Home > Pekalongan > Fort Peccalongan, Benteng Tua Milik Kota Pekalongan

Fort Peccalongan, Benteng Tua Milik Kota Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.com – Tahukah anda jika di Kota Pekalongan dahulunya mempunyai Benteng yang megah ? Benteng yang konon lebih tua dari Benteng Vredeburg yang ada di Jogja dan Benteng Vastenburg Solo ? Lantas dimanakah Benteng itu ?

Adalah Fort Peccalongan ,yakni bila orang sekarang menyebutnya dengan sebutan Benteng Pekalongan. Benteng ini terletak di belakang rumah tahanan Pekalongan. Benteng ini didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1753 sebagai tempat penyimpanan senjata. Saat pemerintah Jepang pun tempat ini masih digunakan sebagai penyimpanana senjata. Pada tahun 1950 benteng ini dialihfungsikan menjadi penjara. Maka sebab itu Benteng ini pun digunakan sebagai salah satu simbol yang ada yang terdapat pada logo kota Pekalongan yang lama.

Fort Peccalongan
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Lukisan Fort Peccalongan dengan Sketsa Pencil

Benteng ini dahulunya basis pertahanan VOC untu wilayah Karisidenan Pekalongan dan untuk mengamankan jalur perdagangan di Laut Utara Jawa.

Baca : Sejarah Tradisi Balon Udara Di Pekalongan

Namun sangat disayangkan jika kemegahan Benteng ini hancur setelah perang kemerdakaan dan hanya menjadi Rumah Tananan saja. Jika bisa dilestarikan maka Pekalongan benar-benar sebuah kota yang besar dan kaya dengan sejarah .

Jika sobat warga Kota Pekalongan ,maka sobat tidak asing dengan lambang Benteng yang ada di LOGO Kota Pekalongan yang lama. Ternyata Lambang pada logo tersebut tidak asal dibuat,itu adalah simbol yang digali di dalam sejarah kota ini sendiri.

Benteng Tua Milik Kota Pekalongan
Benteng Tua Milik Kota Pekalongan Saat ini

Baca : Bukti Pekalongan Poros Tengahnya Pulau Jawa

Mari Lestarikan dan Promosikan Budaya serta Keistimewaan Kota Pekalongan. Banggalah menjadi Anak Pekalongan ^^. Terus kunjungi Blog ini untuk mendapatkan updet tentang Kota Pekalongan dan Mari Share postingan ini di Akun Sosmed mu ^^v

(Gagah)

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor kami dengan mengirimkan tulisan ke contact@cintapekalongan.com

Check Also

Sejarah Asal-usul Nama Kelurahan Panjang Kota Pekalongan

Sejarah Asal-usul Kelurahan Panjang Kota Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Sejarah Pendapa Pekalongan

Cagar Budaya : Sejarah Gedung Pendopo Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...