Home > Sponsor > Penjelasan Dan Tips Aman Melakukan Pinjaman Online
beauty glowing

Penjelasan Dan Tips Aman Melakukan Pinjaman Online

Cintapekalongan.com – Ketika kita sedang membutuhkan dana untuk usaha maupun kebutuhan mendesak yang tidak memungkinkan untuk diperoleh dari perbankan atau juga perorangan, Pinjaman Online bisa menjadi alternatif untuk kita mencari solusi yang ampuh namun dengan beberapa catatan,

Sesuai dengan namanya yakni pinjaman uang yang dilakukan dengan cara online. Kita tahu bahwa dunia industri semakin maju pesat. Yang sebelumnya kita biasa melakukan dengan cara konvensional, sekarang ini kita bisa melakukannya dengan cara online, tinggal pencet-pencet layar smartphone.

Seperti berbelanja yang dahulunya kita harus datang ke tempat atau tokonya, sekarang kita dimanjakan dengan bermacam kemudahan berbelanja lewat online yang nantinya barang dikirim sampai kerumah.

Begitu pula dengan skema peminjaman uang yang sekarang ini bisa kita lakukan dengan cara online dan tanpa jaminan, dan bisa langsung cair dengan cepat.

pinjaman online langsung cair
Ilustrasi pinjaman online langsung cair | FOTO : Mediakonsumen

Untuk informasi saja, bahwa ada beberapa keunggulan dari fasilitas pinjaman online dibandingkan fasilitas pinjaman di bank, antara lain :

  1. Pengajuan Mudah, hanyamelalui aplikasi di smartphone kita, sehingga proses menjadi lebih mudah dan efisien tenaga dibandingkan kita harus datang ke kantor bank terdekat.
  2. Tanpa BI checking, inilah fasilitas menggiurkan yang diberikan dari sistem Pinjaman Online. Jika kita pinjam ke bank, maka akan dilakukan BI Checking untuk mengetahui rekam jejak kita apakah pernah ada masalahan atau masih bersih.
  3. Tak Perlu Punya Kartu Kredit, dalam sistem pengajuan pinjaman online ini. Dengan adanya kemudahan ini tentu tidak akan menjadi penghalang untuk kita melakukan peminjaman secara online.
  4. Pencairan Cepat, sistem pencarian pada pinjaman online jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan sistem pencarian dari bank. Kurang lebih hanya membuthkan waktu sekitar 3 hari pinjaman sudah cair, jikadibandingkan di bank maka butuh waktu 1 – 2 minggu untuk proses pencarian.

Nah, sebetulnya apa sih itu pinjaman online ?

Pinjaman Online adalah fasilitas pinjaman uang tunai yang proses pengajuan serta pencairannya bisa kita lakukan dengan cara online ke perusahaan Fintech (Financial Technology). Perusahaan Fintech ini bukanlah Bank maupun lembaga keuangan seperti koperasi tetapi perusahaan yang menyediakan uang pinjaman berbasiskan IT di era smartphone sekarang ini.

Jadi kita tak perlu lagi pergi ke kantor perusahaan tersebut untuk pengajuan, kalau cara konvensionalnya kita harus ke bank atau lembaga keuangan kemudian melakukan pengajuan pinjaman tertentu dan menunggu untuk di approve agar bisa cair.

kalau Pinjam Online lewat perusahaan Fintech ini, sederhananya kita tinggal mendaftar dan mengisi data diri kita secara lengkap kemudian kita bisa melakukan pengajuan peminjaman uang secara online.

Permohonan pinjaman apa sajakah yang dapat kita diajukan?

Secara umum, pinjaman online yang dapat ktia ajukan ialah kredit konsumtif dan kredit produktif dengan jangka waktu pendek, karena pinjaman online memiliki tenor yang singkat.

Jadi kita harus perhatikan betul tujuan kita melakukan pengajuan pinjaman online, apakah kita butuh mendesak untuk kebutuhan konsumtif atau kita punya kebutuhan untuk penambahan modal usaha secara cepat ketika ada kelebihan orderan.

Pinjaman Online Terpercaya

Sebab jika kita tidak pikirkan secara matang maka akan berakibat fatal. Sudah ada beberapa contoh kasus seseorang yang menjadi korban Pinjaman Online karena tidak tahu kebutuhan apa yang sebenarnya ia perlukan.

Banyak orang yang menyalahgunakan fasilitas pinjam uang secara online ini hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif mereka saja yang sebenarnya tidak diperlukan atau gengsi akan keharusan untuk membeli suatu barang yang sedang trend.

Sementara jika kita melakukan peminjaman uang secara online untuk kebutuhan produktifitas seperti untuk penambahan modal bisnis, biaya renovasi rumah, biaya kesehatan, pendidikan, atau tambahan biaya pernikahan yang sekiranya kita bisa kembalikan dengan cepat, maka kita akan aman dan terhindar dari jerat utang yang mencekik diri kita.

Jika diperuntukan akan hal produktif seperti yang disebutkan diatas, tentu tak akan ada masalah pinjam uang secara online. Perlu digaris bawahi, Seseorang yang memiliki hutang untuk hal konsumtif cenderung lebih berisiko terjerat utang yang tidak akan bisa ia kembalikan.

Dan buat kita yang masih awam dengan hal dunia pinjaman online, ada baiknya kita harus mencari sebanyak-banyaknya informasi yang membahas soal pinjaman online dari berbagai media tak terkecuali internet. Kita juga harus memahami dan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan ataupun keuntungan atau kerugian dari fasilitas pinjaman online yang kian hari kian marak di kota besar maupun kecil.

Apa Kelebihan dan keuntungan pinjaman uang online ?

Kelebihan

  • Tidak memerlukan barang jaminan untuk pengajuan
  • Proses pengajuan dan proses pencairan uang sangat cepat. Ini bisa menjadi solusi terbaik dan yang tepat jika kita memerlukan tambahan uang untuk kebutuhan produktif yang mendesak.
  • Proses pengajuan hanya dilakukan secara online via website atau Aplikasi smartphone saja, jadi kita tidak perlu repot-repot untuk mendatangi kantor cabang untuk mengajukan pinjaman dan pencarian uang.
  • Persyaratan relatif sederhana, tidak sulit dan rumit seperti pengajuan di bank yang harus tanda tangan bermacam berkas.

Kekurangan

  • Tenor atau jangka waktu pinjaman pendek, ini artinya kita harus segera menyiapkan uang pengembalian pinjaman sebelum jatuh tempo. Apabila kita tidak dapat melakukan pembayaran dengan cicilan atau kita membayar terlambat, maka kita akan dikenakan denda yang nilainya cukup besar.
  • Bunga pinjaman lebih tinggi dibandingkan pinjaman uang di bank. Hal ini dikarenakan pinjaman online tidak memerlukan jaminan barang atau aset kita.
  • Dana yang bisa kita pinjam jumlahnya lebih kecil dibandingkan pinjaman di bank.

Setelah kita memperlajari, mengetahui dan mengerti tentang seluk beluk fasilitas Pinjaman Online dan kita ingin membutuhkannya maka kita harus bijak dalam mengajukan Pinjaman uang dengan sistem online dengan mempertimbangkan kembali mengenai pinjaman uang online ini dari sisi kebutuhan, prioritas, dan kemampuan kita untuk membayar angsuran atau pelunasannya.

Karena sifatnya sistem online, tanpa bertemu tatap muka, maka kejelasan bahwa proses, persyaratan dan rincian biaya-biaya menjadi sangat petingagar tidak ingin salah dalam mengambil tindakan.

Kita harus tahu betul segala macam rincian biaya dari mulai berapa bunga yang harus dibayar, jangka waktu atau tenor pinjaman dan juga biaya-biaya lainnya yang harus kita penuhi. Transparansi menjadi kunci utamanya. Idealnya calon nasabah sudah bisa melihat semua informasi tersebut wajib tersedia di website perusahaan atau aplikasi.

Jika kita bingung mencarinya, bisa nih dilihat melalui https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online. Disitu akan kita dapatkan informasi valid jadi kita bisa melakukan pinjaman online secara aman dan nyaman untuk mengatasi masalah keuangan dan kebutuhan kita.


donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server, operasional kru dan kegiatan amal. Terima Kasih


About Cintapekalongan.com

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR

.:[Klik 2x Tombol][Close]:.
Donasi Pekalongan