Mengenal 4 Kopi Asli Dari Pekalongan
Kopi Tjanting Kopi Pekalongan

Mengenal 4 Kopi Asli Dari Pekalongan

2. Kopi Kopung

Kopi Kopung Pungangan Doro

Kopi Pungangan atau dikenal dengan nama Kopi Kopung salah satu kopi  asli dari daerah Pekalongan. Di namakan kopi Pungangan, karena kopi jenis ini dibudidayakan oleh masyarakat Desa Pungangan hingga dikenal kopi Pungangan. Kopi menjadi salah satu penghasilan utama  masyarakat Desa Pungangan. Cita rasa yang khas pada racikan bubuk kopi Pungangan terletak pada cara pengolahannya  dari masa  panen sampai menjadi bubuk siap saji dilakukan dengan cara tradisional. Saat memetik hasil panen kopi pun dilakukan dengan cara berbeda yaitu  dipetik dari biji kopi yang masih merah. Biji merah dipetik agar kualitas tetap terjaga.Setelah dipetik biji kopi dijemur dibawah sinar matahari sekitar 3-5 hari sampai kering, Setelah biji kopi kering selanjutnya biji kopi digiling. Proses penggilingan kopi Pungangan secara manual dengan alat yang disebut  lumpang batu dan penumpuk alu .

Biji kopi ditumbuk untuk menghilangkan kulit luar atau cangkangnya .Setelah ditumbuk kulit luarnya hilang biji kopi kemudian disangrai menggunakan kayu bakar. Kopi disangrai dengan wajan khusus hingga satu jam sampai matang. Biji kopi  yang telah disangrai kemudian ditumbuk dengan alat dengan cara ditumbuk dengan alu dan lumpang batu hingga halus.

Setelah selesai biji kopi ditumbuk selanjutnya dipacking dengan kemasan plastik untuk dijual dipasaran Kopi Pungangan diproses dengan cara tradisional ini menghasilkan kopi yang nikmat dan lezat. Citarasa Kopi Pungangan memiliki citarasa yang khas ini  banyak diburu oleh para penggemar kopi.

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan media referensi tentang info Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan mu. Submit esaimu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

----------------------------------------------
donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server dan kegiatan amal. Terima Kasih

About Suryatiningsih

Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

TULIS KOMENTAR

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang