Home > Kuliner Pekalongan > Kuliner Pekalongan : Garang Asem Kuliner Khas Kota Batik Pekalongan

Kuliner Pekalongan : Garang Asem Kuliner Khas Kota Batik Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.com – Satu lagi kuliner khas Pekalongan yang bercita rasa yang tinggi. Selian Pindang Tetel , Megono, atau Kopi Tahlil, Garang asem nampaknya merupakan hidangan yang harus anda coba ketika berada di Pekalongan.

Garang Asem Pekalongan
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Wujud Garang Asem Pekalongan

Sudah banyak warung-warung yang menjual Garang asem ini di Pekalongan, dan yang paling terkenal adalah Garang asem Masduki yang berada di sebelah utara Alun-alun Kota Pekalongan. Selain disini, garang asem masduki juga buka cabang di Jalan Jendral sudirman – Kebulen Pekalongan.

Garang Asem kuliner khas Pekalongan itu apa ?

Garang Asem adalah sajian makanan berwujud sup dengan bumbu rempah dan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Sekilas Garang Asem Pekalongan ini mirip dengan rawon solo karena didalam bumbunya terdapat kluwek yang khas. Selain itu, Garang Asem khas Pekalongan ini berbeda dengan makanan “garang asem” lainnya yang ada di Jawa Tengah maupun di jogja. Biasanya “garang asem” jogja maupun yang lain berbentuk pepes dengan bumbu santan, sedangkan garang asem di Pekalongan berbentuk kuah gurih yang nikmat. Masyarakat Pekalongan biasanya menyantab garang asem ini dengan Megono, biarpun kurang cocok tapi Megono sudah menjadi nafas bagi orang-orang Pekalongan.

Garang Asem Pekalongan
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Wujud Garang Asem Pekalongan

Resep Membuat Garang Asem Pekalongan

Bahan Utama yang Diperlukan Untuk Membuat Garang Asem Daging Pekalongan:

  • 250 gram daging sapi
  • 1.500 ml air

Bahan dan Bumbu Garang Asem Pekalongan :

  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 buah cabai merah besar, dipotong
  • 3 buah cabai hijau besar, dipotong
  • 6 buah belimbing wuluh, dipotong-potong
  • 6 buah cabai rawit hijau
  • 3 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 7 butir bawang merah, diiris
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 4 siung bawang putih, diiris
  • 4 sdt garam
  • 1 sdm gula merah disisir

Cara Membuat Garang Asem Khas Pekalongan yang Lezat

Cara Mengolah Daging Sapi Sebelum Dimasak :

Langkah pertama yang bisa anda lakukan pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong-motong daging sapi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Hanya saja, jangan memotong daging terlalu besar agar ketika dilahap bisa lebih mudah.
Setelah daging selesai dipotong sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Selanjutnya, silahkan cuci bersih daging sapi dengan menggunakan air pada wadah dan pastikan jika semua kotoran yang ada pada daging dibersihkan dengan benar.
Selesai dicuci bersih dengan menggunakan air, lalu tempatkan daging pada panci berikan air dan rebus daging hingga empuk.

Cara Memasak Garang Asem Pekalongan :

Setelah direbus dan sudah dipastikan jika daging sapi yang direbus sudah menjadi empuk dan lebih kaku. Sekarang silahkan masukan bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, daun jeruk, lengkuas, cabai merah, cabai hijau dan cabai rawit.

Aduk-aduk rata bahan-bahan yang baru saja dimasukkan. Biarkan bumbu meresap pada daging agar daging memiliki rasa dan aroma yang nikmat dan sedap.
Masukkan belimbing wuluh, gula merah dan garam. Aduk-aduk hingga merata, cicipi bumbu hingga pas dan apabila bumbu yang baru saja anda masukkan kurang terasa pas, maka jangan ragu untuk menambahkan bumbu sesuai dengan selera. Masak hingga matang dan daging menjadi lebih empuk secara merata.

Setelah daging dan rebusan matang, matikan kompor, angkat rebusan. Ambil piring saji dan tuangkan sajian garang asem pekalongan ini dalam mangkuk saji yang sudah anda persiapkan. Sajian ini akan terasa lebih nikmat dan lebih lezat apabila disajikan dengan bahan pelengkap dengan taburan cabai dan bawang goreng yang disantap dengan sepiring nasi hangat.

Demikian resep membuat hidangan garang asem daging pekalongan yang lezat dan nikmat. Semoga resep kali ini bermanfaat dan selamat memasak.

 

Silahkan klik tombol share dibawah ini untuk dapat membagikan / menyebar luaskan kekayaan kuliner Pekalongan supaya semakin dikenal dan berikan pula opini anda tentang postingan yang kami bagikan kali ini.

 

Sumber : selerasa.com

 

(Angga)

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor kami dengan mengirimkan tulisan ke contact@cintapekalongan.com

Check Also

Pindang Tetel

7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Populer

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Teh Jawa Resto Pekalongan - TripAdvisor

Daftar Tempat Kuliner Pekalongan Untuk Mudik 2018

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...