Home > PEKALONGAN > Pariwisata > Wisata Alam > Obyek Wisata Linggo Asri Kabupaten Pekalongan
beauty glowing

Obyek Wisata Linggo Asri Kabupaten Pekalongan

Cintapekalongan.comObyek Wisata Linggo Asri menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Pekalongan yang sayang untuk dilewatkan. Wisata Linggo Asri terletak di wilayah pegunungan yang masih termasuk kedalam kaki gunung Dieng yakni di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah .
Linggo Asri memiliki ketinggian lebih dari 700 meter dari atas permukaan laut, jadi bisa dipastikan kalau disini mempunyai banyak pemandangan indah dan udara yang menyejukan.

Terlebih lagi lokasi Linggo Asri yang sangat strategis yaitu berada di jalur penghubung antara kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Banjarnegara sehingga membuat taman wisata Linggo Asri ini mudah untuk dijangkau dengan kendaraan apapun dan banyak di kunjungi para wisatawan lokal setiap pekannya.

Untuk menuju Objek Wisata Linggo Asri, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 14 km dari Kajen atau 2 jam perjalanan dari Kota Pekalongan. Sepanjang perjalanan kita disuguhkan pemandangan hijau dari pepohonan pinus dan udara nan sejuk memanjakanmata. Jalan aspal yang berkelok-kelok cukup mulus untuk dilewati.

Wisata Linggo Asri
Wisata Linggo Asri | FOTO: @naningsragi

Obyek Wisata Alam Linggo Asri ini menyediakan beragam wahana wisata yang cukup lengkap mulai dari taman terbuka, arena bermain anak, kolam renang, mini kebun binatang, area outbound, bumi perkemahan atau camping ground. Dan tepat tidak jauh dari Linggo Asri ada satu lagi obyek wisata yang menyajikan permianan tubing dan tracking ke hutan alami.

Baca juga : 7 Wisata Alam Cantik Petungkriyono Pekalongan

Untuk masuk ke Objek Wisata Linggo Asri, kamu cukup membayar tiket masuk membayar tiket seharga kurang lebih Rp 6.000,- dan untuk anak-anak Rp 3.000,- sangar murah bukan ?

Pesona akan Alam Linggo Asri Pekalongan memang sudah tidak diragukan lagi, terutama bagi Masyrakat Pekalongan dan sekitarnya. Selain sebagai tempat wisata, Linggo Asri juga di kenal sebagai tempat untuk penangkaran hewan yang di lindungi dan satwa liar.

Wahana Wisata Linggo Asri
Wahana Wisata Linggo Asri | FOTO: @denimahar

Hal ini bisa kamu lihat di mini kebun binatang dengan satwanya yang cukup beragam seperti kera, owa jawa, elang jawa dan lain sebagainya sehingga Sangat cocok bagi orang tua yang ingin mengenalkan ragam jenis binatang kepada anaknya.

Menurut data Dinas Perhutani Pekalongan, setidaknya ada lebih dari 300 satwa yang hidup dan dipelihara di kawasan Linggo Asri. Ada juga wahana gajah yang bisa digunakan untuk jalan-jalan mengelilingi dan jalan menikmati pesona alam linggo asri.

Dan bagi wisatawan yang merencanakan liburan jangka panjang, Linggo Asri juga menyediakan fasilitas penginapan dan villa yang terdapat didalam lokasi Wisata Linggo Asri tersebut.

Spot Wisata Linggo Asri
Spot Wisata Linggo Asri | FOTO: @era_reforma21

Baca juga : 30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

Wisata Sejarah & Budaya di Linggo Asri

Tak hanya dikenal dengan wisata alamnya saja, Linggo asri juga cocok untuk wisata sejarah karena disini terdapat banyak peninggalan benda-benda bersejarah seperti candi dan pura yang kini tetap digunakan untuk peribadatan warga yang beragama hindu.

Pura di desa ini bernama Pura Kalingga Satya Dharma, dengan dimensi yang tidak begitu besar, paling 25 x 25 meter, gapuranya terbuat dari batu berukir khas Bali, dan konon memang dibuat oleh orang Bali. Pada dua sisi gapura diletakkan patung. Ini pun khas Bali. Baru setelah melewati gerbang, bau Jawa tercium.

Pura Kalingga Satya Dharma di Linggo Asri Pekalongan
Pura Kalingga Satya Dharma di Linggo Asri Pekalongan | FOTO: by N&F rental kamera

Sebuah bangunan joglo, rumah khas Jawa, pendek memanjang, tempat sesaji ditaruh, berdiri di tengah. Dan sebagaimana pura biasanya, terdapat pula Padmasana. Itulah bangunan paling suci di seluruh kompleks pura itu. “Pura ini dibangun oleh pemerintah,” kata Supardi, penduduk asli setempat yang menjabat sebagai pemangku atau orang yang memimpin persembahyangan sehari-hari di sana.

Dan untuk benda bersejarah, setidaknya ada beberapa benda peninggalan bersejarah yang bisa kamu jumpai, benda tersebut menjadi pusat perhatian para pecinta sejarah di linggo asri. Yaitu sebuah batu prasasti yang bernama “Lingga” dan “Asri” yang konon dari prasasti inilah wilayah ini dinamakan Linggo Asri.

Ada juga benda sejarah lain yang menjadi pasangannya Lingga yaitu Yoni. Dimana Lingga dan Yoni merupakan simbol perwujutan antara laki-laki dan perempuan.

Taman Bunga Celosia Di Linggo Asri

Dan Spot Wisata di Linggo Asri yang menjadi tempat favorit untuk berlibur dan berburu foto cantik ada di Taman Bunga Celosia. Spot ini terbilang masih baru dan sempat viral sehingga pengunjung membludak. Dengan hadirna Wisata Taman Bunga Celosia di Pekalongan ini menambah khazanah wahana di Linggo Asri.

Dan kamu yang ingin merasakan dan melihat kerennya Bunga Celosia tak perlu lagi jauh-jauh ke Semarang untuk sampai di Taman Bunga Celosia Bandungan karena di Pekalongan aja sudah ada dan tak kalah kerennya.

Taman Bunga Celosia Linggo Asri
Taman Bunga Celosia Linggo Asri | FOTO: @nailatusysyifa

Di Taman Bunga Celosia Linggo Asri ini menjadi spot favorit untuk berfoto ketika berkunjung, selain ada taman bunga disini juga ada spot menarik lainnya seperti Kincir Angin Belanda, Rumah Suku Indian, Tugu Canting dan yang lainnya. Pokoknya buat kamu yang gemar foto dan ingin eksis, maka tempat ini bisa menjadi pilihan menarik untuk bersenang-senang.

Baca juga : Wisata Alam Bengkelung Park Doro Pekalongan

Dengan Taman Bunga ini, Tak hanya diperuntukan kalangan kaluwa muda saja melainkan Linggo Asri jelas cocok banget buat keluarga yang ingin berjalan-jalan dan refreshing bersama. Banyak macam Bunga Celosia yang ada di Linggo Asri, ada yang berwarna kuning dan ada pula yang merah yang menjadikan taman ini sangat mempesona.

Wahana PaintBall di Linggo Asri

Nah selain ada Taman Bunga, Spot Outbond, Kebun Binatang mini, Kolam Renang, ada satu lagi spot yang menarik untuk di kunjungi khususnya bagi kamu yang ingin seru-seruan bareng temen-temen di Wahana Paintball.

Seru-seruan bermain tembak menembak ala prajurit militer ini sangat menyenangkan dan tentunya mengasyikan pula. Arena permainan Paintball di Linggo Asri ini sangat menarik.

Wahana Paintball Linggo Asri
Wahana Paintball Linggo Asri | FOTO: @harso_semut

Berada diatas tanah perbukitan seluas kurang lebih 500 Meter pesegi dengan pemandangan utama hutan pinus menjulang tinggi sebagai media utama permainan, juga terdapat beberapa drum dan papan kayu yang didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai arena pertempuran militer yang sesungguhnya. Dan sebagai pembatas arena permainannya berupa paranet.

Untuk menikmati keseruan permainan paintball, kamu tak perlu merogoh kantong terlalu dalam, alias sangat terjangkau bagi pelajar, mahasiswa ataupun umum. Pengunjung yang ingin bermain Paintball di Linggo Asri cukup mengeluarkan dana sekitar Rp 50.000,- per orang. Kamu akan mendapatkan Senjata dengan 20 peluru pewarna, seragam, air mineral dan sudah termasuk asuransi.

Gimana apakah tertarik untuk berwisata di Obyek Wisata Linggo Asri Pekalongan ini ? Yuk buruan atur tanggal dan keberangkatan, Pekalongan banyak tempat menarik !!

Baca juga : Rekomendasi Tempat Wisata Alam yang Menarik di Pekalongan

Dan sebagai informasi tambahan, bahwa setiap tahunnya di Objek Wisata Linggo Asri Pekalongan ini akan diadakan acara Syawalan yakni Kirab Tumpeng Megono yang diarak kemudian dibagikan kepada pengunjung yang datang serta ada pula berbagai kuliner khas Pekalongan yang disajikan di perhelatan tahunan pada hari ketujuh setelah Idul Fitri.

 

Salam Cinta Pekalongan

 

Ingin Berwisata di Pekalongan ? kami siap antar atau jadi pemandu anda, more info Klik Disini


donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server, operasional kru dan kegiatan amal. Terima Kasih


About Cintapekalongan.com

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR

.:[Klik 2x Tombol][Close]:.
Donasi Pekalongan