Home > Event > Festival Bubur Suro Krapyak
beauty glowing

Festival Bubur Suro Krapyak

Cintapekalongan.com – Festival Bubur Suro Krapyak menjadi ajang memperkenalkan kuliner tradisional khas
krapyak, melalui ajang festival kuliner inilah moment yang tepat untuk membangun tali silaturahmi antar warga serta mengembangkan potensi kreativitas dan budaya didaerah krapyak

Kuliner Krapyak adalah kuliner yang terlahir dari proses akulturasi, ada masakan yang sangat jawa seperti megono atau opor ayam tetapi banyak masakan yang berbeda di wilayah itu ada nasi kebuli atau gulai kacang hijau yang dipengaruhi oleh kuliner Arab atau India. Ada juga olahan tauco atau kue lapis yang dipengaruhi kuliner cina, smoor atau perkedel yang dipengaruhi kuliner eropa.

Festival Bubur Suro Krapyak

Sesungguhnya ini menjadi karakter kuliner Indonesia secara umum. Tetapi yang khas adalah kuatnya interaksi dengan kuliner arab khususnya pada abad 19 dan 20 dan itu nampak dengan kuatnya pemakaian rempah dan santan. Dan ini yang menyebabkan masakan Krapyak menjadi sangat khas dan berbeda.

Jajan basah asal krapyak yang dulu menjadi sajian dalam “pinarakan” terasa lebih gurih demikian pula dengan makanan yang lain. diluar itu yang harus menjadi perhatian adalah keberadaan masakan-masakan perayaan seperti lopis, coro dan bubur suro.

Bubur suro di Krapyak dibuat pada hari kesepuluh (asyuro) bulan Muharam penanggalan hijriah, sebagai penghormatan terhadap tanggal tersebut. Meskipun bubur suro tidak hanya di buat di krapyak tetapi ada kekhasan bumbu rempah yang digunakan demikian pula dengan lauk atau tambahan yang ditaburkan diatasamya dan ini sebetulnya sangat menarik.

Tetapi sayangnya kekhasan bubur suro asal krapyak atau kuliner wilayah lain dari wilayah itu tidak disadari sepenuhnya oleh warga Krapyak sehingga itu tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Menyadari hal ini maka memperkenalkan kekayaaan kekhasan kuliner krapyak melalui sebuah festifal kuliner atau festifal bubur suro menjadi sesuatu yang mendesak.

Maksud dan Tujuan

Memperkenalkanmasyarakat pekalongan khususnya warga krapyak untuk bisa merawat serta memperkenalkan kuliner tradisional khas krapyak, melaluiajang festival kulinerlah moment yang tepat untuk membangun tali silaturahmi antar warga serta mengembangkan potensi kreativitas dan budaya didaerah krapyak.

Tema

Dalam kegiatan ini, kami selaku panitia telah sepakat untuk mengangkat tema “Bumbu-Bumbu Persatuan”.

Macam-Macam Kegiatan

  • Silaturahmi warga
  • Dialog dan diskusi tentang kuliner krapyak
  • Dialog dan diskusi tentang sejarah krapyak
  • Makan gratis kuliner krapyak
  • Bazar UKM Krapyak
  • Lomba menggambar motif jlamprang tingkat SD se Kelurahan Krapyak
  • Pertunjukan gamelan dan seni
  • Kuis dan doorprize

Waktu dan tempat Festival

Hari/tanggal: Senin, 9 September 2019.
Pukul: 19.00-23.00 WIB.
Tempat: Jl.Jlamprang sebelah selatan Masjid Al- Aulia Krapyak, Pekalongan.

Narahubung :

  • Hisyam – 0877-1011-1001
  • Agung – 0856-264-0599

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server, operasional kru dan kegiatan amal. Terima Kasih


About Admin

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR

.:[Klik 2x Tombol][Close]:.
Donasi Pekalongan