Home > Pariwisata > Belanja > Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan Jawa Tengah

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan Jawa Tengah

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Alamat Pasar Grosir Setono

Cintapekalongan.com – Bila berkunjung ke Kota Pekalongan, jangan lewatkan untuk berbelanja batik. Tak lengkap jika datang ke Pekalongan tanpa membawa batik.

Mayoritas masyarakat Pekalongan bergelut dibidang pengrajin dan pengusaha batik. Baik itu yang cap, tulis maupun kombinasi. Beragam motif sudah diciptakan oleh parajin setiap tahunnya.

Pasca ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) pada 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, batik sekarang semakin digemari oleh beragam kalangan. Batik sekarang tak hanya dipakai oleh kalangan tua saja, kawula muda juga tampaknya sudah banyak yang mulai tertarik dan tidak malu-malu lagi memakai pakaian batik. Hal ini juga ikut mendorong gairah pemasaran batik Pekalongan.

Baca : Obyek Wisata Bahari Pekalongan

Untuk mempermudah calon pembeli mencari batik khas Pekalongan dan juga memperluas pemasaran, maka ada sebuah pasar khusus yang menampung hasil para pengrajin batik di Pekalongan dan sekitarnya. Hal ini juga untuk mendorong perputaran roda ekonomi masyarakat kota batik.

PASAR GROSIR SETONO (PASAR GROSIR PEKALONGAN)

Pasar Grosir Setono terletak di Jalan Raya Pantai Utara (Pantura) Kota Pekalongan tak jauh dari Terminal Bus Kota Pekalongan. Letaknya yang persis di tepi Jalan Raya Pantura membuat setiap pengendara yang melewati Kota Pekalongan dapat dengan mudah mampir di Pasar Grosir Setono. Awal didirikannya Pasar Grosir Setono adalah untuk menampung pengusaha kecil dan menengah untuk memasarkan produksi batik di Kota Pekalongan karena sebelumnya produksi batik yang berada di Kota Pekalongan justru banyak dijual di luar kota. Pasar Grosir Setono menempati bangunan yang dulunya adalah bekas pabrik tekstil yang sudah lama tidak beroperasi.

Ratusan pedagang batik yang terdapat di Pasar Grosir Setono menempati kios-kios, counter dan los yang ada di dalam pasar. Pedagang Pasar Grosir Setono tak hanya menjual pakaian batik namun juga aneka barang-barang kebutuhan lainnya yang bercorak batik seperti sprei, sarung bantal, peci, sandal, tas, dompet dan pernak-pernik lainnya. Banyaknya pedagang yang ada di Pasar Grosir Setono membuat pembeli memiliki banyak pilihan produksi batik.

Pasar Grosir Setono

Pasar grosir batik setono jawa tengah menawarkan harga yang sangat terjangkau. Harga rata-rata yang ditawarkan ialah mulai dari Rp. 25.000 – 4 juta. Variasi harga tersebut lebih ditentukan berdasarkan model dan bahannya. Untuk bahan katun dengan model baju lengan pendek, dijual seharga 25.000. sementara yang termahal, yakni baju batik berbahan sutera dengan model lengan panjang dihargai dengan Rp. 4 Juta. Harga di setiap toko mungkin berbeda, tetapi perbedaannya tidak akan jauh.

Baca : Wisata alam Pekalongan Curug Kedung pitu – Petungkriyono

Fasilitas yang terdapat di Pasar Grosir Setono juga terbilang memadai seperti tersedianya lahan parkir yang cukup luas yang bisa menampung kendaraan roda dua, kendaraan roda empat bahkan bus, mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), toilet, musholla dan kios-kios yang menawarkan aneka makanan dan minuman. Kios, counter dan los yang menawarkan produksi batik juga tertata cukup apik sehingga memberi rasa nyaman kepada pembeli saat berada di Pasar Grosir Setono.

Pasar Grosir Setono biasanya ramai pada saat terjadi arus mudik maupun balik semasa lebaran setiap tahunnya. Pemudik dari luar kota biasanya menyempatkan diri mampir untuk membeli batik khas Pekalongan. Namun demikian di hari-hari biasa juga tak sedikit pembeli di Pasar Grosir Setono yang berasal dari luar kota terlebih lagi pada akhir pekan.

Pasar Grosir Setono Pekalongan Jawa tengah

Alamat : Jl. Dr. Sutomo No. 01-02 Kota Pekalongan
Telp : (0285) 412091
Buka : 09.00 – 16.00 WIB

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor kami dengan mengirimkan tulisan ke contact@cintapekalongan.com

Check Also

Brosur IBC

International Batik Center & Craft (IBC) Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...