Mengenal Kerusakan Pada UPS dan Cara Mudah Mengatasinya – Cintapekalongan.com - Media No.1 Referensi Pekalongan
Home Opini & Rubrik Mengenal Kerusakan Pada UPS dan Cara Mudah Mengatasinya
Mengatasi UPS Rusak
FOTO: Teknisi Jember

Mengenal Kerusakan Pada UPS dan Cara Mudah Mengatasinya

Cintapekalongan.comSebuah komputer memiliki berbagai komponen yang mudah rusak. Hal ini dikarenakan komponen tersbeut berukuran kecil dan rapuh sehingga harus diperlakukan dengan hati-hati.

Namun pemadaman listrik yang tidak bisa kita kendalikan seringkali membuat mesin dari komputer milik kita bingung. Jika listrik tiba-tiba padam, akan terjadi loncatan listrik yang akan mengenai berbagai komponen komputer seperti PCB, RAm, motherboard, dan lainnya.

Nah, bagi anda yang tidak ingin mesin komputernya cepat rusak, sebaiknya belilah produk UPS (Uninterruptible Power Supply). Produk ini mampu mengalirkan arus listri DC dari baterai UPS kepada mesin komputer PC (Personal Computer).

Berbagai Kerusakan Pada UPS Yang Sering Terjadi

Sebagaimana perangkat elektronik lainnya, UPS mampu mengalami kemunduran fungsi. Ada kalanya produk UPS rusak karena berbagai hal. Sebagai pemilik UPS, anda pun harus mempelajari berbagai kerusakan yang sering terjadi pada produk pengalir daya darurat ini.

Berikut ini berbagai kerusakan yang sering terjadi :

  1. Kerusakan pada baterai UPS

Komponen paling penting dari sebuah UPS adalah baterai UPS. Baterai ini adalah tempat menyimpan arus listrik AC dan sumber tegangan listrik DC yang dialirkan pada perangkat lain.

Ada kalanya baterai akan mengalami kondisi “hamil”, dalam kata lain baterai akan menggelembung. Hal ini dapat disebabkan oleh suhu baterai yang terlau sering terasa panas berlebihan.

Baca juga : Cara Kerja UPS Beserta Rekomendasi Produk Terbaik

Panas dari baterai pun dapat disebabkan muatan yang berlebih, terkena petir, tegangan listrik yang tidak stabil, hingga suhu udara yang tinggi. Jika sudah hamil dan bocor, baterai pada UPS harus segera diganti. Anda bisa mengganti baterai dengan membelinya di toko online UPS komputer.

FOTO: Teknisi Jember
  1. Kerusakan pada PCB UPS

Pada sebuah peralatan elektronik, pasti terdapat PCB (printed circiut board). PCB pada umumnya berfungsi untuk menghubungkan komponen elektronik terjahadap lapisan jalur konduktor. Pada sebuah UPS, PCB bisa saja hangus dan terbakar.

Penyebab dari kerusakannya adalah tegangan yang tidak stabil dan sering naik turun. Ketika hal ini terjadi, segera ganti PCB dengan cara membelinya di toko online UPS komputer. Jika tidak segera diganti, akan ada kerusakan lebih parah pada UPS.

  1. Kerusakan pada charger atau rectifier UPS

Pada sebuah UPS, charger berfungsi untuk menyuplai arus listrik AC untuk kemudian dikonversi menajdi arus listrik DC. Jika charger pada sebuah UPS rusak, maka arus listrik yang masuk ke UPS juga tidak akan normal.

Oleh karena itu, penting untuk mengganti charger atau rectifier dari sebuah UPS. Anda bisa mencari charger pengganti dari UPS di toko online UPS komputer.

Dengan kata lain, toko online UPS komputer JD ID menyediakan berbagai produk lain yang terkait dengan elemen-elemen UPS.

Baca juga : Yuk, Kenali Bagian-Bagian Komponen UPS Berikut Ini!

Pentingnya pengetahuan dalam memilih UPS yang baik juga akan mempengaruhi cepat rusak atau tidaknya barang tersebut. Karena percuma kita memilih UPS dengan spesifikasi terbaik yang ternyata hanya tipuan. Oleh karena itu, berikut ini tips memilih UPS terbaik yang harus anda ketahui :

  1. Pilih UPS dengan merk ternama

UPS yang merknya sudah terkenal pasti sudah teruji kualitasnya. Perusahaan yang sudah terkenal pun tidak akan main-main dalam membuat produk untuk menjaga citra mereka.

  1. Pilih UPS dengan fitur yang lengkap

Komponen-komponen dasar pada UPS diantaranya adalah baterai charger, inverter, dan transfer switches. Selain berbagai komponen tersebut, pertimbangkan fitur-ftur yang dimiliki oleh UPS agar anda mendapatkan produk yang sepadan dengan uang yang telah dikeluarkan.

  1. Perhatikan garansi dari produk

Setiap produk elektronik pastilah memiliki garansi. Perhatikan ketentuan garansi dari sebuah produk UPS untuk memastikan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan.

Nah, berbagai tips di atas sebaiknya anda terapkan jika ingin membeli UPS dari toko online. Semoga bermanfaat!

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan Platform media referensi tentang Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan menarikmu. Ayo kirim esai tulisanmu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

donasi cintapekalongan.com
BANTU BERI DONASI
Untuk mengembangkan media ini agar tetap bermanfaat. Terima Kasih

About Admin

Avatar
PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang