Home > Pekalongan > Mengenal Lebih Dekat Prof.Dr.Djoko Simbardjo, Seniman dan Guru Besar FKUI Asal Pekalongan

Mengenal Lebih Dekat Prof.Dr.Djoko Simbardjo, Seniman dan Guru Besar FKUI Asal Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Djoko Simbardjo

Cintapekalongan.com – Siapa sangka Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) adalah Putra Pekalongan ? Beliau adalah Prof. Dr. Djoko Simbardjo, ia seorang Dosen,Dokter bedah yang memiliki hobi melukis.

Lulus spesialis bedah orthopaedi tahun 1976 dan diangkat menjadi staf orthopaedi FKUI / Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), beliau berpikir keras bagaimana cara untuk menolong pasien-pasien patah tulang yang membutuhkan alat bantu yang pada saat itu tidak terjangkau harganya.

Baca juga : Wisata Religi : Mengenal Habib Ahmad – Makam Sapuro

Beranjak dari keadaan inilah maka Konsultan Bagian Bedah Orthopaedi FKUI / RSCM ini berinovasi untuk menolong mereka yang membutuhkan. Perjuangan keras yang beliau lakukan tidaklah sia-sia, hasil karyanya di bidang kedokteran di Indonesia terutama pada bidang Bedah Orthopaedi berupa alat fiksasi tulang saat ini sudah mendapatkan hak patennya.

Baca : Sejarah Jembatan Loji

Sejak kecil, pria yang dilahirkan di Salatiga, 18 Desember 1942 ini telah melukis. Melukis yang merupakan bakat sejak kecil dilakukannya bukan hanya sekedar hobi namun sebagai kebutuhan. Galeri yang terdapat di rumahnya menggambarkan perjalanan karya lukisannya. Pemilik sanggar seni di Salemba 6 ini mampu menghidupkan panggilan seni di jiwa dokter-dokter Indonesia. Sanggar yang beranggotakan para civitas akademika berusaha mengembangkan karya seni yang dihasilkan dan mampu membuat sebuah pameran seni di Taman Ismail Marzuki beberapa tahun terakhir. Tahun ini direncanakan untuk diadakannya pameran lagi.

Baca juga : Kerennya Video Mapping Kota Pekalongan

Prof dr Djoko Simbardjo Sp.B, Sp.OT akan menggelar pameran tunggal, di Gedung Kesenian dan Olahraga (GOR) Jetayu Kota Pekalongan pada 6- 9 Agustus 2015 . Djoko Simbardjo memilih menggelar pameran lukisan di Kota Pekalongan karena ingin berbagi ilmu dengan seniman di kampung halamannya.

Alasan Menggelar Pameran Di Pekalongan :

Awalnya, pameran akan diselenggarakan di Bandung. Namun Djoko memutuskan pameran akan digelar di Kota Pekalongan. ”Saya terkejut, ada apa di Pekalongan? Ternyata, beliau merasa ada sebuah getaran yang ingin disampaikan di Pekalongan setelah beliau melanglang kemana-mana. Beliau ingin berbagi ilmu dengan seniman di Pekalongan,” tutur sang Professor.

Baca : Bukti Pekalongan Poros Tengahnya Pulau Jawa

Berikut Contoh Hasil Karya Tangan Sang Dokter :

Lukisan Ka'bah Pada Awal dibangun
Lukisan Ka’bah Pada Awal dibangun
Kereta Jokowi - JK karya Djoko Simbardjo
Kereta Jokowi – JK karya Djoko Simbardjo
▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor kami dengan mengirimkan tulisan ke contact@cintapekalongan.com