Mengenal 4 Kopi Asli Dari Pekalongan – Cintapekalongan.com - Media No.1 Referensi Pekalongan
Home INFO PEKALONGAN Mengenal 4 Kopi Asli Dari Pekalongan
Kopi Tjanting Kopi Pekalongan

Mengenal 4 Kopi Asli Dari Pekalongan

Cintapekalongan.com – 4 jenis kopi ini yang merupakan kopi Asli Pekalongan, mulai dari Kopi Tahlil Hingga Kopi Petungkriyono yang semuanya memiliki ciri khas dan taste rasa yang unik.

Pekalongan terkenal kuliner yang lezat salah satunya kuliner minuman  kopi khas Pekalongan. Kopi asli Pekalongan begitu familiar dikalangan masyarakat Pekalongan. Beragam jenis kopi pekalongan mulai dari kopi arabika hingga jenis kopi robusta yang terkenal citarasa yang khas dan menggoda selera. Kopi khas Pekalongan memiliki citarasa yang kaya rempah-rempah diolah secara tradisional. Menariknya nama-nama jenis kopi asli dari Pekalongan ini ada yang diambil dari lokasi desa tempat tanaman kopi tersebut dibudidayakan.

Nama kopi Pungangan salah satunya. Nama Kopi Pungangan diambil dari  nama desa Pungangan hingga terkenal dengan nama merk  kopi Pungangan atau Kopung. Berikut ini  4 jenis kopi khas Pekalongan yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Pekalongan sekaligus sebagai oleh-oleh Khas Pekalongan :

1. Kopi Tahlil

Jual Kopi Tahlil Pekalongan

Kopi Tahlil salah satu kopi asli dari Pekalongan. Nama kopi Tahlil diambil dari kebiasaan masyarakat setempat yang menyajikan kopi hanya disajikan saat acara tahlilan saja hingga dikenal dengan nama kopi Tahlil. Adalah Usman orang yang pertama kali yang memperkenalkan Kopi Tahlil tahun 2002. Ketika itu Usman membuat racikan kopi yang dicampur aneka rempah saat ada acara tahlilan. Seiring bergulirnya waktu banyak peminat yang ingin mencoba kuliner kopi buatan Usman. Tingginya minat terhadap kopi buatannya mendorong Usman menjual kopi racikannya di Kedai Lesehan Sego Megono Pekalongan.

Sepintas kopi Tahlil tidak jauh berbeda, namun rasa yang khas dan kaya rempah-rempah membuatnya kopi ini berbeda. Rasa yang khas dan cara pembuatan kopi khas Pekalongan yang unik menjadi daya tarik kopi Tahlil. Cara membuat kopi Tahlil berbeda dengan jenis kopi lainnya. Aneka rempah seperti : jahe,kayu manis, kapulaga,serai ,daun pandan, pala dan kopi bubuk direbus dengan 3 liter air hingga dua jam. Terakhir masukan gula merah masak sampai gula larut. Setelah matang angkat selanjutnya masukan kopi bubuk aduk rata jadilah kopi Tahlilan yang khas. Kuliner kopi Tahlil kini bisa dijumpai di setiap sudut kota Pekalongan seperti depan PPIP atau Kospin Jasa dan Kampung Arab di lesehan Pak Usman. (Klik untuk Beli Kopi Tahlil Pekalongan)

Bagikan ini :

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan Platform media referensi tentang Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan menarikmu. Ayo kirim esai tulisanmu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

donasi cintapekalongan.com
BANTU BERI DONASI
Untuk mengembangkan media ini agar tetap bermanfaat. Terima Kasih

About Suryatiningsih

Suryatiningsih
Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang