Home > PEKALONGAN > Kuliner > Kuliner Pekalongan > Kuliner : Nasi Megono Khas Pekalongan
beauty glowing

Kuliner : Nasi Megono Khas Pekalongan

Cintapekalongan.com – Pekalongan mempunyai harta karun yang sangat otentik yaitu Nasi Megono sebagai kuliner khasnya . Nah, Nasi Megono ini menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Pekalongan.

Nasi Megono bisa dengan mudah ditemui di berbagai sudut kota Pekalongan, mulai dari pagi hingga malam hari. Namun yang paling terkenal tempat untuk nyari Nasi Megono itu ada di Warung Lesehan di sepanjang jalan urip sumoharjo Pringlangu hingga Banyurip.

Nasi Megono / Sego Megono ini rasanya hampir serupa dengan urapan. Nangka muda cincang dan bumbu yang dicampur kelapa parut dan kecombrang. Disajikan dalam porsi mungil dengan nasi putih yang hangat. Di warung ini kamu bisa dengan bebas memilih lauk yang diinginkan.

Nasi Megono Pekalongan
Nasi Megono Pekalongan Dengan Sapitan + Sambal

Umumnya, Nasi Megono akan dibungkusi menggunakan daun pisang dengan ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa. Kemudian kamu bebas memilih lauk yang dihidangkan, ada Sapitan, Sate keong, Sate Usus, Sate Puyuh, Udang, Pepes dan yang pasti adalah Tempe Goreng. Terlebih jika di makan tatkala masih panas, sungguh akan menambah kenikmatan dari Nasi Megono.

Baca juga : 7 Sajian Menu Sarapan Sedap Khas Pekalongan

Menurut legenda, Sego Megono atau Nasi Megono muncul pada zaman perang Jawa. Keterbatasan bahan makanan dan keharusan bertahan hidup melahirkan nasi megono–yang konon jadi bekal prajurit Mataram yang mesti berjalan jauh untuk berperang.

Sumber lain meyakini bahwa Sego Megono merupakan seserahan untuk Dewi Sri (Dewi Padi) yang dipuja penganut agama Hindu zaman dulu. Masuknya Islam ke Mataram mengubah fungsi nasi ini, dari yang dulunya masih berupa tumpeng menjadi makanan untuk acara Tahlil di mesjid-mesjid. Perlahan-lahan, tampilannya disederhanakan menjadi Sego Megono yang dibungkus daun pisang. (Baca : 5 Fakta Menarik Sego Megono Pekalongan).

Mana cerita yang benar memang sangat sulit dipastikan. Tapi, ada satu hal yang menghubungkan kedua legenda di atas. Bahan dasar Nasi Megono Pekalongan masih tetap sama yaitu gori, alias nangka muda.

Resep-Membuat-Megono-Pekalo

Ada juga Megono dari daerah Purworejo, yakni dari bahan kacang panjang dengan bumbu parutan kelapa, namun kalau Megono Pekalongan ada bumbu khasnya yaitu kecombrangnya yang membuat aroma makin menggiurkan.

Baca juga : Penjelasan Sejarah Megono Aseli Pekalongan

Dalam pembuatan Nasi Megono, nangka muda akan dicacah halus lalu dimasak dengan kecombrang, parutan kelapa, serta bumbu-bumbu lainnya. Untuk penambah rasa, ada pula yang mencampurnya dengan pete agar semakin sedap.

Terbayang rasa dan lezatnya ya kan, sedulur. Soal harga, jangan khawatir, karena Nasi Megono cukup terjangkau hanya 2.000,- saja per bungkusnya. Perut kenyang, dompet aman, dan kita sudah ikut merasakan Kuliner Khas Pekalongan yang murah meriah ini.

Rekomendasi Warung Nasi Megono di Pekalongan

Banyak warung di Pekalongan yang menyediakan Sego Megono. Mulai dari lesehan di emperan toko hingga hotel Berikut adalah rekomendasi tempatnya untuk Sahabat yang berniat menjajal kuliner yang satu ini.

1. Nasi Megono RM Cukup

Alamat : Jl. Manggis No.10, Sampangan, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51126
Jam Buka : 07.00 – 16.00

Baca juga : Daftar Kuliner Pekalongan Yang Recommended Untuk Kamu Coba

2. Warung Makan Indrasari

Nah, bagi Sahabat yang sedang mencari nasi megono di sekitar alun-alun Pekalongan, datang saja ke warung makan Indrasari.
Alamat : Jalan Nusantara No.77, Keputran-Pekalongan Timur, Jawa Tengah 51128
Jam Buka 05.30-11.00

3. Lesehan Nasi Megono Ibu Suli

Tak kalah dengan tempat lain, nasi megono Ibu Suli ini begitu khas dengan aroma kecombrang dan tempe goreng hangat yang digoreng dadakan.
Alamat : Jl. Jeruk No.30, Gandarum, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka : 11.00–21.00

4. Garang Asem H. Masduki

Bila umumnya nasi megono disantap bersama dengan tempe mendoan, warung yang satu ini lebih unik lagi. Ya, sepiring nasi megono di sini disajikan dengan garang asem yang enak. Lokasinya pun cukup strategis, yaitu di sekitaran alun-alun Pekalongan.
Alamat : Kompleks Travel Alun- Alun Pekalongan, Jalan Alun-Alun, Keputran, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51127
Jam Buka : 06.30–01.00

Baca juga : Daftar Tempat Kuliner Di Pekalongan

5. Lesehan Nasi Megono Usman

Warung lesehan Usman cukup terkenal dalam menyediakan nasi megono murah meriah di Pusat Kota Pekalongan. Banyak muda-mudi hingga orang dewasa yang sering makan disini.
Alamat : Jalan Surabaya Samping Masjid Wakaf Pekalongan
Jam Buka : 17.00–21.00

5. Lesehan Nasi Megono Rindu Malam

Sedangkan untuk Warung lesehan sego megono di wilayah selatan Pekalongan tepatnya daerah Pringlangu – Buaran ada Warung Rindu Malam. setiap hari selalu ramai pengunjung karna Megono yang disajikan sangat enak dan tersedia beragam lauk pauk yang bisa dipilih untuk makan malam.
Alamat : Jalan Urip Sumoharjo Pringlangu Samping Elzatta Pekalongan
Jam Buka : 17.00–24.00

Baca juga : 10 Daftar Tempat Makan Malam di Pekalongan

Jadi kalau mampir ke Pekalongan, jangan sampai lupa mencoba kuliner khas ini ya sob. Kelezatan Nasi dengan bumbu Megono + Tempe Mendoan + sambal sangat menggoda sekali dan bikin kangen untuk dateng terus.


donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server, operasional kru dan kegiatan amal. Terima Kasih


About Cintapekalongan.com

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR

.:[Klik 2x Tombol][Close]:.
Donasi Pekalongan