yakni masih sangat alami menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke Curug Genting.

Bagi kamu yang suka dengan suasana perbukitan dan hutan hijau yang masih sepi, mengunjungi tempat wisata ini tentu menjadi salah satu agenda yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi Curug Genting berada di Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam dari pusat kota Batang. (Baca tentang Curug Genting Batang).

5. Curug Sijeglong

Curug Sijeglong Batang

Salah satu wisata alam Batang yang kamu bisa mandi sekaligus bermain air adalah Curug Sijeglong. Air terjun dengan cekungan kolam ini dikenal dengan nama Sijeglong. Tempat yang berada di desa Margosono ini merupakan salah satu tempat wisata batang yang sayang untuk dilewatkan.

Memiliki pesona air terjun yang indah serta kolam dengan air jenih pegunungan, kamu bisa menikmati dan berenang di alam bebas di curug ini.

Lokasi Curug Sijelgong berada di Desa Margosono, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang yang bisa kamu tempuh selama 1-2 jam perjalanan dari pusat kota.

6. Curug Agung

Curug Agung Batang

Rupanya, tak hanya Curug Sijeglong saja yang punya pesona indah air terjun yang bisa untuk berenang di Batang. Curug yang berada di kecamatan Bawang ini memiliki juga sejuta pesona yang sanggup menarik banyak orang untuk mengunjunginya.

Curug Agung menyuguhkan tempat yang unik yakni tempat memiliki dinding air terjun dengan kolam yang lebar di bawahnya.

Lokasi Curug Agung berada di Dukuh Pagedigan, Desa Pasusukan, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 1-2 jam dari pusat kota Batang.

7. Curug Sodong Batang

Wisata Curug Sodong

Curug ini merupakan curug yang legendaris di Batang. Karena sebelum dibukanya curug-curug yang lain, curug ini sudah terlebih dahulu terkenal di kalangan anak muda era 90-2000an. Berada disini kamu bisa menikmati gemercik air terjun dengan suasana yang asri.

Selain itu kamu bisa berburu Cengkeh, Panili dan Kapulaga yang ternyata banyak terdapat di desa Sodong tempat curug ini berada. Letak geografis ini yang cukup tinggi yakni kurang lebih 800 Mdpl serta tidak terlalu jauh dari pusat kota menjadikan desa ini asyik untuk dikunjungi untuk melepas penat dan merefresh pikiran.

Lokasi Curug Sodong berada di Desa Sodong, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang yang bisa kamu tempuh selama 30 menitan perjalanan dari pusat kota.

8. Curug Lojahan

Curug Lojahan Batang

Curug Lojahan memiliki pesona keindahan yang juga menarik untuk kamu kunjungi. Sangat di sayangkan jika kamu sedang berada di Batang tetapi tidak mampir ke wisata air terjun yang mempunyai keindahan tiada duanya ini.

Curug Lojahan memiliki air terjun dengan keindahan air setinggi 40 meter ini menjadi spot terbaik dalam melepas penat. Dipadu dengan suasana alami khas pedalaman hutan yang masih alami.

Terdapat Kolam atau kedung yang bisa digunakan untuk berenang tepat berada di bawahnya. Kedung ini memiliki kedalaman 2 meter lebih yang dipenuhi dengan air yang menyegarkan dan sangat bening sampai-sampai bebatuan yang ada di dasar kolamnya dapat terlihat.

Dilengkapi oleh dinding tebing menjulang tinggi yang dipenuhi tumbuhan hijau, juga disana terdapat cekungan mirip goa yang biasanya digunakan sebagai sarang kelelawar semakin memberi nilai tambah keeksotisan tempat wisata ini.

Wisata Sejarah dan Budaya Batang

1. Arca Ganesha Silurah

Situs Arca Ganesha Silurah

Setelah puas bermain di pantai dan curug, ada tempat wisata yang bisa kamu pilih untuk membuat liburan makin menyenangkan yaitu dengan Mengeksplor wisata sejarah dan budaya yang di. Salah satunya kamu bisa mengunjungi Cagar Budaya yang ada di desa Silurah. Cagar budaya ini merupakan salah satu peninggalan Hindu yang ada di wilayah Batang.

Kini datang tempat wisata Batang kamu bisa memilih untuk mampir dan melihat langsung Cagar Budaya yang ada yaitu Arca Dewa Siwa yang agung. Arca ini merupakan peninggalan di abad ke 9 masehi.

2. Patung Gajah Indra

Arca merupakan peninggalan purbakala pada zaman dahulu. Di Batang ada Patung Gajah Indra merupakan salah satu benda purbakala yang bisa kamu temui.

Pada kedua sisinya memiliki gambar yang berbeda yaitu pada sisi satunya terlihat manusia berjongkok tepat dibawah badan gajah yang sedang berdiri. Pada sisi lainnya, terlihat relief anak kecil yang tergambarkan diletakkan pada punggung gajah oleh tangan dewasa.

Lokasi : Tepian Sungai Kupang, Desa Brokoh, Kecamatan Wonotunggal

3. Prasasti Sojomerto

Situs Prasasti Sojomerto

Batang disebut-sebut sebagai pusat lahirnya Wangsa Syailendra. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya penemuan Prasasti sebagai bukti adanya Wangsa Syailendra di Batang. Prasasti ini berasal dari abad ke-7 M ini dituliskan dengan huruf Pallawa dengan menggunakan Bahasa Melayu Kuno.

Lokasi : Desa Sojomerto, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang

4. Batu Gamelan Batang

Tidak hanya cagar budaya di daerah Silurah saja tetapi yang bisa kamu datangi. Ada satu lagi tempat yang unik yang bisa menambah pengalaman mengeksplore Batang jadi lebih seru yakni datang ke Batu Gamelan. Tempat ini merupakan tempat wisata sejarah dan edukasi yang jarang diketahui orang. Konon katanya, penduduk sekitar sering mendengar bunyi mirip gamelan yang berasal dari batu tersebut.

Terlepas dari cerita tersebut, tak ada salahnya jika kamu ikut menyaksikan langsung dengan mengunjungi situs peninggalan dari Zaman megalithikum ini. Struktur batuan yang ada disini Mirip dengan batu yang ada di Pekalongan yakni Watu Bahan.

Lokasi : Desa Tosa, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang

5. Sentra Batik Rifaiyah

Tak hanya Pekalongan saja yang memiliki batik yang khas, Batang juga punya dan sangat unik pada Motifnya, Yakni Batik Rifaiyah. Pada dasarnya Batik Rifaiyah adalah batik yang diajarkan oleh Kiai Rifa’i. Beliau merupakan ulama yang dihormati di wilayah tersebut. Dinamakan batik Rifaiyah ini untuk menghormati sang guru yang telah mengajarkan agama Islam sambil membatik.

Kiai Rifa’i mengajarkan cara membatik kepada para murid-muridnya. Sambil membatik, para seniman batik ini mendendangkan syair-syair bernuansa Islam. Hal ini tercermin pada tiap Motif yang diciptakannya.

Motif pada Batik Rifaiyah memiliki pakem tertentu yang tidak boleh dilanggar. Yang paling utama adalah motif batiknya tidak boleh menggambarkan binatang atau mahluk hidup. Untuk itu, biasanya Corak ini akan disamarkan atau dipadukan dengan corak tumbuhan, daun, atau bunga. Cara pemakaiannya juga disarankan dengan dililit tradisional tanpa peniti dan tanpa digunting. Keunikan inilah yang menarik para wisatawan dalam dan mancanegara untuk mengunjungi Sentra Batik Rifaiyah guna melihat maupun mempelajari Seni adi luhung nya. Jadi kamu jangan ketinggalan ya kalau main ke Batang.

Wisata Air Batang

1. Kolam Renang Sendang Sari Batang

Kolam Renang Sendang Sari Batang

Kolam renang Sendang Sari salah satu spot untuk bermain dan berenang untuk anak-anak maupun dewasa. Wahana air ini berada di Indoor Hotel di Batang, jadi pengunjung tak perlu kuatir kepanasan jika berenang pada siang hari. Kolam renang sendang sari ini berada di kompleks Hotel Sendang Sari Batang, di Jl. Jend. Sudirman 29 Batang.

Biasanya akan dikunjungi masyarakat Pekalongan dan Batang pada akhir pekan atau hari libur sekolah. Terdapat 2 kolam yang bisa digunakan yaitu untuk dewasa dan anak-anak. Terdapat kafetaria yang menyediakan makanan dan minuman selama berada disana. Untuk tiket masuk, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 12.000,- / orang.

2. Gajah Mada Sport Center Batang

Kolam Renang Gajahmada Sport Center Batang

Kemudian ada Kolam renang Gajah Mada Sport Center yang selalu ramai dikunjungi masyarakat dari daerah sekitar, Kolam renang ini termasuk kolam renang indoor, atau kolam renang yang berada di dalam ruangan. Berlokasi di Perum Griya Permai Pasekaran Blok N no 8 Batang buka mulai jam 8 hingga 5 sore.

Di Gajah Mada Sport Center, kamu akan menemukan 2 buah kolam renang, yakni kolam renang untuk dewasa dan kolam renang anak-anak. Tetapi khusus kolam renang anak lokasinya berada di luar, dan dilengkapi dengan beberapa wahana seperti wahana sliding, ember tumpah, dll.

Untuk fasilitas yang disediakan sangat lengkap seperti ruang ganti, meja dan kursi pengunjung, ruang kantin, dll, sudah tersedia di lokasi tersebut.  Dan untuk harga tiket masuknya, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000,- / orang.

3. Waterboom Bina Garut

kolam Renang Bina Garut Batang

Kolam renang Bina Garut ini sendiri berlokasi di jl. Pesalakan, desa Binangun, kecamatan Badar. Jika kamu ingin berwisata air bersama keluarga dengan nuansa alam yang menyejukan, kamu dapat memilih Waterboom Bina Garut.

Tempat rekreasi keluarga yang satu ini karena fasilitas yang ada di tempat ini tergolong komplit dan akan snagat ramai dikunjungi wisatawan dari Pekalongan maupun Batang pada hari libur atau akhir pekan. Harga tiket masuknya sendiri hanya sekitar Rp 15.000 saja, buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

4. Bandar Eco Park

Kolam Renang Bandar Eco Park

Kolam renang Bandar Eco Park ini sendiri berlokasi di Jl. Bandar-Batang Wonorejo, kecamatan Bandar. Kolam renang ini adalah warisan kolonial Belanda namun fasilitas dan wahana permainan airnya sudah yang cukup modern. Yakni ada ember tumpah, seluncuran air, dan beberapa permainan air lainnya.

Baca juga : Daftar Kolam Renang di Pekalongan dan Batang Beserta Harga Tiket Masuknya

Saat ini Bandar ECO Park menjadi destinasi wisata kolam renang favorit oleh para wisatawan domestik terutama dari Pekalongan dan Batang sendiri. Bandar ECO Park  menggunakan sumber mata air yang alami. Sehingga ketika berenang disini kalian akan merasa segar dan betah berlama-lama berenang disini. Tiket masuk ke objek wisata keluarga ini, terbilang cukup murah, hanya sekitar Rp 5.000 / orang saja.

5. Pemandian Air Panas Sangubanyu

Pemandian Air Panas Sangubanyu

Ketika melakukan perjalanan ke suatu tempat atau saat mudik di jalur pantura yang sangat melelahkan, tenang saja kamu bisa mampir ke Pemandian Air Panas Sangubanyu. Pemandian ini berada di lereng pegunungan Batang. Bisa dibayangkan bagaimana sejuknya udara sekitar dan hangatnya berendam air panas untuk membuat tubuh kembali rileks dan bugar.

6. Agrowisata Selopajang

Agrowisata Selopajang

Agrowisata Selopajang ini selain menawarkan pemandangan indah pegunungan juga memiliki beberapa fasilitas pendamping yang mampu menarik datangnya wisatawan terutama wisatawan dengan keluarga seperti Kolam Terapi Ikan, Kolam Renang, Berbagai Permainan Outbound serta banyaknya buah-buahan yang bisa beli secara langsung sebagai cendera mata.

Wisata Agro Selopajang Timur terletak di Desa Selopajang Timur Kecamatan Blado, sekitar 30 km selatan ibukota Kabupaten Batang.

7. Situs Balekambang

Wisata Balekambang merupakan sebuah tempat wisata dengan menyuguhkan kolam pemandian kuno yang masih alami dan tentu menyegarkan. Menurut para ahli, kolam ini diperkirakan dibangun oleh dinasti Syailendra. Disini pula sditemukan benda cagar budaya berupa Arca Sri Vasudhara yang sekarang sudah dipindahkan ke Museum Ranggawarsita Semarang Jawa Tengah.

Saat ini Situs Balekambang menjadi pilihan para kawula muda untuk refreshing sembari berenang di segaran air yang alami.

Wisata Religi Batang

1. Makam Syekh Maulana Maghribi Wonobodro

Makam Syeikh Maulana Maghribi Ujung Negoro

Kabupaten Batang bisa dibilang surganya tempat wisata, bukan hanya wisata alam dan pantainya saja yang keren-keren dan wisata kuliner dan religinya juga sangat terkenal lho. Seperti Makam Syekh Maulana Maghribi Wonobodro ini yang selalu ramai dikunjungi orang setiap tahunnya.

Asal-usil Syekh Maulana Maghribi berasal dari Maghrib, Maroko. Ada pula yang menyebutkan bahwa beliau lahir di Samarkand. Raffles menyebutnya berasal dari Arab, dan menetap di Desa Leran, sementara J.P. Moquette menduga Malik Ibrahim berasal dari Kashan, Iran sekarang ini.

Kamu yang suka berwisata religi bisa kapan saja datang ke makam wonobodro bersama keluarga, sahabat, kerabat, atau orang terkasih. Namun puncak dari ziarah Syekh Maulana Maghribi Wonobodro itu ada di setiap tanggal 13 Syuro/13 Muharram. Panitia setempat akan menyelenggarakan khaul untuk Syekh Maulana Magribi, Sunan Kudus, Syekh Bandi Maktis, Syekh Fakir Sugih, Kyai Agung Pekalongan, Kyai Bahurekso, dan Ki Ageng Wonobodro. Dengan dilaksanakan acara Salawat, dzikir, tahlil, dan ceramah pada malam hari, dan esok paginya orang berjalan beriringan dari masjid ke makam untuk berziarah.

Makam Syekh Maulana Maghribi berada di Desa Wonobodro, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Tempatnya di kawasan perbukitan yang asri. Untuk menjangkaunya tidak terlalu sulit karena kemudahan jalur transportasi umum yang ada saat ini dengan 30-40an menit perjalanan.

2. Makam Syeikh Maulana Maghribi Ujung Negoro

Ternyata ada 2 makam dari Syekh Maulana Maghribi di Batang. Tidak aneh jika ada beberapa makam dengan nama yang sama karena Maulana Maghribi merupakan sebutan bagi dai yang menyiarkan agama islam dari Maroko.

Pantai Ujung Negoro ternyata tidak hanya menyimpan potensi wisata alamnya yang memukai tiap orang, namun bisa sekalian untuk berwisata religi disana. Makam Syekh Maulana Maghribi Ujung Negoro ini selalu ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah, terutama peziarah lokal.

Keramaikan para peziarah akan mencapai puncaknya pada bulan Syafar (bahasa jawa: Sapar), yakni tepatnya pada tanggal 15 Syafar. Bersamaan dengan ini, masyarakat setempat mengadakan tradisi selamatan untuk mensyukuri nikmat dan rizki yang telah diberikan oleh Allah SWT di kawasan makam Syeih Maulana Maghribi tersebut.

Wisata Pilihan Lainnya di Batang

1. Batang Dolphin Center

Batang Dolphin Center, tempat ini akan membawa kamu dan keluarga untuk bercengkrama bersama para lumba-lumba yang menggemaskan. Dolphin Center Batang ini menjadi salah satu tempat penangkaran lumba-lumba yang banyak disukai oleh anak-anak.

Lokasinya ada bersebelahan dengan Pantai Sigandu dan akses jalannya pun sangat mudah bisa ditempuh dengan segala ukuran kendaraan. Bagi para pemudik atau wisatawan dari luar kota yang sedang berada di Batang, bisa tuh untuk menyiapkan perjalanan wisata dengan anak-anaknya menuju Dolphin Center ini. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan.

2. Telaga Dringo

Telaga Dringo Batang

Bagi yang gemar berkemah bareng kawan-kawannya, bisa tuh untuk mencari pengalaman camping di Telaga yang satu ini. Telaga Dringo namanya. Telaga ini mirip-mirip dengan telaga ranukumbolo yang ada di mahameru. Cekungan air yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau.

Disini nanti kamu bisa menikmati ketenangan dan melihat-lihat bagaimana keindahan ciptaan Tuhan ada di sekitar lokasi tersebut. Cocok untuk kamu-kamu yang ingin sekadar santai menikmati pemandangan alam bebas.

Telaga Dringo ini berlokasi di Mojotengah Batang yang merupakan perbatasan dengan Banjarnegara. Bisa ditempuh sekitar 1-2jam perjalanan.

3. Pasar Malam Kliwonan Batang

Pasar Malam Kliwonan Batang

Kalau kamu sedang berada di Batang pada malam Jumat Kliwon, kamu jangan sampai melewatkan keramaikan yang satu ini. Pasar malem Kliwonan Batang.

Pada malam kliwon ini akan digelar pasar malam yang dipusatkan di Alun-alun Kabupaten Batang yang letaknya strategis. Banyak pedagang dari Batang sendiri maupun dari luar kota akan menggelar lapak dan menjajakan dagangannya. Mulai dari Fashion, kuliner, jajanan tradisional, hingga pernak-pernik dan permainan anak-anak.

Baca juga : 30 Tempat Destinasi Wisata di Pekalongan Terbaru 2020

Warga dari berbagai pelosok kecamatan Batang bahkan dari luar kota pun banyak yang berdatangan untuk mengunjungi pasar malam ini. Kamu jangan sampai ketinggalan ya !

Bagaimana dengan Daftar Wisata Batang diatas ? Apakah kamu siap untuk menjelajahi tempat wisata Batang yang keren-keren ini ? Kabupaten Batang surganya pecinta wisata. Mulai dari Pantai, Sejarah, Budaya, Alam hingga religinya juga komplit.

 

*Ingin Berwisata di Batang ? kami siap antar atau jadi pemandu anda, more info Klik Disini

Bagikan ini :

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan Platform media referensi tentang Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan menarikmu. Ayo kirim esai tulisanmu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

donasi cintapekalongan.com
BANTU BERI DONASI
Untuk mengembangkan media ini agar tetap bermanfaat. Terima Kasih

About Angga Panji W

Avatar
Sebagai anak Pekalongan ingin memperkenalkan potensi kota tercinta ini kepada dunia lewat konten digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang