Home > PEKALONGAN > Info Pekalongan > Pekalongan Java Balloon Festival 2019
beauty glowing

Pekalongan Java Balloon Festival 2019

Cintapekalongan.com – Java Balloon Festival 2019 di Pekalongan sangat meriah dan diluar dugaan. Acara yang semula untuk memeriahkan perayaan Syawalan, ternyata mampu menjadi Festival Balon Pekalongan yang cukup spektakuler ini diminati oleh Masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya.

Tercatat kurang lebihnya ada 107 peserta yang ikut berpartisipasi dalam event tahun ini. Menurut Walikota Pekalongan, Bapak Saelany Machfud yang membuka resmi Java Ballon Festival 2019 ini, beliau menyampaikan bahwa “Tujuan diselenggarakannya festival ballon ini sebagai wadah penyaluran hobi yang diharapkan dapat merubah kebiasaan masyarakat dari menerbangkan balon secara liar menjadi budaya yang bertaraf nasional bahkan internasional”.

Hal ini merupakan langkah positif untuk membangun atmosfir suasana Lebaran khususnya Syawalan di Pekalongan yang lebih bermanfaat. Karena Syawalan lah puncak bagi warga Pekalongan dalam menikmati lebaran. Sangat berharap agar semua ikut membantu mewujudkan Festival Balon Udara Pekalongan sebagai wadah kreasi tiap tradisi syawalan menerbangkan balon.

Festival Balon Pekalongan 2019
Suasana Festival Balon Pekalongan 2019 | FOTO: @rohmanalghafiqi

Java Balloon Festival 2019 ini sangat menarik untuk kita lihat, meski masih banyak kekurangan disana dan disini namun pelaksanaannya sudah cukup menarik perhatian warga sekitaran Pekalongan. Hal kreatifitas yang disajikan oleh para peserta sangat banyak sekali, Balon dengan keunikan bentuk motif dan kreatifitas yang dihadirkan dapat memperindah langit Pekalongan dengan aman.

Baca juga : Bahaya Balon Udara Terhadap Penerbangan Pesawat Komersil

Hal ini juga selaras dengan tagline bahwa Kota Pekalongan adalah Kota Kreatif Dunia. Penyelenggaraan acara Java Ballon Festival ini diadakan berkat kerjasama antara Airnav Indonesia dan Pemkot Pekalongan. Acara ini merupakan salah satu cara untuk mengkampanyekan dan melestarikan tradisi yang telah ada di Pekalongan tetapi juga menjaga Keamanan dan ketertiban bersama khususnya di udara.

Hal menarik yang banyak dicibir dalam kegiatan ini adalah Balon udara tidak dilepaskan begitu saja secara liar tapi ditambatkan dengan tali dengan ketinggian kurang lebih 100m.

Untuk Spesifik Balon Udara yang digunakan juga ada aturannya tersendiri yang harus dipatuhi oleh peserta antara lain :

  1. Balon berdiameter 4 meter dan tinggi 7 meter
  2. Harus ditambatkan
  3. Material boleh Plastik / Kertas
Festival Balon Pekalongan
Salah Satu Kostum Unik di Fest Balon 2019 | FOTO : Adin Elmirez

Dan setelah pengumuman pemenang, ada beberapa pihak dan masyarakat yang menilai bahwa sang juara tidak layak menang karena balonnya biasa saja, masih banyak balon dengan motif-motif keren yang lebih bagus lagi.

Baca juga : Jangan Lewatkan 7 Tempat Wisata Keren ini di Pekalongan

Ada pun kreteria penilaian penjurian, yang menurut informasinya adalah

  1. Keindahan, muatan kearifan budaya lokal, desain, keserasian bentuk, corak dan perpaduan  warna
  2. Kekompakan : kostum tim ,kerjasama tim, jargon, yel-yel tim keunikan suporter
  3. Durasi Terbang : Keseimbangan dan lamanya terbang.
Juara 1 Amanah Sambirejo Tirto
Juara 2 Degan Tegalrejo
Juara 3 Singo Kembar Kuripan
Juara Harapan 1 Banser Sapuro
Juara Harapan 2 Pesindon Lor
Juara Harapan 3 Pemuda Soko
Juara Harapan 4 Huru Hara Karya Bakti Medono
Juara Harapan 5 Kacor Kru Wiradesa
Juara Harapan 6 Kru 15 Landungsari
*Informasi diatas diperoleh dari Instagram : Humaspemkotpekalongan.
Seperti apa sih Balon Udara yang menang yang diperdebatkan oleh Netijen ? Berikut ini gambar Balon sang Juara dan perbandingan dengan beberapa Balon dengan Motif yang dinilai lebih bagus.
Pemenang Festival Balon Pekalongan
Terlepas dari kontroversi tersebut, penonton yang datang bisa menikmati acara ini dengan riang gembira. balon sekitar pukul 06.00 wib, beberapa Balon Udara sudah ada yang terbang dengan keunikan serta motif ciri masing-masing. Terlebih lagi ketika ada salah satu Balon yang terbakar, riuh para penonton pun semakin bergelora.
Hal yang menarik lainnya dalam Java Baloon Festival 2019 ini ialah ketentuan dari panitia yang menerapkan “Kostum Tim dan kekompakan” bagi tiap peserta yang menjadi salah satu acuan penilaian juri. Tak jarang para penonton yang datang akan disambut dengan yel-yel dan tabuhan musik dari supporter masing-masing tim. Ada pula beragam kostum “unik” dari beberapa peserta yang menarik perhatian penonton.
Meski tidak sempurna, tetapi kemeriahan yang ada di Pekalongan Java Ballon Festival 2019 bisa dirasakan. Semoga tahun depan dapat lebih menarik dan lebih meriah juga bisa menarik perhatian wisatawan karena Pekalongan serasa Turky saat festival balon berlangsung.
Amazing Moment, Amazing Event, Thank’s Java Ballon Festival 2019 semoga tahun depan bisa dilaksanakan kembali di Pekalongan.
Salam Cinta Pekalongan

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server, operasional kru dan kegiatan amal. Terima Kasih


About Cintapekalongan.com

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR

.:[Klik 2x Tombol][Close]:.
Donasi Pekalongan