Kesenian Pekalongan – Cintapekalongan.com – Media No.1 Referensi Pekalongan
Home INFO PEKALONGAN Kebudayaan Kesenian Pekalongan

Kesenian Pekalongan

Kesenian Pekalongan

Kesenian Musik Simtudduror Di Pekalongan

Kesenian Simtudduror

Selain Samroh, Salah satu seni musik yang berkembang di Pekalongan berbasis islami adalah Simtudduror atau masyarakat sering menyebut Durronan atau Terbangan. Seni klasik ini menyimbolkan ikhwal puji-pujian memohon keselamatan dan shalawatan sebagai pencetusan rasa syukur kepada Sang Khaliq.

Read More »

    Kesenian Musik Samroh Pekalongan

    Musik Samproh Pekalongan

    Dapat dikatakan bahwa Musik Samroh ialah Musik Qosidah yang dimainkan oleh ibu-ibu muslimat dengan menggunakan alat musik tradisional . Jadi sudah bisa ditebak bagaimana gambaran dari musik ini jika dilihat dari pengertiannya tersebut. Betul sekali, bahwa Musik Samproh ini tak akan jauh dengan nada-nada syair islami yang umumnya dibawakan pada saat-saat tertentu seperti ketika ada hajatan pengajian, pernikahan, sunatan maupun perayaan lainnya.

    Read More »

      Kesenian Musik Rampak Pekalongan

      Musik Rampak Papringan Bersaudara

      Cintapekalongan.com – Pekalongan merupakan kota pesisiran yang jauh dari nuansa Keraton Jawa selalu mempunyai ciri budaya yang khas tersendiri. Kota ini semakin hari semakin menunjukan eksistensinya. Kali ini akan membahas Seni Budaya dalam hal musik yang khas dari Pekalongan. Jika Banyumas sudah terkenal dengan Musik Calung dan Kenthongannya, kini Bagaimana …

      Read More »

        Kisah Asal-usul Kesenian Sintren Pekalongan

        Asal-usul Sintren

        Cerita mengenai Asal-usul Kesenian Sintren Pekalongan tak terlepaskan dari kisah kasih asmara antara seorang gadis bernama sulasih dengan Raden Sulandono putra dari Ki Bahurekso dan Dewi Rantamsari tidak direstui oleh kedua orang tuanya. Kecewa dengan dengan kedua orang tuanya, Raden Sulandono memutuskan untuk pergi menyepi dengan bertapa di suatu tempat sedangkan sulasih sedih ditinggal pergi kekasinya tersebut akhirnya memilih menjadi seorang penari.

        Read More »

          Kesenian Tari Batik Jlamprang Pekalongan

          Tari batik Jlamprang Pekalongan

          Tari yang mencirikan Pekalongan ini pernah tampil di Istana Negara disaksikan Presiden SBY lho sedulur. Selain itu, Tari Batik Jlamprang Kota Pekalongan juga tampil pada acara Upacara Penurunan Bendera di Istana Negara, pada tanggal 17 Agustus 2013. Seperti Apa sih Tari Jlamprang itu ? Mari kita simak

          Read More »
            .:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
            Selamat Datang