Home > Komunitas > Komunitas GS3 Rowoyoso Wonokerto

Komunitas GS3 Rowoyoso Wonokerto

Cintapekalongan.com – Komunitas Gerakan Sedekah Sepuluh ribu Sebulan (GS3 ) dari Rowoyoso Wonokerto ini bisa menjadi contoh bagi pemuda-pemudi desa lain. Komunitas GS3 ini menjadi organisasi sosial kepemudaan desa yang bergerak dan peduli dengan anak yatim-piatu dan dhuafa setempat.

Komunitas GS3 Rowoyoso ini menjadi salah satu Komunitas di Pekalongan yang selalu menebarkan energi positif di Masyarakat sekitar.

Para pemuda GS3 saat menggelar kegiatan rutin untuk berbagi kepada anak yatim dan dhuafa setiap Jumat Kliwon, Kegiatan ini berangkat dari kepedulian terhadap anak yatim dan warga kurang mampu yang dilakukan secara door to door.

Kegiatan Komunitas GS3 Rowoyoso

Tujuan dasar dari terbentuknya GS3 ini adalah sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Mengingatkan pada sesama akan hak anak yatim, janda dan dhuafa yang ada pada mereka dalam bentuk perhatian ataupun bantuan secara kolektif. Menjalin dan mempererat ukhuwah islamiah yang telah ada.

GS3 dari pemuda Desa Rowoyoso Kecamatan Wonokerto ini dirintis sejak Desember 2016 dan diresmikan pada tanggal 10 Februari 2017 silam. Mereka aktif untuk  mengumpulkan sedekah dari masyarakat sebesar minimal Rp 10.000 setiap bulannya untuk kemudian didonasikan kepada anak yatim dan kaum dhuafa khususnya di sekitar Desa Rowoyoso.

Selain untuk aksi sosial, GS3 juga memiliki tujuan untuk mempererat hubungan dan silaturahim pemuda di 3 dukuh yakni Rowoyoso, Ketepeng, dan Buntek. Dengan adanya wadah untuk kepemudaan ini, maka seluruh warga Desa Rowoyoso dapat disatukan meski memiliki latar belakang yang majemuk.

Kegiatan berbagi setiap hari Jumat Kliwon menjadi eksekusi rutin yang digelar oleh GS3. Dari dana donasi yang terkumpul, para pemuda GS3 akan membagikannya secara door to door kepada beberapa anak yatim dan dhuafa di sekitar Desa Rowoyoso.

Kegiatan sekaligus sebagai langkah untuk bersilaturahim dan upaya menghibur anak-anak yang diinisiasi oleh para anggota dan pengurus GS3, mereka menginovasikan tiap kegiatan door to door mereka dengan mengenakan kostum unik yang tak jarang menarik perhatian para warga.

Komunitas GS3 Rowoyoso

Jumlah penerima setiap bulannya pun disesuaikan dengan jumlah donasi yang terkumpul. Untuk sementara ini GS3 masih berfokus kepada anak yatim-piatu. Ada sekitar 50 anak yang akan menerima donasi minimal sebesar Rp 50.000 setiap bulannya.

Tak hanya kegiatan rutin setiap Jumat Kliwon, GS3 juga memiliki program khusus yang digelar pada Bulan Ramadhan, Muharram, dan tiap Bulan Februari khusus untuk memperingati Harlah GS3.

Kegiatan Bukber GS3 Rowoyoso
Kegiatan Bukber GS3 Rowoyoso

Setiap ramadhan GS3 menggelar kegiatan buka bersama dan yang dibagikan tidak hanya uang, tapi juga bingkisan. Untuk Bulan Muharram atau yang biasa dikenal dengan bulannya anak yatim, GS3 mengadakan acara yang bekerjasama dengan ibu-ibu Fatayat dan Muslimat, begitu juga saat harlah.

Kegiatan Hari Asyuro GS3 Rowoyoso
Kegiatan Hari Asyuro GS3 Rowoyoso bareng FATAYAT NU

Sambutan positif dengan adanya gerakan sosial ini tidak hanya hadir dari segenap masyarakat dan pemerintah Desa Rowoyoso, namun juga para donatur yang berasal dari berbagai wilayah Wonokerto.

Dengan memanfaatkan peran media sosial, para pengurus dan anggota GS3 mengajak segenap masyarakat untuk turut serta memeberikan donasinya dan berbagi kebahagiaan bersama anak yatim dan dhuafa.

Kegiatan Harlah Gs3 Rowoyoso
Kegiatan Harlah GS3 Rowoyoso

Misi sosial pemuda Desa Rowoyoso Kecamatan Wonokerto patut menjadi contoh dan inspirasi untuk kita semua.

Nama Komunitas : GS3 Gerakan Sedekah Sepuluh ribu Sebulan

Alamat : Desa Rowoyoso Rt.07 Rw.03 kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan Kode pos 51153

Kontak Person : 085200260424

 

Salam Cinta Pekalongan

*Ingin komunitas mu di-publish disini, Klik Tautan berikut : Daftar Komunitas Pekalongan
▼ Bagikan ini ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com

TULIS KOMENTAR