Home > Kuliner Pekalongan > Kuliner Pinggiran Mie Ayam Pekalongan

Kuliner Pinggiran Mie Ayam Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

Jual Snack Capret Pekalongan :-*

Snack Capret - kriuke pok! teman terbaik untuk ngemil santai sendirian, bareng teman atau bersama keluargan biar makin rahat, Bisa juga untuk oleh-oleh Khas Pekalongan . Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.com – Mie ayam atau bakmi ayam merupakan masakan khas Indonesia yang terbuat dari mie kuning (mie gandum) yang direbus mendidih kemudian dibumbui dengan racikan ayam yang sedap dan tak lupa ditaburi saos atau kecap khusus dan sayuran.

Bak jamur di musim penghujan, para penjual mie di Pekalongan semakin tumbuh ke berbagai sudut kota. Mulai dari Mie rebus biasa hingga mie berlevel pedas cetar membahana. Bagi temen-temen pecinta mie, jangan bingung jika ingin mencoba mie-mie yang ada di kota batik.

Mau siang atau sore para penjual mie selalu standby, biasanya mereka mangkal di pinggir jalan ada pula yang buka di gerai warungan. Salah satu varian mie yang bisa anda temukan di Pekalongan adalah Mie Ayam atau dalam bahasa lokalnya disebut dengan “Pangsit” bukan kerupuk pangsit lho ya.

Sayuran yang lazim digunakan dalam Mie Ayam di Pekalongan ialah sawi hijau atau caisin dalam bahasa lokal. Adapula pedagang yang tidak menggunakan sawi sebagai sayurnya tapi menggunakan kangkung yang kaya zat besi sebagai pendamping dalam racikan mie ayam. Tentu ini tidaklah lazim, namun bagi yang tidak suka dengan sawi tak ada salahnya jika ingin tetap menyantap Mie Ayam dengan variasi kangkung sebagai sayurnya.

Baca : Sapitan Menu Kuliner Khas Pekalongan Yang Makyus

Variasi Mie Ayam

Untuk menarik para pembeli, terkadang pedagang mie ayam melakukan improvisasi dengan menambahkan bakso, ceker, kepala ayam, acar dan jamur. Sehingga variasi mie ayam khususnya yang ada di Pekalongan sangatlah beragam, semuanya menggugah selera anda.

Sejarah Mie Ayam

Sebenarnya jika menilik sejarah asal-usulnya, Mie yang kita kenal sekarang ini berasal dari negeri Cina.Tetapi untuk kuliner Mie Ayam yang ada di Indonesia tidak ditemukan di negeri asalnya mie di Cina.

Namun konsep dari Mie ayam aslinya berasal Cina Selatan terutama dari daerah-daerah pelabuhan seperti Fujian dan Guandong.

Meskipun mie bukanlah asli kuliner Indonesia tetapi animo dan gaya masyarakat di Indonesia sudah terbiasa mengkonsumsi mie dan banyak melakukan pengembangan terkait masakan kuliner mie. Seperti mie ayam yang seakan sudah menjadi makanan tradisional dan bisnis yang menggiurkan di Indonesia.
Makanan ini sudah tersebar luas di seluruh Indonesia, terutama di daerah Jawa makanan ini sangat mudah untuk anda temukan. Penjual mi ayam di Indonesia yang populer berasal dari Wonogiri.

Namun tak perlu jauh ke wonogiri untuk menikmati mie ayam yang lezat,di Pekalongan juga banyak yang menjual mie ayam dengan rasa yang sedap dan selalu ramai pembelinya.

Mie Ayam Yasin Pekalongan

Sebagai salah satu contoh pejual atau pedagang mie ayam yang biasa saya kunjungi ialah “Mie Ayam Yasin” yang beralamatkan di Bendan gang II atau setiap sore jam setengah 5 mangkal di trotoar depan Bank Mandiri jalan Hayam Wuruk Kota Pekalongan.

Meski lesehan di trotoar tak menyurutkan minat pembeli untuk makan disini. Justru di trotoar lah suasana berbeda yang dirasakan pembeli ketika menyantap semangkuk mie ayam banyak yang meminati. Suasana sore hari menjelang petang, di tambah pemandangan lalu lalang kendaraan bak hiburan tersendiri bagi mereka.

Satu mangkuk mie ayam biasa dijual dengan harga Rp 8.000, disini juga menyediakan varian mie ayam dengan bakso maupun ceker ayam sesuai selera pembeli. Jadi jika sore hari sobat ingin santap mie ayam, bisa tuh mencobanya di Mie Ayam Yasin ini.

Perlu sobat cintapekalongan tahu, kalau mie ayam disini ternyata menggunakan kecap manis Pulau Djawa, itu lho Kecap yang Legend banget di Pekalongan. WOw ternyata cinta produk lokal ya ^^. Pantas rasanya begitu lembut dan enak sangat pas kombinasinya.

Baca juga : Segar Minum Limun Oriental Langsung Di Pabriknya

Kecap Pulau Djawa sendiri merupakan kecap yang sudah melegend di Pekalongan. Merk boleh lokal, tetapi Rasa dan Kualitas boleh diadu. Untuk mengetahui tentang Kecap Pulau Djawa silahkan sobat bisa membacanya disini dengan judul “Kecap dan Tauco Pulau Jawa, Oleh-oleh dari Pekalongan“.

Berikut ini bberapa foto dokumentasi mimin ketika membeli mie ayam sore hari di jalan hayam wuruk, Sobat bisa melihat sebagai berikut :

Mie Ayam Yasin Pekalongan
Sajian Mie Ayam di Tempat Lesehan lengkap dengan Sambal, Saus, Kecap, Kerupuk dll

 

Mie Ayam Yasin
Suasana di lapak Mie Ayam Yasin

Cukup Bikin Penasaran bukan ?

Daripada beneran jadi penasaran, mending langsung samperin saja tuh si Yasin eh maksudnya Mie Ayam Yasin. Silahkan cicipi sendiri salah satu kuliner mie yang ada di Pekalongan ini dengan suasana senja mendayu sangat pas untuk santai dengan pacar maupun teman sobat cintapekalongan.

Sebagai info tambahan, semua foto-foto tersebut saya potret pakai hape smartphone kesukaan minin yakni Xiaomi Mi4. Meski bukan produk terbaru xiaomi namun ponsel pintar Mi4 cukup mengesankan. Desain yang pas di genggaman dan spek yang mumpuni selalu menjadi andalan saya saat menemui moment langka sewaktu-waktu.

Saat ini sudah banyak ponsel keluaran terbaru dari Xiaomi yang sangat keren-keren. Untuk melihat daftar ponsel dan Harga Xiaomi sobat bisa melihatnya pada tautan tersebut .

Demikian sedikit informasi yang bisa saya bagi, jika ada usulan mie mana yang pantas dicoba silahakan sobat corat-coret di kolom komentar. Saya tunggu masukan-masukan yang sobat cintapekalongan berikan.

Salam Cinta Pekalongan

Sumber : https://id.wikipedia.org

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

Jual Snack Capret Pekalongan :-*

Snack Capret - kriuke pok! teman terbaik untuk ngemil santai sendirian, bareng teman atau bersama keluargan biar makin rahat, Bisa juga untuk oleh-oleh Khas Pekalongan . Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, saya ingin memperkenalkan kota tercintanya kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya. Jangan lupa share artikel ini, klik tombol sosmed di atas (twitter, facebook atau yang lain). Semoga bermanfaat untuk Anda dan orang lain. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Limun Oriental Pekalongan

Segar Minum Limun Oriental Langsung Di Pabriknya

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA Jual Snack Capret Pekalongan ...

Sapitan dan Nasi Megono

Kuliner : Sapitan Menu Makan Khas Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA Jual Snack Capret Pekalongan ...