Penataran P4 Untuk Corona - Ribut Achwandi – Cintapekalongan.com - Media No.1 Referensi Pekalongan
Home Opini & Rubrik Penataran P4 Untuk Corona – Ribut Achwandi
Penataran P4 corona
Foto : Tirto ID

Penataran P4 Untuk Corona – Ribut Achwandi

Cintapekalongan.com – Sekedar dlemingan alias dongengan cara bodho penataran P4 untuk Corona.

Dulu, untuk menangkal bahaya laten PKI, pemerintahan Orde Baru bikin Penataran P4. Sekarang, giliran ada bahaya laten corona kok nggak ada penataran ya? Padahal, jelas loh corona itu melumpuhkan sendi-sendi Pancasila.

Gara-gara Corona, orang akhirnya dianjurkan untuk tidak menjalankan ibadah bersama. Lha kan mengancam sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa.

Gara-gara Corona, orang akhirnya harus saling berjarak. Bahkan melumpuhkan sendi kemanusiaan. Lha apa nggak melanggar sila kedua kalau gitu? Kemanusiaan yang adil dan beradab. Malah, terlanggar juga adab. Nggak boleh jabat tangan. Korban yang meninggal juga nggak boleh ditakziahi. Lha apa nggak bikin nilai kemanusiaan terlanggar juga?

Gara-gara Corona, orang-orang nggak boleh kumpul. Bahkan, di beberapa kampung sudah tidak membolehkan orang dari luar kampung masuk atau sekadar melintas di jalan kampungnya. Lha, ini kan bisa membahayakan persatuan bangsa. Jadi, jelas melanggar sila ketiga, Persatuan Indonesia.

Gara-gara Corona, rapat pun nggak dianjurkan. Lha katanya musyawarah itu bagian dari demokrasi sebagaimana yang dicantumkan dalam sila keempat, Kerakyatan yang dimpinpin oleh khikmad kebijaksajaan/dalam perwakilan. Padahal, di saat seperti ini perlu melakukan koordinasi yang menyeluruh. Tidak hanya dijalankan oleh penguasa. Tetapi juga perlu melibatkan rakyat sebagai komponen utama suatu negara. Rakyat biasa malah disuruh tinggal di rumah. Nggak boleh ngapa-ngapain.

Gara-gara Corona, ada juga yang pada akhirnya menimbun kebutuhan pokok karena khawatir tidak bisa makan. Ada juga yang konon menimbun APD yang tujuannya hanya untuk mendapatkan keuntungan besar di balik ancaman Corona ini. Jelas-jelas ini melanggar sila kelima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Mestinya, virus Corona ditatar aja tuh. Kasih materi tentang Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila. Supaya virusnya jadi warga negara yang baik. Menjalankan amanat UUD 1945 dan Pancasila. Jika perlu diikutkan dalam pelatihan Bela Negara. Sehingga, virusnya nggak bikin negara ini terteror. Malah syukur jika virusnya bantu negara ini untuk nggempur negara yang jelas-jelas ingin menghancurkan negara ini.

Bagikan ini :

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan Platform media referensi tentang Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan menarikmu. Ayo kirim esai tulisanmu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

donasi cintapekalongan.com
BANTU BERI DONASI
Untuk mengembangkan media ini agar tetap bermanfaat. Terima Kasih

About Ribut Achwandi

Avatar
SING PENTING 'NGEDAN' NING ORA NGANGGO 'NGEDEN'

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang