Kedai Tombo Coffee, Suguhan Kopi Khas Batang – Cintapekalongan.com - Media No.1 Referensi Pekalongan
Home INFO BATANG Kedai Tombo Coffee, Suguhan Kopi Khas Batang
kedai kopi Tombo Coffe
FOTO: tempatngopi.id

Kedai Tombo Coffee, Suguhan Kopi Khas Batang

Batang – Adalah ARC Tombo Coffee atau dikenal dengan Kedai Kopi Tombo yang merupakan salah satu kedai kopi yang bisa kamu kunjungi di daerah Batang. Lokasi Tombo Coffee tepatnya di Jalan Puncak KM 5, Desa Tombo, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Dinamakan Tombo Coffee, karena kedai kopi ini meracik hasil kopi dari Desa Tombo. Kedai kopi berlokasi di Desa Tombo hingga terkenal dengan nama Tombo Coffe. Berdirinya Tombo Coffee tidak lepas peran dari BUMDes Tombo Makmur yang ada di Desa Tombo ,Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang.

Baca juga : Wisata Rumah Pohon Desa Tombo Batang

Tombo Coffee berawal dari upaya 5 orang pemuda Desa Tombo tahun 2016. Ketika itu tim dari ARC Tombo Coffee berinovasi mengolah kopi menjadi bubuk kopi. Hasil olahan biji kopi dari tim ARC Tombo Coffee dipasarkan ke berbagai dalam bentuk bubuk dan bukan lagi bentuk biji kopi. Alasan lain adanya kedai kopi Tombo ingin memisahkan pengolahan biji kopi dari rumah tempat tinggal.

Varian Kopi Tombo
Varian Kopi Tombo

Upaya ini lambat laun membuahkan hasil. Terlihat kedai kopi tombo Coffee mulai ramai dikunjungi penikmat kopi. Lokasi kedai kopi Tombo sengaja dibangun dekat wisata rumah pohon agar mudah dikenal masyarakat. Sejak itu kedai kopi Tombo Coffee mulai dikenal masyarakat hingga terkenal dengan kopi Tombo Coffee. Mereka datang ke kedai kopi ada yang sekedar ingin mencicipi racikan. Kian hari kedai Tombo Coffee ramai dikunjungi para penikmat kopi yang dibuka setiap hari dari jam 09.00-21.00.

Baca juga : Kopi Silurah , Salah Satu Kopi Asli Batang Yang Istimewa 

Penikmat kopi tidak hanya menikmati secangkir kopi. Ada sebagian yang datang ke kedai berdiskusi dan tempat istirahat. Menu kopi yang disajikan Tombo Coffee salah satunya kopi tubruk. Ketika berkunjung ke Tombo Coffee disuguhi beberapa menu kopi kekinian yang menggoda selera. Menu kopi Vietnam drip atau late, sebuah menu yang rasanya khas hanya ditemukan di Tombo Coffee.

Kopi Tombo Batang

Jenis kopi yang disajikan oleh Tombo Coffee terbagi 3 jenis arabika,excelsa dan robusta. Kopi yang disajikan di Tombo Coffee memiliki rasa pahit, manis dan gurih. Rasa kopi hitam Tombo yang khas memberi kesan sendiri bagi penikmat kopi.

Tidak heran warga yang datang ke kedai kopi tidak hanya warga sekitar Batang. Kota-kota lain sekitar Batang seperti: Bogor hingga Jakarta sengaja datang menikmati lezatnya secangkir kopi hitam Tombo.

Hal ini terlihat deretan motor dan mobil yang parkir sekitar kedai yang rela datang ke kedai Tombo hanya ingin menikmati secangkir kopi khas Tombo. Istimewanya lagi kopi hitam Tombo dihasilkan dan dibudidayakan sendiri oleh penduduk desa setempat.

Seiring bergulirnya waktu komunitas kopi Tombo ini tidak hanya mengolah biji kopi. Kedai Kopi Tombo juga menggelar pelatihan terhadap petani kopi dengan benar bukan asal petik. Sejak itu kedai Tombo kopi dikenal di kota lain. Tidak sedikit pula pengusaha kopi dari luar daerah membeli produk kopi bubuk Tombo.

Baca juga : Kopi Hitam Tombo, Salah Satu kopi Asli Dari Batang, Jawa Tengah 

Pembangunan kedai kopi Tombo menjadi salah satu cara petani Desa Tombo memperkenalkan produk kopi hitam ke masyarakat luas. Datang ke warung kopi Tombo Coffee tempat menikmati kopi khas Batang dengan cara berbeda. Ketika berkunjung ke Tombo Coffee disuguhi rimbunan pepohonan nan hijau yang kedai. Suasana seperti ini makin asyik sembari merasakan hangatnya secangkir kopi.

Kedai Tombo Coffee menyuguhkan tidak hanya lezatnya kopi Tombo.Letak desa Tombo 700 meter dari permukaan laut menawarkan keindahan yang menajubkan. Udara yang sejuk, asri dan tenang menambah asyiknya berwisata kuliner di desa ini.

kedai kopi Tombo Coffe
FOTO: tempatngopi.id

Rute menuju Tombo Coffee lokasi kedai kopi di Desa Tombo. lokasi Desa Tombo ditempuh 45 menit dari kota Batang. Perjalanan menuju Desa Tombo mengasyikan Kamu akan melewati desa-desa yang pemandangannya indah. Ketika sampai Desa Tombo disambut gapura Desa. Hamparan perkebunan teh yang terlihat sejuk sejauh mata memandang. Tidak jauh dari gapura itulah tempat Tombo Coffee berdiri.

Bangunan Tombo Coffee didominasi kayu dan batubata. Sekeliling kedai dijumpai kebun kopi dan sisi kiri lokasi perkampungan Tombo. Lokasi Desa Tombo pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Setelah puas menikmati suguhan kopi khas Tombo. Kamu bisa main ke rumah pohon yang letaknya 1 kilometer dari Tombo Coffee. Ketika sampai ke rumah pohon disambut pemandangan indah berupa bangunan rumah kayu di atas pohon besar.

Baca juga : Kafe Hits Forest Kopi Kembang Langit Batang

Naik ke rumah pohon bisa dengan tangga yang dilengkapi jembatan dan pembatas.Dari atas rumah pohon menikmati indahnya panorama alam dari ketinggian. Berkunjung ke Desa Tombo menikmati sensasi lezatnya kopi Tombo. Sekaligus menikmati indahnya alam dari rumah pohon. Sembari menikmati simpony kicauan burung dan suara hewan sejenis primata. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan.

Bagikan ini :

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan Platform media referensi tentang Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan menarikmu. Ayo kirim esai tulisanmu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap tulisanmu yang ditayangkan.

donasi cintapekalongan.com
BANTU BERI DONASI
Untuk mengembangkan media ini agar tetap bermanfaat. Terima Kasih

About Suryatiningsih

Suryatiningsih
Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang