Kebudayaan – Cintapekalongan.com – Media No.1 Referensi Pekalongan
Home INFO PEKALONGAN Kebudayaan

Kebudayaan

Tradisi Puputan Masyarakat Pekalongan

Tradisi Puputan Masyarakat Pekalongan

Tradisi Puputan bayi yang baru lahir ala Masyarakat Pekalongan ini semakin jarang dilakukan. Sedangkan bagi masyarakat Jawa, tradisi ini dahulu dipegang teguh karena kelahiran bayi adalah hal yang sakral. Sehingga sebaiknya diadakan upacara adat untuk menyambutnya. Setidaknya, ada dua upacara adat yang akan dilakukan yakni Puputan dan selapanan. Kapankah upacara Tradisi Puputan ini dilakukan ?

Read More »

    Tradisi Kliwonan Masjid Wonoyoso

    Tradisi Kliwonanan Masjid Wonoyoso

    Banyak sekali tradisi-tradisi pada jumat kliwon yang biasa dilakukan oleh orang-orang Pekalongan, seperti halnya Tradisi Kliwonan Mandi di Sumur Masjid Wonoyoso. Di Kompleks Masjid Jami' Wonoyoso terdapat 2 buah sumur yang terletak di sebelah utara dan selatan masjid. Konon sumur sebelah utara dibuat oleh Mbah Kyai Mayung, Beliau merupakan salah seorang murid Pangeran Diponegoro yang dahulu menyebar diberbagai daerah di sekitar Pekalongan setelah perang Jawa.

    Read More »

      Tradisi Nyerep Para Juragan Batik Mencari Pekerja Pengganti

      Trdisi Nyerep Juragan Batik

      Di Pekalongan, para juragan batik punya cara unik dalam mencari jalan keluar ketika ada pekerjanya yang tidak masuk. Cara unik dalam mencari pekerja pengganti ini disebut "Nyerep" atau "Serep".Lambat laun kebiasaan ini menjadi sebuah tradisi unik bagi para juragan batik di Kota Pekalongan dan sekitarnya. Pekerja ini layaknya ban cadangan atau ban serep, mereka akan dicari dan dibutuhkan oleh para juragan batik untuk menggantikan buruh tetap mereka yang tidak berangkat.

      Read More »
        .:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
        Selamat Datang