Home > Kuliner > Kuliner Pekalongan > Mie So, Salah Satu Makanan Khas Dari Pekalongan
pasang iklan di cintapekalongan.com

Mie So, Salah Satu Makanan Khas Dari Pekalongan

Cintapekalongan.com – Sajian kuliner Mie so dari Krapyak ini sudah menjadi kuliner khas Pekalongan. Paduan mi , kulit mlinjo, dan kuah segarnya mampu menggugah selera para pemburu kuliner khas.

Mie dan so (bahasa Jawa dari kulit melinjo) adalah asal muasal dari penamaan kuliner yang populer dijual di Pekalongan. Semangkuk Mi So dengan kuah kaldu sapi kental yang mengepulkan aroma penggugah selera makan. Ikut pula ditambahkan pula kerupuk usek dan cabai utuh bagi yang suka pedas.

Memang Kuliner Mie So ini adanya di Kota Pekalongan bagian utara khususnya wilayah Krapyak dan sekitarnya. Mie so yang paling terkenal adalah mie so Bandara, tapi tak kalah untuk dicoba juga mie so bu Khikmah.

Tetapi nama Kuliner khas yang satu ini apa sih ? yang benar itu mie so atau mi so ya?

Mie So Krapyak Pekalongan

Kalau Di Pekalongan sendiri nyebutnya “mi so”. Tapi kalau dibahasakan Indonesia jadinya “mie so”. Nah, beda lagi dengan miso yang merupakan bumbu dari Jepang hasil fermentasi kedelai.

Baca juga : Kuliner Soto Tauto Khas Dari Pekalongan

Di Medan, Pekanbaru dan Bengkuli juga ada lho kuliner mie so, kuliner ini juga berkuah panas dan mantap sekali jika disantap tatkala terik panas menyengat atau pada dinginnya hujan.

Mie so disana adalah makanan berkuah yang enak, berisi bihun, suwiran ayam dan potongan hati ampela ayam yang sudah digoreng garing. Untuk menu yang lebih spesial biasanya ditambahkan dengan ceker ayam, atau disebutnya Mie Sop.

Persamaannya dengan Mie So Pekalongan adalah hanya pada kuahnya, sama-sama kuah bening seperti bakso malang atau juga sop. Mie So Pekalongan berisi remukan krupuk usek, mi kuning, tahu, indil alias pentol bakso, telur puyuh, dengkil alias tetelan tulang yang masih ada sedikit daging dan bintang utamanya adalah So si kulit melinjo.

Untuk rasanya mirip-mirip bakso malang sih kuahnya bening, cuma ada tambahan sensasi pahit dari si So itu tadi. Unik dan otentik, lebih nendang lagi kalau dipenyetin tuh sama Cabe Setan alias cabe rawit merah rebus, uhhh segar, enak dan pokoknya mantap.

Baca juga : Kopi Tahlil Minuman Kopi Khas Pekalongan

Mie So Dengkil Krapyak

Semangkuk Mie So Dengkil tersaji, aroma kuahnya melebur bersama udara yang menggugah selera. Dalam satu porsi mie so dengkil ini terdapat mie, kulit melinjo, kerupuk pasir dan keripik tempe yang diremuk, daun bawang, dengkil sapi, bakso, dan daging iga bersama kuah segar yang lezat.

Mie so dengkil lezat ini proses masaknya tak mudah, dengkil dan iga dipresto sehingga teksturnya empuk. Sebagian dengkil atau tulang kaki sapi dimasak untuk dijadikan kuah mie so. Tak heran meskipun kuahnya bening baunya sangat sedap.

Mie So Kuliner Khas Pekalongan

Jika sedulur ingin nyobain Mie So khas Pekalongan ini bisa mampir ke warung milik bu Khikmah Jalan Jlamprang no 30A, Krapyak Lor Gang 9. Krapyak itu berada di Pekalongan bagian utara, dekat dengan pantai Slamaran.

Patokan warung bu Khikmah adalah masjid Auliya di jalan Jlamprang. Di depan masjid ada gang masuk, tulisannya gang IX, lurus saja sekitar 50m sampai ketemu sekolahan MI, nah warung nya ada di teras rumah beliau.

Tapi nih sedulur bagaimana dengan mie so bandara yang terkenal itu? Ada di Krapyak juga, tapi belum pernah kesana. Next kita coba explore lebih jauh lagi ya.

Untuk soal harga, satu sajian mie so sederhana mulai dengan Rp 5.000,- dan varian mie so dengkil dari sampai dengan Rp 17.000,-.

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Mie So Pekalongan

Nah bagaimana sedulur apakah sudah pernah nyobain Kuliner Mie So Pekalongan ini ? soal mplok-mplok (makanan) Pekalongan punya banyak sekali. Sederhana namun sangat khase pok (Khas Banget).

Salam Cinta Pekalongan

▼ Silahkan DiBagikan ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com