Inilah Prototype Desain Rumah Untuk Wilayah Banjir Rob Pekalongan
Desain Rumah untuk Banjir Rob

Inilah Prototype Desain Rumah Untuk Wilayah Banjir Rob Pekalongan

Cintapekalongan.com – Banjir rob melanda wilayah Pekalongan (kota dan kabupaten) yang sudah bertahun-tahun tidak kunjung terselesaikan membuat beberapa anak muda kreatif ini tergugah untuk memberikan solusi khususnya untuk desain rumah warga yang terdampak banjir rob pekalongan.

Dari akun instagram @yopiedompas menjelaskan bahwa Setahun lalu mereka sudah mengusulkan prototipe rumah tanggap bencana, dalam kompetisi yang diadakan oleh sebuah produk material bangunan. Temanya kebetulan rumah tanggap banjir, konteksnya banjir rob di Pekalongan.

Rumah Amfibi

Menurutnya, Banjir rob telah menggenangi setidaknya 24 wilayah di pesisir pulau Jawa; diantaranya Semarang, Cilacap, pantai di Yogyakarta, Pekalongan, dan sekitarnya. Di antara ke-24 wilayah tersebut, wilayah Pekalongan merupakan salah satu wilayah dengan dampak banjir rob yang cukup parah. Perubahan iklim memang memberi dampak nyata.

Sebagai perbandingan di tahun 2009, banjir rob hanya menggenangi wilayah Pekalongan Utara, namun di tahun 2019 banjir rob telah menggenangi setidaknya 4-5 km wilayah dari bibir pantai.

Wilayah Dampak Banjir Rob Pekalongan

Pembangunan infrastruktur tanggul dirasa sangat mahal juga hanya memberi efek sementara, seiring dampak perubahan iklim yang akan terus berlanjut.

Dalam usulan desain ini sebenarnya hanya memberikan alternatif bagaimana masyarakat dapat beradaptasi dengan kondisi bencana banjir rob, yang diwujudkan dalam sistem rumah amfibi. Sistem yang mampu membuat rumah mengambang ketika banjir melanda dan kembali turun saat banjir telah surut.

Desain Rumah Amfibi

Konsep amfibi ini mendorong pengaplikasian sistem struktur dan material yang khusus, material yang ringan dan kuat untuk dapat mengambang. Sistem strukturnya menggunakan besi hollow galvanis tebal, partisi dan lantai menggunakan GRC, sedangkan pelampung untuk 1 unit rumah menggunakan 84 drum plastik kosong.

Baca juga : Banjir Rob & Tenggelamnya Pekalongan 34 cm per Tahun

Terinspirasi oleh rumah amfibi di Maasbommel Belanda, desain ini memiliki tiang utama sebagai tiang penahan ketika rumah dalam proses mengapung.

Prototype Rumah Amfibi

Tim Desain :
Yopie Herdiansyah (akanoma)
@taftayani.afif (akanoma)
@ireneroselynda (Kemen PUPR)
@kintannz (Arsitektur Undip)
@destialadhiza (Arsitektur Undip)

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan media referensi tentang info Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan mu. Submit esaimu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

----------------------------------------------
donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server dan kegiatan amal. Terima Kasih

Mall Cinta Pekalongan

About Angga Panji W

Saya adalah Blogger paruh waktu dari Indonesia . Tujuan saya disini sebagai anak Pekalongan ingin memperkenalkan kota tercinta ini kepada dunia dengan konten digital. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih. Salam Cinta Pekalongan

TULIS KOMENTAR

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang