Esensi "MASALAH" Oleh Ribut Achwandi
Mall Cintapekalongan
Ilustrasi Masalah
FOTO: batutimes

Esensi “MASALAH” Oleh Ribut Achwandi

Cintapekalongan.com – Tadi pagi, saya sempat menyambangi MAS Simbang Kulon. Saya bertemu dengan siswi-siswi MAS Simbang Kulon yang sedang berbahagia. Kami akhirnya ngobrol ngalor-ngidul tentang apa saja yang perlu kami gali lebih dalam lagi. Terutama tentang apa itu masalah.

Umumnya, mereka beranggapan bahwa masalah itu sebuah gangguan yang berasal dari luar diri. Lalu, pelan-pelan kami berdiskusi tentang apa itu masalah yang sebenarnya. Secara sederhana, saya sampaikan kepada mereka, bahwa munculnya masalah itu karena ada ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan.

Bisa jadi harapannya terlalu muluk sehingga dalam kenyataannya apa yang diharapkan itu tidak terjadi. Bisa juga faktanya sudah keren tapi harapan yang dirumuskan terlalu sederhana sehingga muncul kesan ‘kok cuma begitu’.

Ilustrasi Masalah
FOTO: batutimes

Lalu, saya ajak mereka memeriksa lagi, apa yang menyebabkan ketidakseimbangan itu? Bisa saja datang dari dalam diri atau disebabkan oleh faktor-faktor lain di luar diri. Tetapi, sebelum menuju pada faktor eks itu, alangkah baiknya periksa dulu faktor internal. Jadi, ketika datang suatu masalah, jangan buru-buru menyalahkan orang lain. Tapi, periksa dulu apa yang ada di dalam diri sendiri.

Nah, setelah mengetahui sabab-musababnya, baru dicari cara menyelesaikannya. Tentu, disiapkan terlebih dahulu beberapa cara. Tidak hanya satu. Dari yang termudah sampai yang paling rumit. Pertimbangannya, dengan mengurai kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika menggunakan cara-cara itu.

Dan saya sampaikan juga, masalah itu tidak akan selesai jika masih ada pikiran untuk menyalahkan orang lain. Tidak. Bukan itu cara menyelesaikan masalah. Menyelesaikan masalah mestinya tidak dibarengi dengan rasa curiga apalagi merasa diri sendiri yang benar. Bagitu pula bagi pihak ketiga yang memediasi penyelesaian masalah. Pihak ketiga mestinya tidak mencari siapa yang salah dan siapa yang benar di dalam menyelesaikan masalah. Tetapi, ia mesti sanggup dan mau mengurai permasalahan. Kalau sudah menggunakan cara pandang bahwa menyelesaikan masalah itu adalah mencari siapa salah, itu justru akan membuat masalah semakin runyam.

Eeeh… rupanya, setelah itu, mereka berebut bertanya. Dan rupanya, ajang pertemuan saya dengan mereka dijadikan kesempatan untuk curhat. Alamaaak…. Ya ya ya… namanya juga masih remaja. Kadang memang perlu ditemani agar mereka merasa teryakini bahwa apa yang mereka hadapi itu bukanlah sesuatu yang mesti membuat mereka bingung. Oke, saya pun berusaha menjadi pendengar yang baik.

Asyiknya, ketika mereka menyampaikan keluh kesah itu, tampaknya memang sangat kompleks. Tetapi, sebenarnya masalah yang mereka hadapi sangat sederhana. Rata-rata, yang mereka anggap sebagai masalah itu disebabkan oleh faktor internal mereka sendiri. Sementara, hal-hal di luar diri mereka tidak lain hanya bunga-bunga masalah. Bukan inti masalahnya.

Pelan-pelan kemudian saya uraikan masalah mereka satu per satu. Harapan saya sih sederhana, supaya mereka mengerti apa yang disebut sebagai masalah yang sesungguhnya. Dengan begitu, mereka akan bisa lebih fokus dan tertata dengan lebih baik di saat mereka menghadapi masalah. Jangan sampai mereka merasa putus asa, apalagi sampai patah hati.

Begitu mereka sudah sedikit mengerti, mulailah saya coba untuk meyakinkan bahwa setiap masalah yang mereka hadapi adalah sebuah anugerah. Sebab, masalah itulah yang akan membuat mereka belajar untuk menjadi seorang manusia yang semakin lebih baik, lebih dapat berpikir secara dewasa, dan dapat berperan di tengah-tengah pertemanan yang mereka jalin saat ini. Syukur, kelak mereka bisa berperan di tengah-tengah masyarakat tempat mereka tinggal.

Semoga pertemuan yang sekilas tadi memberi manfaat untuk adik-adikku, siswi-siswi MAS Simbang Kulon. Di lain kesempatan, semoga waktu mempertemukan kembali.

 

Penulis : Ribut Achwandi


donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server, operasional kru dan kegiatan amal. Terima Kasih


About Ribut Achwandi

SING PENTING 'NGEDAN' NING ORA NGANGGO 'NGEDEN'

TULIS KOMENTAR

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang