Home > Event > Festival Nasi Goreng Wonopringgo 2019

Festival Nasi Goreng Wonopringgo 2019

Cintapekalongan.com – Festival Nasi Goreng adalah salah satu program tahunan dari Desa Wonopringgo yang telah diadakan sejak tahun 2017. Hingga pada tahun 2019 ini, merupakan penyelenggaraan Festival Nasi Goreng Wonopringgo yang ke tiga yang akan diadakan pada tanggal 20 Agustus 2019 di Kompleks GSG Wonopringgo.

Terdapat empat titik berdekatan yang akan dijadikan pembagian Nasi Goreng gratis tersebut. Diantaranya ada di Pos 1 (RW1), Pos 2 (RW2), Pos 3 (RW3) dan Pos 4 (RW4).

Acara ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-74. Konon katanya, nasi goreng terlezat adalah buatan warga Desa Wonopringgo.

Festival 3000 Piring Nasi Goreng 2019

Dalam festival tersebut akan diadakan acara inti yang berupa Makan Nasi Goreng Gratis yang akan dihidangkan kepada seluruh tamu yang datang. Selain itu pula akan ada serangkaian acara pendukung guna memeriahkan dan menarik animo masyarakat sekitar khususnya Kabupaten Pekalongan untuk berbondong-bondong mendatangi acara.

Beberapa acara tersebut diantaranya adalah Peresmian Tugu Nasi Goreng, Lomba Vlog, Pentas Seni, serta Pagelaran Wayang Golek.

Maksud dan Tujuan diadakan acara ini kurang lebih untuk mengenalkan potensi Desa Wonopringgo yang berupa Nasi Goreng, sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi atau jangkuan Nasi Goreng ala Orang Wonopringgo ke kalangan masyarakat luas sehingga menciptakan stigma khusus yang saling berkaitan antara Nasi Goreng dengan Desa Wonopringgo.

Alur Pengunjung Festival Nasi Goreng Wonopringgo

Pengunjung WAJIB meletakkan kendaraan pada tempat parkir di area Asrama 407. Karena pembagian kupon akan dilaksanakan di area lapangan 407. Panitia menyediakan tempat penitipan kendaraan berada di Lapangan Asrama 407. Jalan dari Asrama 407 menuju Desa Wonopringgo adalah Area Steril tanpa kendaraan (Kecuali Tamu VIP dan kendaraan taktis panitia). Pembagian karcis HANYA TERSEDIA di Pos 1 (Lapangan Asrama 407).

  • Satu pengunjung hanya mendapat satu karcis.
  • Air minum dan kantong plastik dilarang masuk Area Festival Nasi Goreng.
  • Untuk mengakomodir kebutuhan air minum, tersedia lapak warga lokal yang tersebar di area.
  • Pengamanan dilakukan di Pos 1.
    Karcis dibedakan menurut pos dan sesuai dengan warna.
  • Biru untuk Pos 1 (Lihat Peta).
  • Hijau untuk Pos 2 (Lihat Peta).
  • Merah Muda untuk Pos 3 (Lihat Peta).
  • Putih untuk Pos 4 (Lihat Peta)
  • Pembagian Nasi Goreng Gratis hanya ada di Pos 1, Pos 2, Pos 3 dan Pos 4 (Lihat Peta).
  • Hanya pengunjung yang memiliki karcis yang akan dilayani.

Peta Festival Nasi Goreng 2019

Panggung utama terdapat di Halaman GSG Pringgodani yang dimeriahkan oleh Perpus Band, Kamelia Aghitsna (Duta Wisata Berbakat Kabupaten Pekalongan), Pesta Kembang Api dan Pagelaran Wayang Golek Ki Dalang Wahyudin dengan cerita “Sulanjono Sulansari”.

Nasi goreng hanya boleh dimakan ditempat dan tidak boleh dibawa pulang. Bagi pengunjung yang ingin menikmati nasi goreng lagi (Tambah), harap antri karcis ulang pada Pos 1 diatas jam 21:30 WIB (Jika persediaan masih ada).

NB: PEMBAGIAN KUPON DIMULAI SETELAH PUKUL 18.30 WIB

Bentuk Acara Festival Nasi Goreng Wonopringgo

1. Peresmian Tugu Nasi Goreng

Festival Nasi Goreng ketiga akan mengadakan acara peresmian Tugu Nasi Goreng yang diharapkan menjadi Landmark atau ikon baru di wilayah Wonopringgo dan Kabupaten Pekalongan. Tugu ini sekaligus menjadi taman desa sebagai ruang terbuka bagi masyarakat untuk bersantai sembari rekreasi dan menjadi pusat informasi warga.

2. Lomba Vlog

Semakin familiarnya sosial media di segala lapisan usia terutama kalangan anak muda, menjadi latar belakang pembuatan lomba vlog ini. Diharapkan dengan adanya lomba ini, akan menghasilkan video-video yang dapat menunjukan potensi Desa Wonopringgo, baik Nasi Gorengnya ataupun potensi yang lain yang belum tergali.

3. Makan Nasi Goreng Gratis

Nasi Goreng yang disediakan pada Festival Nasi Goreng ini merupakan hidangan yang dibuat oleh pelaku atau pedagang Nasi Goreng yang tersebar semuanya berasal asli dari Desa Wonopringgo. Dimana para pedagang Nasi Goreng ini sudah tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut sekaligus merupakan bentuk rasa syukur (syukuran) para pedagang Nasi Goreng atas berkah yang telah diberikan oleh TUHAN YME.

Sebagai gambaran, pada tahun 2017 disediakan lebih dari 1000 (seribu) Nasi Goreng yang habis diserbu oleh Pengunjung. Sementara tahun 2018 ada 3000 (tiga ribu) piring Nasi Goreng yang juga habis diburu oleh pengunjung dalam waktu kurang dari 3 jam dan pada tahun ini rencananya akan disediakan 3000 (tiga ribu) lebih nasi goreng yang siap dibagikan kepada pengunjung. Untuk menikmati sajian Nasi Goreng Desa Wonopringgo ini tidak dipungut biaya apapun.

4. Pagelaran Wayang Golek

Pagelaran wayang dimaksudkan untuk semakin menarik minat pengunjung agar mendatangi Festival Nasi Goreng sekaligus menjadi hiburan bagi tamu yang datang. Akan ada penampilan dari Ki Dalang Wahyudin yang kredibilitasnya tidak diragukan lagi. Dengan adanya Pagelaran Wayang Golek ini diharapkan akan daapt digunakan sebagai sarana untuk melestarikan kebudayaan nenek moyang di wilayah Pekalongan dan sekitarnya. Akan dibawakan cerita “Sulasih Sulandono ” yang merupakan cerita menarik yang berasal dari Pekalongan.

5. Pentas Seni

Penampilan dari panggung pentas seni akan diisi oleh binaan Desa Wonopringgo, Perpusda Desa Cerah Desa Wonopringgo yang akan menampilkan tarian dan drama treatrikal yang menarik. Dimana penampil merupakan warga aseli Wonopringgo. Pagelaran Seni ini merupakan acara pengantar sebelum memasuki acara ini yakni Makan Nasi Goreng Gratis.

Rundown Acara Festival Nasi Goreng Wonopringgo
Rundown Acara Festival Nasi Goreng Wonopringgo

Sasaran acara Festival Nasi Goreng Wonopringgo tahun 2019 ini ditargetkan sekitar 3500 (tiga ribu lima ratus) pengunjung masyarakat umum se-kabupaten Pekalongan dan sekitarnya.

Untuk kerja sama Sponsorship Festival Nasi Goreng Wonopringgo 2019 bisa kontak langsung ke Nara Hubung Solikhin 0858 7892 4364 , Intan 0858 6925 7986, Bayu 081 57 67 77 26, atau di sekretariat di Jalan Mawar Nomor 1 Rt 004 rw 002 (Kompleks GSG Pringgodani) Desa Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan (Google Maps “Perpustakaan Cerah”).

 

Salam Cinta Pekalongan


donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR