Asal – Usul – Cintapekalongan.com – Media No.1 Referensi Pekalongan
Home INFO PEKALONGAN Sejarah Asal – Usul

Asal – Usul

Sejarah Asrama Susteran dan RSUD Kraton Pekalongan

RSUD Kraton Pekalongan

Sejarah  mengenai RSUD Kraton dan Asrama Susteran di Pekalongan tak lepas dari peran SOUERS de Notre Dame (SND) atau Suster-suster Notre Dame. Awalnya SND ini merupakan gerakan moral yang muncul di Eropa pada tahun 1804 akibat merosotnya nilai-nilai moral dan maraknya kemiskinan akibat perang dan kerusuhan sosial, mereka kemudian menyebutnya Kongregasi.

Read More »

    Sejarah Asal-usul Kelurahan Pringlangu Kota Pekalongan

    Pringlangu dahulu memiliki dua dusun yang cukup besar yaitu dusun Papringan dan dusun Boyolangu. Wilayah Papringan wilayahnya meliputi sebelah masjid besar ke selatan sampai dengan Pringlangu Gang 8 kearah barat sampai dengan Perbatasan Bumirejo dan ke timur sampai dengan Kradenan. Adapun dusun Boyolangu berada di sebelah utara masjid dari gang 1 ke arah barat sampai dengan Bumirejo dan Tegalrejo serta ke arah timur sampai dengan perbatasan Medono.

    Read More »

      Sejarah Asal-usul Kelurahan Podosugih Kota Pekalongan

      Peta Kelurahan Podosugih

      iceritakan secara turun temurun dan kakek buyut ke anak cucu mengenai sejarah asal-usul kelurahan Podosugih Pekalongan bahwa sebelum menjadi nama Podosugih dulunya adalah Desa Sengon. Kemudian disebut dengan Dukuh Sengon ketika wilayah ini menjadi Desa Pofosugih. Disebut Dukuh Sengon karena pada waktu itu terdapat dua pohon sengon kecil yang dulu terletak di Makam Sikembang dan sengon yang besar di sebelah kiri Gang Haji Palal.

      Read More »

        Sejarah Asal-usul Kelurahan Kebulen Kota Pekalongan

        Peta Wilayah Kebulen

        Menurut cerita dari orang orang yang tinggal dikelurahan Kebulen, bahwa dulu banyak warga setempat yang bermata pencaharian sebagai pembuat batu bata. Dimana dalam pembuatan batu bata ini ada proses pembakaran, yang menyebabkan asap mengepul kemana kemana. Dan lokasi pembuatan batu bata itu berdekatan dengan sungai yang ada di wilayah itu.

        Read More »

          Sejarah Pasar Sentiling (Banjarsari) Pekalongan

          Pasar Sentiling Pekalongan

          Menurut Haji Ali Sholeh warga Banjarsih Sugihwaras, dulu orang menyebut kalau mau pergi ke Pasar Sentiling, menyebutnya dengan Bong yang identik dengan sebutan untuk pusara makam orang Tionghoa. Kalau dilihat memang lokasinya sangat dekat dengan Pintu Dalem yang sekarang merupakan Jl.Blimbing.

          Read More »
            .:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
            Selamat Datang