Home > Tokoh Pekalongan > Kisah Pak Dhe Dele, Sang Penjahit Jenius Dari Pekalongan
beauty glowing

Kisah Pak Dhe Dele, Sang Penjahit Jenius Dari Pekalongan

Cintapekalongan.com – Pak Dhe Dele demikian kakek ini biasa dipanggil oleh para tetangganya, beliau ini memiliki kemampuan menjahit yang cukup fenomenal dan diatas rata-rata penjahit pada umumnya.

Pak Dhe Dele bisa menjahit tanpa mengukur badan orangnya, cukup menyaksikan postur tubuh seseorang (khususnya laki-laki) dan beliau langsung bisa membuat baju yang sangat pas sesuai ukuran orang tersebut.

PakDhe Dele Penjahit Pekalongan
FOTO: Arif Dirhamsyah

Kemampuan dari warga Noyontaan Gang 16 Kecamatan Pekalongan Timur yang bernama aseli Pak Zili ini tak hanya sekali saja alias hanya sekedar kebetulan, namun sudah banyak baju-baju yang ia buat dengan bermodalkan melihat postur tubuh seseoran dari media apapun.

Baca juga : Kisah KH. Syafi’i, Ulama dan Pahlawan Pekalongan

Ada cerita menarik bahwa suatu hari Pak Dhe Dele mendapat pesanan dari juragan batik Kota Pekalongan untuk membuatkan 2 buah baju guna dipersembahkan untuk Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi di era Kabinaet Pembangunan VI, yakni Joop Ave.

Tanpa ragu, beilau menerima tawaran tersebut. Dengan bermodalkan hanya menonton via televisi, Pak Dhe Dele memperhatikan postur tubuh Joop Ave, kemudian ia membuat dua buah pakaian batik tersebut.

Ajaibnya, begitu pakaian diserahkan ke Joop Ave melalui ajudannya, ternyata pas dan cocok. Melihat hasil karya Pak Dhe Dele, Joop Ave-pun memesan kembali sebanyak 1 kodi.

Sering beliau hanya menonton seseorang dari tayangan TV, kemudian membuat sebuah pakaian dan begitu diberikan kepada yang bersangkutan ternyata memang cocok dan pas dengan ukuran badan.

Baca juga : Mengenal Jenderal Hoegeng Imam Santoso

Belakangan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan pun terkejut begitu mendapatkan “hadiah” baju yang seukuran dengan dirinya yang dibuat oleh Pak Dhe Dele. Tidak percaya??? Silahkan buktikan sendiri dengan datang ke rumah beliau.

Sumber : Arif Dirhamsyah

Editor : Angga


donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server, operasional kru dan kegiatan amal. Terima Kasih


About Angga Panji W

CEO @Cintapekalongan.com (JP Media Network) - Saya adalah Blogger paruh waktu dari Indonesia . Tujuan saya disini sebagai anak Pekalongan ingin memperkenalkan kota tercinta ini kepada dunia dengan konten digital. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih. Salam Cinta Pekalongan

TULIS KOMENTAR

.:[Klik 2x Tombol][Close]:.
Donasi Pekalongan