Home > Pekalongan > Limun Oriental Softdrink Jadoel Dari Pekalongan

Limun Oriental Softdrink Jadoel Dari Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.com – Tahukah kamu bahwa di Pekalongan dahulu kala ada produsen minuman ringan yang tersohor ? Seperti apa bentuk minuman dan pabrik yang membuatnya ? Simak penjelasan berikut ini.

Nama produsen minuman ini bernama Oriental yang didirikan oleh Njoo Giok Lien sekitar tahun 1920. Oriental ini merupakan pelopor industri minuman dalam kemasan botol di nusantara. Pabrik ini memproduksi minuman limun atau minuman bersoda yang khas.

Sudah jelas bahwa perusahaan Limun Oriental ini lebih tua dibanding dengan perusahaan minuman asal negeri paman sam yang biasa kita kenal seperti Cocacola atau Sprite yang baru berdiri pada tahun 1944 silam. Oleh Njoo Giok Lien bersama sang istri mendirikan Pabrik Limun Oriental yang kemudian terkenal dengan sebutan Banyu Londo ( Air Belanda ), minuman ini menjadi primadona dan gaya hidup bagi para priyayi Jawa pada zaman itu.

Pada zaman kejayaannya, Limun Oriental memproduksi dengan 9 varian rasa,yaitu rasa nanas, Kopi moka, Jeruk, Framboze, Sirsak, Sitrun, Anggur, Leci serta air soda. Limun-limun tersebut dipasarkan di wilayah Semarang, Kendal, Batang, Pekalongan dan Tegal.

 

Baca : Sejarah Tauto Pekalongan yang Khas

Selain memproduksi minuman Limun ( Softdrink ), perusahaan ini juga pernah memproduksi Kopi Oriental dan Rokok cap Della, tetapi usaha rokok berhenti pada tahun 1965. Dan pada tahun 1979 perusahaan juga mengembangkan teh merk Oriental dalam bentuk kemasan botol, hingga kini masih diproduksi.

Mengenal Softdrink Jadoel Dari Pekalongan - Limun Oriental
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Softdrink Limun Oriental Pekalongan

Namun sekarang ini kejayaan minuman ini sudah pudar, namun kita masih bisa menikmati kesegaran minuman priyayi Jawa ini langsung dari pabriknya yang terletak tepat di belakang Lapas Pekalongan kota atau masuk dari jalan antara Batik TV dan Museum Batik 50 meter kiri jalan.

Saat ini Limun Oriental hanya memproduksi minuman dalam jumlah yang terbatas. Kenapa demikian ? Karena Limun Oriental kalah bersaing dengan perusahaan minuman soda asal Amerika yang lebih modern.

Tetapi cita rasa dari minuman Limun Oriental ini jelas lebih unggul dari minuman sejenis yang ada sekarang ini karena pembuatannya yang tradisional.

Kawan cintapekalongan juga dapat mengunjungi pabrik Limun Oriental yang legendaris ini untuk langsung mencicipi ataupun sekedar mengenang kejayaannya. Silahkan datang saja pada hari dan jam berikut :

Baca : Asal – Usul Nama Desa Noyontaan Kota Pekalongan

 

1. Sabtu s/d Rabu jam 08.00 – 16.00 WIB
2. Kamis jam 08.00 – 14.00 WIB
3. Hari jumat dan hari besar libur.

Sangat disayangkan jika minuman Limun ini hilang dari peredaran, karena rasanya yang khas dan bisa menjadi komoditi aseli pekalongan.

 

Referensi :

  1. (Dirhamsyah, M. (2015). Pekalongan Yang (Tak) Terlupakan. Pekalongan: KPAD Kota Pekalongan.)
▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Daftar Bangunan Bersejarah di Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan

Daftar Bangunan Bersejarah di Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Limun Oriental Pekalongan

Segar Minum Limun Oriental Langsung Di Pabriknya

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...