Obyek Wisata Kedung Sipingit Black Canyon Petungkriyono Pekalongan
Kedung Black Canyon Petungkriyono
Foto : @rizky_arf32

Obyek Wisata Kedung Sipingit Black Canyon Pekalongan

Cintapekalongan.comWisata Black Canyon Petungkriyono merupakan surga bagi pecinta wisata air dengan sumber mata air yang sangat jernih. Menawarkan atraksi alam yang menawan, Black Canyon Petungkriyono atau yang dikenal dengan nama Kedung Sipingit ini memang menakjubkan, mata air yang alami sangat memanjakan mata serta view tebing batu yang mempesona.

Dengan pemandangan tebing batu berwarna hitam yang mengapit di kiri dan kanan, Black Canyon ini dipenuhi dengan aliran air jernih dan menyegarkan. Berada di kawasan Ekowisata Petungkriyono membuat tempat wisata ini banyak diminati oleh kawula muda yang ingin eksis. Air jernih sangat menggoda bagi siapa saja yang melihat untuk tidak membuang-buang waktu untuk langsung berendam dan merasakan kesegaran air aseli pegunungan. Jangan khawatir, untuk main basah-basahan di sini pihak desa sebagai pengelolanya menyediakan live jackets (rompi pelampung).

Black Canyon Petungktiyono
Foto : @eddo_remi

Baca juga : Wisata Telaga Mangunan Petungkriyono

Kedung Sipingit atau Black Canyon Petungkriyono memiliki pemandangan alam dengan air nya yang sangat luar biasa, segarnya arus air dari sungai welo yang berwarna jernih kebiruan, dihiasi dinding tebing yang tinggi berwarna kehitaman menambah keindahan pesona alamnya dan bikin betah berlama disini.

Di lokasi Wisata Black Canyon Petungkriyono ini ada dua kedung yakni kedung yang atas dan bawah. Kendati musim kemarau namun kedalamannya bisa mencapai 3,5 meter. Bila tidak kemarau, kedalaman kedung sipingit ini mencapai 5 meter dan 7 meter.

Kedung Black Canyon Petungkriyono
Foto : @rizky_arf32

Dengan aliran air dari sungai welo yang cukup deras, maka tempat ini sangat cocok digunakan untuk menguji adrenalin kamu dengan mencoba beberapa wahana wisata seperti river tubing, River trakking dan body rafting. Kamu disini bisa sepuasnya mandi dan bermain dengan air yang super jernih nan seger pula. Bikin badan seger dan pikiran fresh melepas semua penat rutinitas.

Pegunungan Petungkriyo memang menyimpan banyak tempat wisata alam yang indah, dengan keasrian dan kealamian hutan hujan tropis di Jawa. Meski untuk sampai di Wisata Black Canyon Petungkriyono ini memerlukan perjalanan hampir dua jam dari kota Pekalongan, namun dijamin tidak akan terasa melelahkan. Kamu juga bisa santai di pelataran pintu masuk wisata ini dengan dikelilingi oleh persawahan dan bukit hijau yang sejuk, ngopi sembari bersantai ria sangat nikmat disini.

Perjalanan panjang akan nampak sebentar saat masuk hutan lindung Petungkriyono, jalan kecil yang berliuk-liuk menyajikan pemandangan yang indah di kanan-kirinya. Apalagi bila beruntung akan melihat Owa Jawa di rerimbunan pohon-pohon besar.

Kedung Sipingit Black Canyon Pekalongan
FOTO : memulai_dari_bawah

Baca juga : Spot Wisata Welo river Petungkriyono

Memacu adrenalin di Kedung Sipingit Petungkriyono ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Kamu yang ingin menghirup udara kebebasan dari penatnya aktivitas harian dan pekerjaan. Selain itu, hijaunya alam pedesaan Petungkriyono akan menciptakan kesan yang tak terlupakan bagi hidupmu. Udara yang segar tentu akan memberikan energi positif untuk semangat beraktifitas keesokan harinya.

Jika kamu ingin datang kemari, Black Canyon buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore. Kamu cukup dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000,- / orang, dan kamu bisa menyewa pelampung dengan biaya Rp 10.000,- untuk mandi serta bermain air sepuasnya.

Soal keamanan kamu tak perlu risau, di Wisata Black Canyon kamu bisa sepuasnya bermain air tanpa rasa takut dan was-was karena pihak pengelola juga menyediakan seorang petugas lifeguard yang siap memantau wisata tersebut.

Camp Area Black Canyon
Foto : @mc.menank

Bagi kamu yang ingin fun camp disini juga bisa, kamu perlu registrasi dengan biaya sebesar Rp 10.000,- per tenda. Atau untuk kamu yang ingin menginap di Homestay, ada juga Homestay di dusun tinalum.

Setiap tahun juga disini ramai dikunjungi warga dari sekitar Pekalongan untuk memperingati Khaul Syekh Proyentoko Proyenjiwo, nah bisa sekalian wisata religi di Petungkriyono.

Dan bagi kamu yang ingin nongkrong santai ngopi-ngopi, bisa juga tuh disini. Didukung dengan nuansa yang super alamiah, terus ditambah dengan Kopi Asli Petungkriyono, ada kopi petung robusta dan Arabika jadi makin sempurna. Selain itu ada juga gula semut aren organik, makanan khas tradisional kue pasung , urap pakis,jangan rebung sambel combrang, cimolpung puhung.

So jelas banget bisa makin komplit untuk menikmati alam Petungkriyono untuk mengisi kepenatan maupun hangout bareng teman-teman.

Kedepan Wisata Black Canyon akan dikembangkan, dengan menyajikan hasil olahan UKM masyarakat, juga kerajinan lokal masyarakat setempat untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Hal ini untuk menambah penghasilan masyarakat sekitar.

Memang Petungkriyono mempunyai potensi-potensi wisata yang menajubkan. Mulai dari Air Terjun yang indah sampai kolam alam yang sangat alami membuat mata kita tergoda.

Lokasi Kedung Sipingit Petungkriyono

Lokasi dari Black Canyon Kedung Sipingit ini berada di Desa Kayu Puring Kecamatan Petungkriyono. Seperti baisa sobat masuk dahulu ke kawasan Ekowisata Petungkriyono. Dari gapura selamat datang kira-kira 5 km akan sampai di wilayah Kayu Puring. Pada kiri jalan akan ada spanduk yang membentang yang menandakan tempat masuk ke Obyek Wisata Kedung Sipingit Petungkriyono.

Kedung Sipingit Black Canyon Pekalongan
Air Jernih & Batu Hitam Kedung Sipingit  | FOTO: @jagatlelembut

Bagi kamu yang suka dengan tantangan dan untuk menguji adrenalinmu mungkin tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi, namun bagi yang penakut kita sarankan jangan ikut mencoba bermain air disini, cukup melihatnya saja.

Baca juga : 7 Wisata Alam Petungkriyono Hits Dan Populer 2019

Karena memang Obyek Wisata Kedung Sipingit ini masih berada di alam bebas dengan arus air sungai yang deras terlebih jika hujan turun dan tebing-tebing yang curam. Demi kenyamanan bersama tetap kita jaga  keselamatan dan lestarikan alam kita ini dengan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

*Ingin jalan-jalan atau berwisata di Pekalongan? Kami siap mengantar anda menjelajahi wisata alam Pekalongan yang asri. More Info klik disini

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan media referensi tentang info Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan mu. Submit esaimu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

----------------------------------------------
donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server dan kegiatan amal. Terima Kasih

Mall Cinta Pekalongan

About Rofius Salim Khafidz

Rofius Salim Khafidz
Hanya Anak singkong dari desa pegandon, kab.pekalongan :D Salam Cinta Pekalongan

TULIS KOMENTAR

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang