Home > Pekalongan > Inilah Oleh-oleh Khas Dari Pekalongan Selain Batik

Inilah Oleh-oleh Khas Dari Pekalongan Selain Batik

Cintapekalongan.com – Kota Pekalongan bukanlah kota tujuan wisata yang tersohor seperti kota besar lainnya di Indonesia, karena Kota Pekalongan terletak di jalur penting pulau jawa yakni jalur pantura maka banyak orang berlalu lalang melewati kota kecil yang terkenal dengan Batiknya ini yang hanya dijadikan Kota singgah bagi pelancong yang melakukan perjalanan dari arah Jakarta ke timur maupun arah sebaliknya.

Karena bukan merupakan kota tujuan wisata, sedikit jarang para pelancong yang singgah kesulitan dalam mencari buah tangan alias Oleh-oleh Khas dari Pekalongan. Maka yang paling mudah ialah dengan membeli Batik sebagai oleh-oleh yang mereka bawa.

Memang betul industri Batik di Pekalongan tumbuh sangat kuat, mulai dari sektor Kain Batik, Baju Batik, Hiasan Batik sampai souvenir batikpun ada yang tentu bukan merupakan barang murah. Hal ini yang menjadikan “pilihan singkat” para pelancong yang datang ke Pekalongan untuk memburu oleh-oleh dari Pekalongan.

Industri oleh-oleh di Pekalongan selain batik memang belum bergeliat menjanjikan, karena atas fakta diatas bahwa Kota Pekalongan merupakan Kota Singgah saja bukan kota Tujuan wisata pada umumnya. Mungkin siapa tahu kalau dalam beberapa tahun kedepan wilayah Pekalongan bisa berubah “image”nya dari Kota Singgah menjadi Kota Tujuan Wisata karena sebetulnya di daerah Pekalongan mempunyai potensi wisata yang luar biasa.

Nah, dengan sedikit penjabaran diatas akan timbul pertanyaan “Terus Apa dong Oleh-oleh Dari Pekalongan Selain Batik?”

Oke sobat Cintapekalongan, sebelum menjawab pertanyaan tadi, alangkah baiknya untuk lanjut membaca uraian tentang buah tangan khas Pekalongan dibawah ini.

Baca : Wisata Alam Curug Bidadari Talun Kabupaten Pekalongan

Pekalongan meskipun bukanlan pemain utama dalam Kota Tujuan Wisata di Jawa Tengah bahkan di Indonesia tetapi bisa dikenal dimana-mana yaitu karena Batiknya. Banyak produsen maupun pengrajin maupun seniman batik yang karyanya sangat dicari oleh orang-orang dari luar kota. Biasanya mereka datang kemari ke Pekalongan hanya untuk mencari produsen batik yang murah dengan harapan bisa dijual kembali dengan untuk yang lumayan besar ataupun mereka yang sengaja datang dari luar kota ingin berbelanja Batik disini. Nah dari sisi inilah ada kesempatan awal bagi Industri oleh-oleh khas Pekalongan bisa masuk karena Industri Wisata di Pekalongan belumlah memadai.

Hal ini memicu para penjual oleh-oleh membuka kiosnya di Grosir Setono maupun IBC Wiradesa dengan harapan para tamu yang berbelanja batik bisa membawa pulang oleh-oleh yang mereka jual.

Oleh-oleh Khas Pekalongan
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Oleh-oleh Khas Pekalongan

Nah macam apakah oleh-oleh tersebut ? Paling mudah dan paling banyak dijumpai ialah oleh-oleh berupa Jajanan atau Cemilan dari makanan kering seperti pada umumnya yang ada di kota lain. Misal Keripik Tahu, Keripik Nangka, Keripik Singkong dll yang semuanya masih tergolong keluarga Jajanan Pasar.
Ada beberapa pilihan bagi anda yang berkeinginan untuk datang ke Pekalongan dan ingin membawa oleh-oleh khas Kota Pekalongan yakni sebagai berikut :

1. Tauco

Tauco merupakan bumbu rahasia dalam masakan Soto Tauto Pekalongan. Aroma yang khas serta bercita rasa tinggi mirip bumbu orang korea. Hal ini sudah dipastikan sewaktu Chef Budi Lee melakukan demonstrasi kuliner dari Indonesia yang disuguhkan salah satunya adalah Tauto Pekalongan. Masyarakat disana sangat antusias terhadap kuliner khas Pekalongan ini karena tadi, bumbu Tauco sangat mirip dengan bumbu yang ada di korea sana.

Nah bagi anda yang menginginkan Tauco sebagai buah tangan anda dari Pekalongan bisa tuh berlanja di toko Tauco legendaris “Pulau Djawa”. Disana disediakan Tauco yang dibungkus plastik dan ditempatkan di wadah dari anyaman bambu ukuran 15cm x 15cm, harganya ekonomis.

2. Limun Oriental

Sesuai dengan namanya bahwa yang satu ini bukanlah makanan melainkan minuman. Oriental merupakan produsen Limun yang beroperasi sejak 1920an hingga sekarang masih eksis. Dahulu Limun Oriental dikenal dengan istilah ” Banyu Londho” yang berarti Air Belanda. Dulu hanya para priyayi Jawa yang meminum Limun dari Oriental ini, hingga kesini bergeser para kaum juragan Batik dan sekarang ini bisa bebas siapa saja boleh menikmatinya.
Dikemas menggunakan botol kaca yang masih tergolong jadoel, sangat menambah kesan otentik dari kenikmatan Limun yang 100% terbuat dari gula aseli tanpa pengawet.

Seiring berkembangnya zaman yang serba online, permintaan Limun datang tak hanya dari Pekalongan melainkan dari luar Pekalongan pun mulai marak, sehingga mau tidak mau Limun bisa dipesan online dan dikirim ke tempat tujuan seperti kirim-mengirim barang biasa. Tentu dengan safety atau packaging yang mumpuni.

Silahkan jika anda menginginkan Limun Oriental menjadi oleh-oleh dari Pekalongan bisa membawa pulang beserta botolnya sebagai buah tangan dari Pekalongan.

3. Kerupuk Gendar

Namanya juga Kerupuk pasti sangat enak dan dijadikan pelengkap nikmat ketika kita makan. Ada cerita yang menarik mengenai Kerupuk Gendar yang tentu aseli dari Pekalongan yakni ketika Bapak Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan ke Pekalongan sewaktu acara jamuan di rumah Ibu Balqis disuguhi Kerupuk Gendar, Pak SBY pun mencobanya dan langsung suka. Setelah acara jamuan selesai, diperintahkan kepada salah satu ajudannya untuk membawa pulang kerupuk tersebut.

Begitu istimewa dan lezatnya kerupuk ini sampai Pak SBY pun jatuh hati sama Kerupuk Gendar, anda pun punya kesempatan yang sama untuk membeli kerupuk gendar yang bisa dibawa pulang ke kampung halaman anda.

Jika ada kesempatan akan saya bahas khusus mengenai kerupuk gendar ini.

4. Capret Pekalongan

Capret merupakan olahan jajanan tradisonal yang biasa dijual di pasar yang berjenis cemilan kering. Rasa yang renyah sekali dan gurih lezat cocok untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Cemilan Capret ini bisa dijadikan sebagai snack untuk menemai waktu santai anda. Tetapi anda jangan salah menilai jika jajanan capret ini “kathrok” alias ndeso karena dijual dipasar tradisional melainkan sudah tersentuh penyesuain zaman sehingga tak hanya dijual dipasar saja tetapi telah dikemas menjadi lebih fleksibel agar cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pekalongan.

Capret Pekalongan
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Capret Cap Raden

Capret Cap Raden merupakan salah satu penggagas Snack Capret dalam kemasan siap santap dan kekinian. Cemilan Renyah dan Bikin Nagih ini bisa anda dapatkan langsung dari Capret Cap Raden disini maupun mengunjungi toko pusat oleh-oleh yang telah berafiliasi dengan merk Cap Raden. Tersedia aneka rasa seperti Original, Jagung Bakar, Pedas Asin, Rumput Laut, BBQ, dan Balado membuat semakin berkesan modern dan bisa menjadi pilihan untuk cemilan anda. Beli Capret Pekalongan disini

Baiklah, dengan usainya penjelasan “beberapa pilihan untuk oleh-oleh” diatas maka sudah terjawablah pertanyaan sobat Cintapekalongan yang berbunti “Terus Apa dong Oleh-oleh Dari Pekalongan Selain Batik?”

Baca juga : Inilah 6 Nama Lain Kota Pekalongan yang Wajib Kamu Ketahui

Sebenarnya ada beberapa pilihan “Anti Mainstream” dalam memberikan oleh-oleh dari Pekalongan seperti yang pernah di ulas oleh salah satu kawan saya didalam artikel blognya yang bisa sobat baca disini.

Demikian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf jika ada informasi yang kurang tepat pada postingan kali ini. Monggo jika ada yang ingin disampaikan bisa kita diskusikan bersama di kolom komentar. Terima Kasih

 

Salam Cinta Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Seluruh Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Klik Donasi

MOHON DONASI ANDA

Bantu berikan donasi untuk perawatan website ini karena informasi www.cintapekalongan.com punya manfaat besar untuk Masyarakat Pekalongan.
Terima kasih

About Mey Ribkha

ribkhah@gmail.com'

Check Also

30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

Cintapekalongan.com – 30 Tempat Wisata di Pekalongan yang keren dan kekinian bisa anda kunjungi diwaktu ...

Tempat Favorit Buka Bersama di Kota Pekalongan

10 Tempat Favorit Buka Bersama di Kota Pekalongan

Cintapekalongan.com – Hal yang pasti ditunggu-tunggu ketika bulan Ramadhan ialah acara Berbuka Bersama. Terlebih lagi ...