Home > Pekalongan > Alasan Monumen Pekalongan Dipindah

Alasan Monumen Pekalongan Dipindah

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.comTahukah anda dimana pertama kali Monumen Pekalongan dibangun ? Ya betul, ada di tanah yang sekarang ini menjadi Masjid Asyuhada. Tetapi kenapa Monumen Juang Pekalongan sekarang ini tidak berada di tempat tersebut tempat dimana para leluhur kita berjuang merdeka dari cengkraman tentara jepang justru dipindahkan ke area kebon rojo ?

Seperti yang kita lihat bahwa sekarang ini masih berdiri ada di area Kebonrojo, sementara lokasi aselinya berada di tanah yang sekarang menjadi masjid Syuhada yang berada di seberang monumen sekarang.

Monumen juang Pekalongan Tempo Dulu
Inilah Wujud Monumen Juang tempo dulu. Dibelakang adalah gedung KEMPETEI

Menurut cerita, dahulu pertama kali Monumen Tragedi Pertempuran 3 Oktober 1945 di Pekalongan dibangun tepat di area markas Kempetai (masjid sekarang ini). Patung monumen pekalongan dibuat sekitar awal 1960-an, lalu dihancurkan tahun 1966, karena dibangun jaman Bung Karno.

Mungkin bagi generasi orang tua kita pasti akan ingat letak dari tempat ini. Waktu kian berlalu, kini Tugu Monumen Juang Pekalongan di bangun kembali di area kebonrojo di karenakan suatu hal yang sedikit orang yang tahu.

Dikarenakan suatu alasan klasik yakni perluasan lahan monumen, maka disetujui untuk dipindahkan dan tanah yang lama akan dibuat masjid yang sekarang dikenal dengan nama Masjid Syuhada karena memang ditempat tersebut banyak sekali para Syuhada Pahlawan Pekalongan yang gugur. Tetapi para pemuda yang mengetahui melakukan aksi unjuk rasa mendesak pemerintah untuk mengembalikan monumen juang ke tanah yang aseli (pertama dibangun) namun tidak ada hasil.

masjid asyuhada pekalongan
Tanah Bekas Monumen Juang dibangun Masjid Ayuhada

Begitulah, cerita kenapa monumen juang Pekalongan dipindah. Kurang lebihnya seperti itu, untuk lebih detil dan jelasnya bisa tanyakan ke Bapak Dirhamzah langsung. Beliau dengan senang hati akan menjelaskan untuk anda. Mohon maaf bila dalam postingan ini terdapat salah kata maupun cerita yang tidak pas. Monggo diskusi dikomentar.

Pelajaran Yang Bisa Diambil

Nah, ini yang terpenting untuk kita semua sebagai generasi penerus. Ada sebuah pelajaran penting yang harus kita ambil. Bahwa kita harus menjaga peninggalan-peninggalan sejarah atau apapun yang sudah ada sekarang ini. Jangan sampai kita kecolongan, kita harus merawat tidak boleh mengotori maupun merusaknya. Bila tidak mau merawat, setidaknya kita jangan merusaknya lah. Salam Cinta Pekalongan.

 

Share ke Akun SOSMED mu jika artikel ini Penting ^^ (Angga)

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor kami dengan mengirimkan tulisan ke contact@cintapekalongan.com

Check Also

Peristiwa sejarah 03 oktober di pekalongan

Daftar Nama Korban Tragedi 3 Oktober 1945 di Kebon Rojo – Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Monumen Juang Pekalongan

Sejarah Monumen Juang Kota Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...