Home > Kebudayaan > Tradisi Pekalongan > Tradisi Pawai Cap Go Meh Pekalongan

Tradisi Pawai Cap Go Meh Pekalongan

Cinta Pekalongan.com – Masyarakat etnis keturunan Cina Pekalongan dan sekitarnya setiap tahun baru Imlek selalu disambut meriah dan suka cita. Ada suatu tradisi yang dimiliki Masyarakat Tionghoa yang bernama Pawai Cap Go Meh di Klenteng Pho An Thian.

Capgomeh sendiri merupakan hari istimewa ke 15 setelah Tahun Baru Cina alias Imlek, sekaligus sebagai penanda berakhirnya dari perayaan tahun baru Imlek tersebut.

Perayaan Cap Go Meh di Pekalongan biasanya mengadakan Gi Ang atau dalam bahasa keseharian kita disebut kirab dimana masyarakat Tionghoa akan keliling Pecinan untuk mengarak Dewa-Dewa mereka disebut Topekong yakni Dewa Pengobatan, Dewi Kuan in, Dewa Harimau, dan lain sebagainya.

Klenteng Po An Thian
Masyarakat Tionghoa di Klenteng Po An Thian
Perayaan Imlek di Pekalongan
Sun Go Kong dalam Pawai Capgomeh Klenteng Po An Thian
Perayaan Cap Go Meh Pekalongan
Salah satu Dewa yang diarak keliling Pecinan
Tradisi Cap Go Meh
Persiapan mengarak Dewa dalam Tradisi Cap Go Meh

Serta tak lupa dipersembahkannya atraksi menarik dari Barongsai yang mengambil angpau disetiap rumah/toko warga cina dan Liong / Naga yang ramai.
Dan yang unik dan ditunggu-tunggu masyarakat khususnya anak-anak adalah rangkaian tokoh di film serial Budha Kera Sakti, yaitu Kera sakti Sun Go Kong, Cu Pat kay, Wucing, Biksu Tong, Siluman Rubah, Dewi Kuan In, Dewa Erlang, Dewa Bumi dan lain-lain yang diiringi dengan alunan musik khas negeri China.

Selesai acara Gi Ang ini, Klenteng Pho An Thian mengadakan jamuan makan bersama bagi pengunjung. Sajian Soto Ayam menjadi menunya.

Penulis : Angga

Foto : Arif Rusman & Angga

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA
▼ Bagikan ini ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan