Home > Pekalongan > Inilah Perbedaan Garang Asem Pekalongan Vs Rawon Solo

Inilah Perbedaan Garang Asem Pekalongan Vs Rawon Solo

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.comGarang Asem sudah menjadi makanan atau masakan khas milik Pekalongan. Dengan bentuk berkuah dan bumbu kluwek yang khas, Garang Asem Pekalongan ini mirip dengan Rawon Solo.

Tetapi didaerah lain misal semarang, jogja atau yang daerah jawa tengah yang lain , masakan garang asam ini berbentuk kukusan ayam/daging sapi dibungkus daun pisang karena diluar Pekalongan nama garang asem untuk masakan kukusan dari daging ayam/sapi. Hanya di Pekalongan saja Garang Asem berwujud kuah.

Banyak orang dari luar daerah yang melihat Garang Asem Pekalongan akan menyebutnya sebagai Rawon Solo. Karena masakan ini saudara kembarnya rawon solo namun punya ciri khas sendiri-sendiri.

Lantas apa perbedaan Rawon Solo vs Garang Asem Pekalongan ?

Meski sama-sama berbumbu kluwek dan terdapat daging sapi, pada rawon solo memiliki isian yang disertai sayuran seperti kubis atau toge. Sementara Garang Asem Pekalongan memiliki isian tomat, blimbing wuluh, dan kuah yang lebih encer.

Baca : Kopi Tahlil, Kopi Unik dari Pekalongan

Dengan demikian, Masakan Garang Asem milik Pekalongan ini tidak bisa dikatakan sebagai Rawon Solo karena memang isian dari sajian masakan ini berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

garang asem pekalongan dengan rawon solo
perbedaan garang asem pekalongan dengan rawon solo

Dari gambar diatas jelas bahwa Rawon Solo memiliki isian sayuran yang segar berupa Toge / Kubis. Sementara Garang Asem Pekalongan memiliki isian cabai, tomat atau belimbing wuluh ( Bila disertakan dalam sajian).

Begitulah penjelasan mengenai Perbedaan Garang Asem Pekalongan dengan Rawon Solo. Serupa namun tidak sama itulah kata yang bisa saya pakai.

Baca juga : Pindang Tetel, Masakan Khas dari Pekalongan

Sebelum saya akhiri, ada satu lagi penjelasan garang asem pekalongan yang bisa anda pahami. Jika anda (orang Pekalongan) berada di luar kota dan berjumpa dengan masakan bernama Garang Asem. Jangan harap masakan garang asem tersebut sama seperti dikampung halaman anda ini. Karena garang asem yang ada diluar Pekalongan itu berwujud seperti saya jealskan diatas.

Sekian artikel dari saya, semoga bisa bermanfaat. Salam Cinta Pekalongan (y)

 

 

Penulis : Angga Pw

Sumber :

  • smartkuliner.com/tag/garang-asem-pekalongan
  • krjogja.com/read/251634/rawon-penjara-masuk-solo.kr
▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor kami dengan mengirimkan tulisan ke contact@cintapekalongan.com