Home > PEKALONGAN > Kuliner > Kuliner Pekalongan > Kuliner : Garang Asem Kuliner Khas Kota Batik Pekalongan

Kuliner : Garang Asem Kuliner Khas Kota Batik Pekalongan

Cintapekalongan.comGarang Asem salah satu kuliner khas Pekalongan yang bercita rasa yang tinggi. Selian Pindang Tetel , Megono, atau Kopi Tahlil, Garang asem nampaknya merupakan hidangan yang harus anda coba ketika berada di kota batik Yakni Garang Asem Pekalongan.

Selama ini orang-orang mengenal Garang Asem itu hanya tahu sebagai lauk nasi yang rasanya gurih berpadu pedas dan asam. Biasanya dari daging ayam yang pembuatannya mirip dengan pepes karena garang asem juga dikukus dan dibungkus daun pisang.

Nah jika kamu ke Pekalongan dan mencari Garang Asem, kamu akan menemui kuliner ini berbeda dari ekspetasi mu. Disini Gareng Asem Pekalongan terbuat dari daging sapi yang diberi kuah bumbu kluwek, bisa juga tambahan dengan telor rebus. Penyajiannya bukan dibungkus daun pisang tapi ditaruh dalam wadah mangkuk. Lebih mirip rawon rasanya.

Warung makan yang menjual Garang Asem di Pekalongan sudah sangat banyak. Namun, yang paling terkenal dan legend ialah Garang Asem H. Masduki. Rumah makan ini berlokasi di 2 tempat, yakni di Alun-Alun Pekalongan dan Jalan Sudirman No 169. Namun yang lebih kuahnya “ngeluget” (kental) dan otentik rasanya kamu bisa ke Garang Asem Masduki yang di Alun-alun. Namun jika ingin tempat yang ala Rumah Makan berkelas bisa ke Jalan Sudirman.

Sudah lebih dari setengah abad, warung Garang Asem Masduki berdiri menyajikan Masakan Pekalongan. Sebagai pelopor rumah makan yang menjual Garang Asem kuliner Pekalongan, cita rasanya tetap terjaga. Tak hanya dagingnya yang enak, setiap sendok kuahnya akan bikin kamu ketagihan.

Garang Asem kuliner khas Pekalongan itu apa ?

Garang Asem Pekalongan
Wujud Garang Asem Pekalongan

Penampakan sepiring Garang Asem dari warung Masduki lengkap daging sapi yang empuk, cabe hijau utuh, telor pindang bulat, dan kuah bumbu kluwek yang mengendap sehingga bagian atas lebih bening. Kualitas dagingnya terjamin, sangat empuk, enak, dengan sedikit lemak.

Garang Asem Pekalongan adalah sajian makanan berwujud sup dengan bumbu rempah dan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Sekilas Garang Asem Pekalongan ini mirip dengan rawon solo karena didalam bumbunya terdapat kluwek yang khas.

Dengan harga mulai Rp 18.000an, kamu sudah bisa mencicipi enaknya Garang Asem Khas Pekalongan yang kuahnya begitu gurih dan menggugah selera. Selain itu, kamu bisa nambah lauk-pauk yang lain, seperti Megono, telur, tempe, tumis tomat, tomat pete, dan ayam. Ditemani teh hangat atau es jeruk, Garang Asem Pekalongan sangat sempurna dinikmati selagi panas.

Masyarakat Pekalongan biasanya menyantab garang asem ini dengan Megono, biarpun kurang cocok tapi Megono sudah menjadi nafas bagi orang-orang Pekalongan.

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Garang Asem Pekalongan

▼ Bagikan ini ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR